Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Camilan Tahu yang Menjadi Favorit Banyak Orang

List Artikel
19 Oktober 2016 | 0 Komentar

Tahu menjadi salah satu bahan makanan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Tahu merupakan hasil olahan dari kacang kedelai yang melalui proses pengendapan atau penggumpalan. Protein yang terdapat pada tahu sangat tinggi, bahkan melebihi protein yang ada dalam daging ayam, sapi, ikan, serta telur. Jika biasanya tahu diolah menjadi makanan seperti semur, opor, balado, dan sebagainya. Tak hanya sebagai lauk, tahu juga bisa dijadikan camilan yang menyehatkan. Beberapa camilan tahu sangat populer dan menjadi favorit banyak orang. PergiKuliner akan membahas tujuh camilan tahu yang menjadi favorit banyak orang. Yuk, simak!



1. Tahu Jeletot



Sumber: youtube.com


Tahu jeletot atau yang lebih sering dikenal dengan tahu goreng isi ini menggunakan jenis tahu coklat yang berbentuk segitiga yang digoreng setelah dicelupkan dalam tepung adonan. Di dalamnya, kamu bisa menemukan isian yang terdiri dari wortel, tauge, serta kol yang sudah ditumis dan dibumbui. Tahu jeletot biasa disantap dengan cabai rawit, tapi ada beberapa tahu jeletot yang memasukkan cabai rawit utuh dalam isiannya agar kamu tak perlu repot-repot memakannya secara terpisah.


 

2. Tahu Brintik



Sumber: tahubrintik.wordpress.com


Tahu brintik merupakan tahu yang digoreng hingga memiliki tekstur renyah dan garing. Jenis tahu yang digunakan biasanya adalah tahu sumedang yang akan berwarna kecoklatan saat digoreng. jajanan yang satu ini memang termasuk dalam jajanan modern karena disajikan dengan aneka saus seperti saus BBQ, asam manis, sapi lada hitam, mayonnaise, dan sebagainya.



3. Tahu Pletok



Sumber: masakandapurku.com


Tahu pletok yang berasal dari Tegal ini sekilas memang mirip dengan tahu jeletot, tapi rasanya sangat berbeda. Tahu pletok terbuat dari kulit tahu berwarna cokelat yang diberi isian adonan aci yang terbuat dari tepung kanji atau sagu lalu digoreng hingga 'mletok' alias mekar. Kamu bisa dengan mudah menemukan jajanan ini di sepanjang jalan utama Tegal-Slawi.



4. Tahu Bakso



Sumber: catatanbelajarmemasak.blogspot.com


Berbeda dengan tahu pletok yang menggunakan isian aci, tahu bakso menggunakan adonan bakso untuk isiannya. Tahu bakso ini tak langsung digoreng tapi dikukus atau direbus terlebih dahulu hingga adonan bakso yang ada dalam tahu matang. Tahu bakso dijual dalam bentuk matang dan beku. Jajanan ini disantap dengan dicocol saus tomat dan sambal.



5. Tahu Bulat



Sumber: nova-dapurbunda.blogspot.com


Tahu yang fenomal ini merupakan salah satu jajanan tahu khas Tasikmalaya, Jawa Barat. Bentuk bulatnya seperti bola pingpong yang unik membuat tahu ini sangat terkenal. Tahu ini tidak memiliki isian di dalamnya sehingga saat kamu gigit, kamu akan menemukan ruang kopong di dalamnya. Tahu ini bisa disantap begitu saja atau ditabur aneka saus. Kamu bisa menemukan tahu bulat di pedagang kaki lima yang menjual dengan mobil bak terbuka.



6. Tahu Gejrot



Sumber: pergikuliner.com


Siapa tak suka dengan jajanan khas dari Cirebon ini. Tahu gejrot merupakan tahu Sumedang goreng yang disajikan dengan siraman kuah yang terbuat dari asam Jawa, gula merah, bawang putih, serta cabai rawit. Penyajiannya tahu gejrot sangat unik, yakni menggunakan cobek berbahan tanah liat.



7. Stik Tahu



Sumber: amazonaws.com


Ingin sesuatu yang lebih beda? Kamu bisa mencoba stik tahu khas Kediri, Jawa Timur. Rasanya sangat gurih dan chrispy. Stik tahu terbuat dari kulit tahu yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai macam bumbu lalu dikukus dan dijemur hingga kering sebelum digoreng.


Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Opah Mami

Foto Opah Mami

Tahu Campur Ojo Lali

Foto Tahu Campur Ojo Lali

Remboelan

Foto Remboelan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?