Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Cemilan Khas Jepang yang Namanya Sudah Mendunia

List Artikel
4 Mei 2017 | 0 Komentar

Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki kuliner yang mendunia. Sebut saja ramen dan sushi yang namanya sudah sangat terkenal dan bisa kamu jumpai hampir di seluruh negara. Tak hanya makanan berat saja, Jepang juga punya aneka macam camilan khas yang populer. Camilan-camilan ini jadi terkenal karena sering muncul dalam manga atau anime sehingga membuat banyak orang penasaran dan akhirnya mencobanya. Untuk cita rasanya, sudah pasti bisa bikin kamu ketagihan karena masing-masing camilan ini memiliki ciri khas rasa dan tekstur yang berbeda-beda. PergiKuliner merangkum tujuh camilan khas Jepang yang namanya sudah mendunia, yaitu:

 

1. Mochi



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan paling pertama ada mochi yang bisa dengan mudah kamu jumpai di gerai camilan Jepang yang ada di mall-mall. Camilan khas Jepang ini terlihat sangat menarik karena memiliki warna-warni yang sangat cantik. Mochi terbuat dari beras ketan yang dihaluskan lalu dibentuk bulat. Teksturnya yang kenyal dan lembut berpadu menjadi satu kesatuan yang nikmat saat kamu kunyah. Di Jepang, mochi sangat identik dengan kuliner tahun baru.

 

2. Dorayaki



Sumber: pergikuliner.com


Siapa tak kenal makanan favorit tokoh kartun Doraemon yang satu ini. Bisa dibilang dorayaki jadi populer berkat Doraemon. Dorayaki merupakan kue khas Jepang yang berbentuk bulat dan agak sedikit tipis. Bentuknya yang mirip dengan pancake membuatnya sering dijuluki pancake khas Jepang. Dorayaki terbuat dari adonan tepung, telur, susu, baking powder, dan madu yang kemudian dipanggang di atas wajan. Setelah matang, dorayaki diberi isian kacang merah yang sudah ditumbuk halus dan diberi gula sehingga cita rasanya cenderung manis.

 

3. Takoyaki



Sumber: pergikuliner.com


Takoyaki merupakan street food khas Jepang yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan daging gurita dan aneka bumbu rempah. Bentuknya yang bulat-bulat kecil membuatnya mudah dimakan. Takoyaki disajikan dengan mayonaise, saus sambal, dan saus khas takoyaki yang terbuat dari campuran saus tiram dan kecap Inggris. Tekstur takoyaki agak kenyal dan bertekstur sehingga membuat mulut kamu tak berhenti mengunyah. Di Indonesia, takoyaki juga semakin banyak dijual di gerobak atau pedagang kaki lima.

 

4. Taiyaki



Sumber: pergikuliner.com


Taiyaki merupakan kue khas Jepang yang berbentuk menyerupai ikan. Meski bentuknya seperti ikan, tapi kue ini tidak menggunakan ikan sama sekali. Taiyaki terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan baking powder yang dipanggang dengan cetakan berbentuk ikan lalu diberi isian kacang merah yang dihaluskan dan diberi gula. Selain isian kacang merah, taiyaki juga ada yang berisi cokelat, keju, hingga aneka selai buah-buahan. Taiyaki paling nikmat jika disantap saat masih panas.

 

5. Okonomiyaki



Sumber: pergikuliner.com


Okonomiyaki atau yang lebih dijuluki sebagi omelet khas Jepang ini berbahan dasar tepung terigu dan telur dengan tambahan daging cincang, kol, serta aneka sayuran lainnya. Proses pembuatannya mirip dengan omelet. Selain menggunakan daging cincang, okonomiyaki juga bisa menggunakan udang dan cumi. Setelah matang, okonomiyaki dihidangkan dengan mayonaise, aonori, dan katsuoboshi yang bentuknya seperti kertas yang melambai.

 

6. Dango



Sumber: pergikuliner.com


Bagi kamu yang sering baca manga atau nonton anime, kuliner yang satu ini pasti sudah tak asing lagi. Dango merupakan kue khas Jepang yang berbentuk bulat kecil dan ditusuk dengan tusukan sate. Dalam satu tusukan biasanya terdapat 3-5 buah dango. Dango terbuat dari tepung beras yang diuleni dengan air panas lalu dikukus atau direbus. Dango terdiri dari dua jenis, yakni yang bercita rasa manis karena da tambahan gula di dalamnya dan dango yang tidak diberi gula sehingga saat kamu menyantapnya, kamu harus mencelupnya dalam saus gurih.

 

7. Oden



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir adalah oden yang menjadi camilan khas di Jepang saat musim dingin karena camilan ini merupakan makanan berkuah panas sehingga bisa menghangatkan tubuh. Oden terdiri dari beberapa macam makanan olahan seperti bakso ikan, sosis udang, daikon, satsuma age, chikuwa, dan masih banyak lagi. Berhubung dimasukkan berbagai macam bahan makanan, maka kuah rebusan oden ini sangat kaya cita rasanya.


Nah, itu dia tadi beberapa cemilan khas Jepang yang cukup terkenal di dunia kuliner. Kamu jadi tertarik untuk mencobanya? Langsung aja pergi ke tempat makan yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!


Japanese Takoyaki Yamatoya

Foto Japanese Takoyaki Yamatoya
Foto Japanese Takoyaki Yamatoya

Mochi Mochio

Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio

Torigen

Foto Torigen
Foto Torigen

Dorayaki Addict

Foto Dorayaki Addict
Foto Dorayaki Addict

Taiyaki Patisserie

Foto Taiyaki Patisserie
Foto Taiyaki Patisserie
Foto Taiyaki Patisserie

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?