Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Daging Kering dari Berbagai Negara yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
26 Maret 2020 | 0 Komentar

Daging menjadi salah satu sumber protein hewani yang paling digemari masyarakat dunia. Pasalnya, daging bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat yang pastinya bisa bikin lidah kamu bergoyang. Sebut saja beberapa olahan daging yang terkenal di dunia seperti steak, burger, BBQ, dan masih banyak lagi. Berbicara tentang daging, bahan makanan ini memang bisa awet jika kamu simpan di dalam freezer. Tapi selain disimpan dalam freezer, salah satu cara untuk membuatnya awet adalah dengan menjadikannya daging kering. Daging kering diolah daging bahan dasar daging yang dikeringkan, bisa melalui metode penjemuran hingga pengasapan. Daging yang tidak memiliki kandungan air ini membuatnya bisa bertahan lama. Rata-rata daging kering akan tetap awet hingga berbulan-bulan. Masing-masing negara di dunia punya olahan daging keringnya sendiri-sendiri. Di Indonesia, kita mengenal dendeng sebagai salah satu olahan daging kering. Lantas di negara lain ada daging kering apa saja? Yuk, lihat bersama-sama!

 

1. Bakkwa dari Tiongkok



Sumber : Thehoneycombers.com


Daging kering pertama ada bakkwa yang asalnya dari Tiongkok. Daging kering ini dibuat dari bahan dasar daging babi yang sudah dibumbui dengan aneka bumbu rempah, garam, gula dan kecap. Setelah dibumbui, daging akan dikeringkan dalam suhu di atas 60 derajat celcius selama berjam-jam. Nantinya setelah kering, kamu bisa menyimpannya. Bakkwa ini selain cocok untuk disantap sebagai makanan rumahan juga sering dijadikan sebagai hadiah atau bingkisan pada saat perayaan Imlek.

 

2. Biltong dari Afrika Selatan



Sumber : Biltongandboerewors.com.au


Biltong adalah salah satu olahan daging kering asal Afrika Selatan yang terbuat dari daging sapi. Keunikan dan biltong ini terbilang unik karena menggunakan bahan-bahan seperti garam batu, lada, ketumbar, hingga cuka. Daging yang digunakan adalah daging sapi silverside yang bisa dengan mudah kita jumpai di pasaran. Olahan daging kering ini tinggi protein, rendah lemak dan bebas gluten. Biltong ini bisa disantap begitu saja atau dipadukan dengan aneka bahan makanan lainnya.

 

3. Black Forest Ham dari Jerman



Sumber : Meijer.com


Mendengar namanya, siapa saja pasti akan mengira kalau black forest ham ini adalah salah satu jenis cake. Black forest ham adalah daging kering yang berasal dari Jerman. Masyarakat Jerman banyak yang menamainya dengan nama Schwarzwälder Schinken. Daging kering ini dimasak atau dikeringkan dengan cara tradisional sehingga membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Sebelum dikeringkan selama 3 jam, daging harus digarami dulu selama kurang lebih 4 jam. Untuk pengasapannya menggunakan kayu pinus sehingga menciptakan aroma yang khas.

 

4. Jamon Iberico dari Spanyol



Sumber : Bigcommerce.com


Jamon iberico adalah daging kering yang asalnya dari Spanyol. Daging kering ini dibuat dari daging babi iberico hitam yang diberi garam atau diasinkan lalu digantung di tempat yang punya sirkulasi udara bagus. Biasanya proses ini dilakukan di akhir tahun dan memakan waktu selama 1-3 tahun lamanya karena caranya masih sangat tradisional sekali.

 

5. Bresaola dari Italia



Sumber : Endsmeatnyc.com


Lanjut ke negara Italia yang punya olahan daging kering bernama bresaola. Bresaola ini banyak dijumpai di Valtellina yang ada di sepanjang jalan Lombardy, Italia Utara. Jenis daging yang digunakan bukanlah daging sapi, kambing, atau babi, melainkan daging kuda atau rusa. Daging kering ini menggunakan rempah seperti lada hitam, cengkeh, bawang putih, kayu manis dan masih banyak lagi. Aromanya sudah pasti wangi dengan cita rasa manis.

 

6. Bundnerfleisch dari Swiss



Sumber : Calgarymeats.com


Selanjutnya ada bundnerfleisch yang asalnya dari Swiss. Cara pembuatannya sebenarnya sangat mudah, tapi prosesnya sangat lama karena cuaca yang dingin. Sebelum dikeringkan, daging harus dipisahkan dari ototnya. Setelah itu, daging dibumbui dengan lada, garam, bawang putih, anggur putih, dan lain sebagainya. Uniknya, bundnerfleisch dikeringkan di pedesaan yang letaknya 800-1800 dari atas permukaan laut.

 

7. Kilishi dari Nigeria



Sumber : Wikimedia.org


Terakhir ada kilishi yang asalnya dari Nigeria. Kilishi ini bisa dibuat dari berbagai macam daging, mulai dari daging sapi, kambing, hingga domba. Untuk pengeringannya memakan waktu selama kurang lebih 3 hari. Sebelum dikeringkan, daging dihilangkan bagian ototnya, barulah dibumbui dengan aneka rempah lalu di keringkan dengan cara tradisional di bawah sinar matahari.

 

Itulah beberapa daging kering dari berbagai negara yang bisa kamu tambahkan pada sajian sandwich, burger, pizza dan aneka kuliner lainnya. Semoga informasi di atas berguna untukmu ya! Jika ingin menikmati hidangan berbahan daging lainnya, kamu bisa langsung mampir aja ya ke sini!

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

JR'S Barbeque

Foto JR'S Barbeque
Foto JR'S Barbeque

Kintan Buffet

Foto Kintan Buffet
Foto Kintan Buffet
Foto Kintan Buffet

Tucano's Churrascaria Brasileira

Foto Tucano's Churrascaria Brasileira
Foto Tucano's Churrascaria Brasileira
Foto Tucano's Churrascaria Brasileira

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?