Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Daun yang Bikin Kuliner Indonesia Lebih Terasa Endes

List Artikel
2 Maret 2017 | 0 Komentar

Kuliner tradisional khas Indonesia memang tak ada matinya. Citarasanya yang autentik membuat kuliner Indonesia bisa terus berjaya di tengah maraknya kuliner asing seperti kuliner Italia, Jepang, Thailand, Meksiko, hingga Korea Selatan. Citarasa dan kelezatan kuliner Indonesia ini tentunya tak lepas dari bumbu rempah yang digunakan setiap memasak. Seperti yang kamu tahu, Indonesia memiliki banyak sekali rempah-rempah yang bisa membuat citarasa jadi berbeda dengan kuliner asing lainnya. Sebut saja kunyit, jahe, jinten, cengkeh, kayumanis, kapulaga, pala, dan lain sebagainya. Tapi ternyata tak hanya rempah-rempah saja loh yang bisa bikin kuliner Indonesia jadi lebih lezat, ada daun-daunan dengan aroma wangi yang juga berperan penting dalam kuliner Indonesia. PergiKuliner sudah merangkum tujuh daun yang bikin kuliner Indonesia jadi lebih terasa endes. Yuk lihat!

 

1. Daun Jeruk Purut



Sumber: imgur.com


Di urutan pertama ada daun jeruk purut yang memiliki aroma wangi yang sangat khas. Daun jeruk purut ini memiliki rasa serta aroma yang menyegarkan. Ada banyak sekali makanan yang menggunakan daun jeruk purut seperti soto ayam, rempeyek, hingga sambal matah. Daun jeruk ini bisa kamu dapatkan dari tanaman jeruk purut dengan buah yang berwarna hijau tua.

 

2. Daun Kemangi



Sumber: wikihow.com


Daun kemangi menjadi dedaunan kedua yang memiliki citarasa wangi yang tak bisa kamu tolak. Daun kemangi ini dijuluki sebagai daun basilnya Indonesia karena banyak digunakan dalam aneka kuliner Indonesia. Sebut saja aneka pepes, serta kuliner yang menggunakan bahan baku ikan. Aroma wangi daun kemangi ini mampu menghilangkan bau amis pada ikan serta aneka seafood lainnya. Daun kemangi juga sering digunakan sebagai lalapan yang endes jika disantap dengan cocolan sambal.

 

3. Daun Pandan



Sumber: mahkotainfo.com


Daun pandan yang awalnya tumbuh secara liar ini ternyata bisa membuat kuliner Indonesia memiliki aroma wangi yang luar biasa. Daun pandan bahkan dianggap sebagai penyedap alami beberapa masakan dengan citaras manis seperti bubur sumsum, bubur kacang hijau, kolak, dan lain sebagainya. Daun pandan juga sering digunakan untuk mempersedap nasi liwet.

 

4. Daun Bawang



Sumber: vimale.com


Daun yang satu ini dikenal sebagai taburan yang mempersedap kuliner Indonesia. Daun bawang bisa kamu jumpai sebagai taburan bubur ayam, sop, soto, mie ayam, dan masih banyak lagi. Daun bawang tak hanya dijadikan sebagai taburan, tapi daun bawang juga bisa dijadikan campuran bahan makanan seperti pada bakwan sayur, bakwan jagung, dadar telur, dan lain sebagainya. 

 

5. Daun Seledri



Sumber: fimadani.com


Daun seledri biasanya kita temui satu paket dengan daun bawang. Daun seledri yang mentah memang memiliki aroma yang tidak enak sehingga banyak orang tidak menyukainya. Tapi jika sudah dicampur dalam masakan, daun seledri mampu menjadikan masakan tersebut memiliki aroma yang luar biasa wangi. Daun seledri bisa kamu jumpai pada aneka kuliner berkuah seperti sup dan soto.

 

6. Daun Salam



Sumber: googleusercontent.com


Daun salam paling sering digunakan sebagai bumbu penyedap aneka kuliner Indonesia. Hampir sebagian besar kuliner Indonesia menggunakan daun salam sebagai salah satu bumbunya. Daun salam bisa digunakan dalam bentu segar juga kering. Contoh kuliner yang menggunakan daun salam adalah pepes, sayur asem, aneka tumisan, opor, balado, dan masih banyak lagi.

 

7. Daun Pisang



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada daun pisang yang pastinya sudah kamu kenal sebagai daun yang sering dijadikan bahan pembungkus kuliner indonesia. Bukan tanpa alasan daun pisang dijadikan pembungkus karena daun pisang ini memiliki aroma khas yang membuat kuliner yang dibungkusnya memiliki citarasa yang lebih endes. Daun pisang bisa kamu temui dalam kuliner nasi bakar, pepes, serta pembungkus nasi uduk atau nasi pecel.


Nah! Sudah tahukan apa saja jenis daun yang mampu membuat citarasa makanan lebih menggugah selera makan? Jenis makanan dengan daun-daunan di atas dapat dengan mudah di jumpai di restoran yang menyediakan menu masakan khas Indonesia seperti restoran-restoran di bawah ini. Ayo klik untuk detail restorannya ya!

Bebek Kaleyo

Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo
Foto Bebek Kaleyo

Nasi Bakar Roa

Foto Nasi Bakar Roa
Foto Nasi Bakar Roa

Suwe Ora Jamu

Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?