Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Fakta Telur Pitan Yang Menarik Untuk Diketahui

List Artikel
21 November 2021 | 0 Komentar

Buat kamu yang suka dengan masakan tentu sudah tidak asing dengan telur pitan. Makanan yang disebut juga telur seribu tahun ini merupakan salah satu makanan khas China yang cukup populer juga di Indonesia. Untuk membuat telur pitan bisa menggunakan telur ayam, telur bebek, atau telur puyuh. Telur tersebut kemudian diawetkan dengan campuran garam, kapur dan abu lalu dilapisi sekam nasi selama tiga bulan. Proses pengawetan yang lama membuat telur berubah warna menjadi kehitaman. Tak hanya merubah warna, proses pengawetan juga membuat telur menjadi bau menyengat. Rasanya pun sedikit unik dan berbeda dari telur pada umumnya. Telur pitan bisa dikonsumsi secara langsung, direbus, digoreng, atau dicampur dengan bubur khas Tionghoa. 


Nah, buat kamu yang penasaran bagaimana sejarah perjalanan telur pitan bisa sampai populer hingga ke Indonesia. Simak nih fakta telur pitan yang menarik sekali buat kamu ketahui!



Sumber: Yumofchina.com


1. Sejarah Telur Pitan

Telur pitan ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Menurut asal-usulnya, telur pitan ini sudah tercipta sejak ratusan tahun yang lalu. Tepatnya sekitar 600 tahun yang lalu pada masa Dinasti Ming di Hunan. Telur pitan pun tercipta secara tidak sengaja oleh seorang pria di provinsi Hunan. Pria tersebut diketahui meninggalkan telur bebek yang diawetkannya di kolam kapur selama proses pembangunan rumahnya. Setelah itu, pria tersebut mencicipi telur dan menyukai rasanya. Sejak itulah, ia mulai memproduksi telur pitan dalam jumlah banyak, namun ditambahkan garam untuk meningkatkan rasanya.


2. Proses Pengawetan Alami

Proses pembuatan telur pitan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan telur asin. Hanya saja, jika telur bebek menggunakan telur bebek, maka telur pitan ini bisa menggunakan telur ayam, bebek atau puyuh. Selain itu, ada beberapa campuran lainnya untuk membuat telur pitan seperti garam, abu, tanah liat, sekam padi atau kapur. Setelah itu, telur akan diawetkan selama beberapa bulan. Selama proses pengawetan atau fermentasi, bagian kuning telur akan berubah menjadi hijau gelap, sementara bagian putih telur akan menjadi bening kecokelatan. Maka dari itu, telur ini disebut juga telur seribu tahun karena proses fermentasi yang memakan waktu berbulan-bulan.


3. Memiliki Berbagai Sebutan

Telur pitan memiliki berbagai sebutan yang berbeda di setiap tempat. Seperti telur seribu tahun, telur seabad dan telur milenium. Bahkan di negara Thailand dan Laos, telur pitan dijuluki sebagai telur urin kuda. Walaupun terdengar ekstrim, namun bahan pembuatan telur pitan ini tetaplah sama. Tidak menggunakan urin kuda sama sekali. Hanya saja, di negara tersebut aroma telur pitan dianggap mirip seperti aroma urin kuda. Maka dari itu, telur pitan dikenal dengan sebutan telur urin kuda.


4. Dapat Langsung Dikonsumsi

Setelah mengalami proses pengawetan selama beberapa bulan, telur pitan dapat dikonsumsi secara langsung tanpa dimasak dahulu. Rasanya cenderung creamy dengan aroma belerang yang cukup menyengat. Warnanya pun terlihat unik, warna luar telur akan berubah menjadi abu-abu kehitaman. Sementara, putih telur akan menjadi bening kecokelatan mirip seperti agar-agar yang transparan.  Bagian putih ini akan terasa asin jika dimakan. Sedangkan, bagian kuning telur mendapat warna hijau gelap. Jika bagian kuning ini ingin terasa lebih asin, bisa ditambahkan garam sebelum proses fermentasi. 


5. Proses Pengolahan Beragam

Selain dapat langsung dikonsumsi, telur pitan diolah juga dengan berbagai cara. Kebanyakan orang-orang di China memanfaatkan telur pitan sebagai menu makanan pendamping. Sementara itu, orang-orang di Hongkong lebih suka memakan telur pitan dengan cara digoreng. Telur pitan terlebih dahulu dicelupkan dalam adonan tepung, kemudian digoreng hingga teksturnya garing. Lain hal dengan orang-orang di Taiwan yang biasanya mengonsumsi telur pitan dengan cara direbus bersama tahu dan ikan cakalang. Nah, kalau di Indonesia sendiri telur pitan paling sering dijadikan isian dalam sayuran tumis atau lauk pendamping bubur khas China.


6. Harga Pasaran Telur Pitan

Seperti sebutan untuk telur ini,  harga telur pitan di pasaran ternyata juga bervariatif. Memang harganya cenderung lebih mahal jika dibandingkan telur asin. Tentu harganya ini sepadan dengan proses pengawetan telur pitan yang memakan waktu lama hingga rasanya unik dan khas. Biasanya harga sebutir telur pitan di pasaran berkisar antara 10.000 sampai 15.000 rupiah. Sedangkan untuk per paketnya, telur pitan diberi harga mulai dari 56.000 rupiah denga isi 6 butir telur per paket. Gimana tertarik untuk membelinya?


7. Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Selain rasanya yang unik dan khas, telur pitan nyatanya punya berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Telur pitan mengandung tinggi protein dan rendah karbohidrat jika dibanding telur ayam biasa. Selain itu, telur pitan mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, B12, B, D, fosfor dan zat besi. Konsumsi telur pitan secara rutin dapat bermanfaat untuk kesehatan mata, gigi dan tulang, serta fungsi hati. Telur pitan juga dapat bermanfaat untuk meredakan dahak, menurunkan panas demam, menyembuhkan pengar dan menyembuhkan diare, serta menyehatkan usus.


Itu dia fakta telur pitan yang sudah PergiKuliner rangkum untuk kamu. Harga telur pitan memang cukup mahal di pasaran, untuk itu jarang sekali ada tempat makan yang menyediakan telur satu ini. Biasanya telur pitan dijual di restoran Chinese food mewah seperti beberapa restoran di bawah ini!

Lee Palace

Foto Lee Palace
Foto Lee Palace
Foto Lee Palace

House Of Yuen - Fairmont Jakarta

Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta
Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta
Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta

Li Feng - Mandarin Oriental Hotel

Foto Li Feng - Mandarin Oriental Hotel
Foto Li Feng - Mandarin Oriental Hotel
Foto Li Feng - Mandarin Oriental Hotel

Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta

Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La Jakarta

Twelve Chinese Dining

Foto Twelve Chinese Dining
Foto Twelve Chinese Dining
Foto Twelve Chinese Dining

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?