Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Gorengan yang Paling Diburu Saat Buka Puasa

List Artikel
16 April 2021 | 0 Komentar

Apa salah satu menu kuliner yang paling diburu untuk berbuka puasa selain kolak? Jawabannya adalah gorengan. Tak lengkap rasanya jika berbuka tanpa menyantap gorengan sebagai pengganjal perut sebelum tarawih. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang tidak bisa menyantap makanan berat seperti nasi pada saat berbuka sehingga gorengan menjadi favorit orang yang berbuka puasa. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukan penjual-penjual gorengan yang berjajar rapi di kaki lima pinggir jalan menjelang waktu berbuka. Dari sekian banyak jenis gorengan yang ada di Indonesia, ada tujuh yang menjadi favorit dan paling banyak diburu saat berbuka!

 

1. Pisang Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Berhubung buka puasa haruslah dengan makanan yang manis, maka pisang goreng menempati urutan pertama sebagai gorengan terfavorit. Ada banyak jenis pisang goreng yang bisa kamu pilih seperti pisang goreng kremes, pisang goreng kipas, pisang goreng pasir, pisang goreng madu, hingga pisang goreng molen. Pisang yang memiliki rasa manis ini memiliki kandungan karbohidrat yang bisa membuat perut kamu kenyang.

 

2. Ubi Goreng



Sumber: Kristygourmet.blogspot.com


Sama seperti pisang goreng, ubi goreng yang bercita rasa manis dan memiliki kandungan karbohidrat sangat cocok untuk membatalkan puasa kamu. Jika bosan menyantap ubi goreng yang digoreng begitu saja, sekarang sudah ada bola-bola ubi yang disajikan dengan taburan gula halus dan cokelat leleh yang pastinya bikin kamu kepengen nambah dan nambah lagi.

 

3. Singkong Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Kandungan karbohidrat pada singkong hampir menyamai kandungan karbohidrat pada nasi sehingga hanya dengan menyantap dua hingga tiga buah singkong goreng, kamu pasti sudah merasa kenyang. Singkong goreng saat ini sudah mengalami inovasi sehingga tak hanya disajikan begitu saja, tapi diberi taburan keju serta susu kental manis sehingga citarasanya akan lebih terasa enak.

 

4. Bakwan



Sumber: Pergikuliner.com


Tak hanya gorengan bercita rasa manis yang diburu untuk buka puasa, tapi juga gorengan bercita rasa asin seperti bakwan yang juga digemari. Bakwan yang sering disantap biasanya terdiri dari dua jenis, yakni bakwan jagung yang terbuat dari bahan utama jagung dan bakwan sayur yang terbuat dari irisan wortel, kol, serta tauge. Bakwan sangat cocok disantap dengan dicocol saus sambal.

 

5. Tahu Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Selain bakwan, ada tahu goreng yang juga enak untuk buka puasa. Tahu goreng ini ada banyak jenisnya, tapi yang paling banyak disantap adalah tahu goreng cokelat berbentuk segitiga yang di bagian tengahnya diisi dengan sayuran tauge, wortel, dan kol. Tahu goreng sumedang yang diberi tepung crispy juga disukai. Tahu goreng biasa disantap dengan cabai rawit hijau. 


6. Mendoan



Sumber: Cookingwsheila.com


Mendoan tak hanya enak disantap sebagai teman minum teh atau kopi, tapi juga enak disantap sebagai menu buka puasa karena. Tempe memiliki nutrisi protein nabati yang cukup tinggi. Berbeda dengan tempe goreng yang digoreng hingga garing, mendoan justru digoreng setengah matang sehingga teksturnya agak lembek. Mendoan bisa disantap dengan cabai rawit hijau sambal kecap atau sambal kacang.


7. Martabak Telur



Sumber: Cookingwsheila.com


Kuliner yang berasal dari Mesir ini tak hanya cocok untuk dijadikan camilan tapi juga paling diburu saat buka puasa. Martabak telur merupakan kuliner yang berisi telur, daging cincang, dan daun bawang yang dibungkus dengan kulit tipis dan digoreng hingga matang. Martabak telur bisa disantap dengan cocolan saus dan acar atau dengan kuah kari.


Nah, itu dia beberapa gorengan yang paling di cari ketika berbuka puasa. Yang mana favorit kamu nih, teman PergiKuliner? Dan kamu juga bisa mencari makanan di atas dengan mudah lho, ada juga beberapa tempat makan yang menyediakan gorengan seperti itu. Dimana aja? Cek rekomendasinya di bawah ini!

TEAL Coffee

Foto TEAL Coffee
Foto TEAL Coffee
Foto TEAL Coffee

Bakwan Day!

Foto Bakwan Day!
Foto Bakwan Day!
Foto Bakwan Day!

Goerengan

Foto Goerengan
Foto Goerengan
Foto Goerengan

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Tahu Go!

Foto Tahu Go!
Foto Tahu Go!
Foto Tahu Go!

Ingin ngajak keluarga atau teman untuk berbuka puasa di luar? Cari rekomendasi restorannya di Pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?