Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Hal yang Tak Bisa Lepas dari Masakan Tradisional Indonesia

List Artikel
20 Agustus 2017 | 0 Komentar

Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam masakan tradisional yang penuh cita rasa. Berkat kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia inilah yang membuat aneka masakan Indonesia memiliki kekhasan rasa tersendiri. Terutama bumbunya yang mampu mendominasi dan meresap secara sempurna pada setiap masakan tradisional yang ada di Indonesia. Namun dari sekian banyak bumbu dan kekhasan ini, ada 7 hal yang pasti selalu ada di setiap masakan tradisional Indonesia. Kira-kira apa saja ya? Inilah 7 hal yang tak bisa lepas dari masakan tradisional Indonesia!



Sumber: pergikuliner.com


1. Sambal

Tidak lengkap rasanya kalau makan tanpa ditemani dengan sambal. Mungkin seperti itulah kalimat yang pas untuk menggambarkan orang Indonesia. Mau makanan berkuah atau hanya dengan nasi dan lalapan sekalipun sambal seolah sudah menjadi pelengkap yang tidak bisa dipisahkan oleh masyarakat Indonesia. Bukan cuma rasanya yang pedas saja, tetapi sensasi nagih saat memakannya juga membuat sambal ini selalu dirindukan.


2. Lalapan

Bila kamu berkunjung ke rumah orang sunda dan diajak makan bersama, jangan heran bila diberi jamuan satu baskom besar yang terdiri dari berbagai jenis sayur. Entah itu kol, mentimun, daun kemangi, kenikir, daun selada air, hingga pete. Disantap bersama dengan sambal, acara makan bersama ala sunda pun dijamin bakal meriah. Tradisi memakan lalapan tidak berhenti sampai skala makanan rumahan saja. Dengan semakin banyaknya restoran atau rumah makan sunda, saat ini tradisi makan lalapan pun terbawa hingga ke seluruh pelosok Indonesia.


3. Kerupuk

Siapa yang tidak kenal dengan kerupuk? Makanan yang satu ini, hampir di setiap rumah makan di Indonesia pasti menyediakan makanan ini karena kebanyakan orang Indonesia kalau sedang makan biasanya kurang pas kalau tidak memakan ini. Kerupuk adalah makanan ringan yang bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng, ketoprak, bubur ayam, dan masih banyak lagi.


4. Santan

Lidah orang Indonesia tentu familiar sekali dengan bahan masakan yang satu ini. Santan memang sering digunakan untuk berbagai macam olahan makanan mulai dari kue jajanan pasar hingga sayuran berkuah. Hasil olahan kelapa ini memang terkenal bagus untuk meningkatkan cita rasa masakan sehingga terasa lebih gurih dan nendang. Beberapa jenis makanan khas daerah tertentu di Indonesia, seperti rendang atau gulai bahkan mensyaratkan penggunaan santan pada masakannya.


5. Bawang Goreng

Bawang goreng yang renyah, gurih, dan garing sering menjadi taburan untuk menghiasi masakan nusantara sebagai pelezat cita rasa. Bawang merah, bawang putih atau kombinasi keduanya adalah jenis bawang yang biasa digunakan. Bawang goreng memang tidak dapat dianggap sepele sebagai salah satu pelengkap masakan Indonesia. Kehadiran bawang goreng sebagai pelengkap masakan akan membuat rasa masakan menjadi lebih sedap dan gurih. Selain itu, aroma bawang goreng yang sangat harum juga dapat menambah selera makan.


6. Bumbu Kacang

Masakan Indonesia memang banyak yang mengandalkan bumbu kacang. Rasa gurih khas kacang tanah yang dipadu pedas atau manis berhasil buat lidah kamu tergila-gila. Bahkan ada dari kamu yang mungkin nggak bisa ketinggalan sama bumbu ini. Biasanya bumbu kacang paling pas jika dikombinasikan dengan sate, gado-gado, karedok, dan jenis makanan lain.


7. Daun Pisang

Indonesia termasuk negara dengan keanekaragaman makanan tradisional. Dari rasa, bahan dasar, bumbu, cara memasak, hingga cara mengemasnya pun beragam. Dilihat dari cara mengemasnya, ada banyak sekali makanan yang dimasak atau disajikan dengan balutan daun pisang. Selain membuat sajian menjadi lebih rapi, aroma makanan yang dibungkus dengan daun pisang juga akan terasa lebih harum dan nikmat.  Bahkan menurut penelitian, makan menggunakan daun pisang dinilai lebih sehat.


Itu dia 7 hal yang tak bisa lepas dari masakan tradisional Indonesia. Sebagai orang Indonesia sudah pasti teman PergiKuliner tidak asing lagi bukan dengan ketujuh makanan yang disebukan tadi? Nah, bagaimana kalau sekarang waktunya mengunjungi restoran khas masakan Indonesia yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Marco Padang Grill

Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Nasi Uduk 126

Foto Nasi Uduk 126
Foto Nasi Uduk 126

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?