Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Isian Bakpao yang Jadi Favorit Camilan Saat Imlek

List Artikel
9 Februari 2018 | 0 Komentar

Bakpao menjadi salah satu kuliner asal China yang keberadaannya di Indonesia bisa dengan mudah ditemukan. Bakpao bisa ditemukan di restoran atau rumah makan chinese food hingga dipinggir jalan yang dijual oleh pedagang kaki lima gerobak. Jika di negara asalnya, bakpao kerap kali dijadikan sebagai menu sarapan, di Indonesia bakpao lebih sering dijadikan cemilan atau pengganjal rasa lapar. Meski bentuknya terlihat serupa satu sama lain, tapi bakpao ternyata memiliki banyak ragam isian. PergiKuliner akan memberitahu kepada kamu tujuh isian bakpao yang paling sering dijadikan cemilan saat Imlek, yaitu:


1. Charsiu


Sumber: pergikuliner.com


Isian charsiu adalah yang paling banyak diminati saat Imlek karena isian ini termasuk isian bakpao klasik. Charsiu terbuat dari daging cincang yang sudah dipanggang terlebih dahulu lalu diberi campuran saus merah yang khas. Daging yang digunakan ini kebanyakan adalah jenis daging babi atau bisa juga daging ayam. Ciri dari bakpau yang memiliki isian charsiu adalah bagian atasnya yang menguncup seperti kuncup bunga.


2. Ayam Kecap


Sumber: daftarresep.com 


Isian bakpao popular lainnya adalah ayam kecap. Isian ini termasuk yang paling mudah dibuat. Ayam yang digunakan adalah ayam fillet alias tanpa tulang yang kemudian dicincang dan dibumbui dengan bumbu kecap dan irisan bawang bombay. Warna dari isian ini cenderung agaka pucat karena kecap yang digunakan pada ayam tidak terlalu banyak untuk menghindari rasa manis yang berlebihan.

 

3. Telur Asin

Sumber: pergikuliner.com


Telur asin tak hanya enak disantap begitu saja, tapi juga enak dijadikan saus. Jika biasanya saus telur asin biasanya dipadukan dengan seafood atau ayam goreng tepung, kali ini saus telur asin isian bakpao. Yang membuat bakpao telur asin ini sangat disukai adalah karena saat digigit, isian saus telur asinnya akan meleleh di mulut sehingga membuat sensasi menyantap bakpao yang berbeda.  


4. Custard



Sumber: thewoksoflife.com 


Saat dibelah, sekilas bakpao ini memang memiliki warna isian yang hampir sama dengan bakao isi telur asin karena warnanya sama-sama kuning. Bedanya, bakpao isi custard memiliki tekstur yang lebih padat dan kesat. Tapi saat digigit dan masuk ke dalam mulut isian custard ini juga meleleh di mulut. Custard merupakan jenis isian bakpao yang terbuat dari campuran susu dan kuning telur sehingga citarasanya manis gurih.  


5. Kacang Merah


Sumber: pinterest.com  


Kalau jenis isian bakpao yang satu ini kamu pasti sudah tahu. Isian kacang merah termasuk isian bakpao klasik sehingga bakpao ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, terutama di pedagang kaki lima gerobak. Bakpao dengan isian kacang merah dinamakan doushabao. Untuk membuat pasta kacang merah, kacang merah utuh harus direbus dalam waktu yang cukup lama, dikeringkan lalu dihaluskan dan diberi perasamanis. Selain kacang merah, ada juga isian yang menggunakan kacang hijau.


6. Srikaya Pandan


Sumber: daftarresep.com 


Masih dengan isian bakpao bercita rasa manis, kali ini ada isian yang terbuat dari selai srikaya pandan yang sering dijuluki kaya baozi. Warna isian ini sangat cantik karena di dalamnya berwarna hijau dari pandannya. Kaya baozi di negara asalnya sangat sering dijadikan sebagai menu pilihan sarapan yang disantap bersama dengan teh hangat atau seduhan kopi.

 

7. Sayuran

Sumber: hmfood.com


Terakhir ada bakpao yang bercitarasa gurih. Siapa bilang bakpao hanya berisi daging dan selai saja. Ada juga bakpao yang memiliki isian sayur-sayuran. Bakpao dengan isian sayuran ini sering dijuluki dengan nama yacaibao. Isian sayuran yang digunakan sangat beragam, mulai dari kubis hingga wortel. Bakpao sayuran ini juga kadang diisi dengan tambahan suwiran ayam untuk menambah kaya citarasa dan melengkapi tekstur renyah dari sayuran.


Itu dia ragam isian bakpao yang jadi favorit cemilan saat Imlek nanti. Nah! Berhubung sebentar lagi Imlek, bagaimana kalo kamu makan bakpao di beberapa restoran yang PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Tim Ho Wan

Foto Tim Ho Wan
Foto Tim Ho Wan
Foto Tim Ho Wan

Coffee Kulture

Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture

Bakpau A Satu

Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu

Teck Kee Tang Lin Pau

Foto Teck Kee Tang Lin Pau
Foto Teck Kee Tang Lin Pau
Foto Teck Kee Tang Lin Pau

Kwang Koan - Kopi Johny

Foto Kwang Koan - Kopi Johny

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?