Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jajanan Khas Tradisional Indonesia yang Digulung

List Artikel
23 Oktober 2019 | 0 Komentar

Sebuah kuliner yang menarik biasanya pertama kali dilihat dari segi tampilannya. Jika tampilannya unik, maka kita pasti akan tertarik untuk mencicipnya. Barulah setelah itu citarasa menjadi nomor dua yang menjadi alasan seseorang mencoba suatu kuliner. Tampilan luar atau yang lebih dikenal dengan nama visual memang sangatlah penting. Tak heran kalau ada banyak kuliner yang memang disajikan dengan tampilan menarik. Selain bentuk bulat, segitiga, ada bentuk kuliner yang digulung. Kuliner yang digulung ini kebanyakan kita jumpai pada jajanan tradisional Indonesia seperti yang ada di bawah ini!

 

1. Dadar gulung



Sumber : Cloudfront.net


Jajanan khas tradisional Indonesia pertama yang bentuknya digulung adalah dadar gulung. Sesuai dengan namanya, jajanan ini merupakan kue dadar yang digulung. Kulit dadar gulung dibuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, dan gula, serta pewarna hijau alami yang didapat dari daun suji. Dadar gulung biasanya diberi isian kelapa parut yang dicampur dengan gula Jawa sehingga cita rasanya jadi lebih manis.

 

2. Lumpia



Sumber : Pesona.travel


Lumpia juga menjadi jajanan khas tradisional Indonesia yang digulung. Jajanan asal Semarang ini dibuat dari kulit lumpia yang kemudian diisi dengan rebung, daging ayam, serta seafood yang kemudian dibumbui dengan bumbu khusus. Lumpia Semarang terbagi menjadi dua varian, yakni lumpia basah dan lumpia goreng. Untuk menyantapnya, kamu bisa mencocolnya ke dalam saus khusus yang disajikan bersama dengan acar.  

 

3. Sosis Solo



Sumber : Kreasisasa.com 


Berikutnya ada sosis solo yang sebenarnya sama sekali tidak menggunakan isian sosis sama sekali. Sosis solo dibuat dari bahan dasar daging sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu khusus dan digulung dengan menggunakan dadar telur tipis lalu dicelupkan ke dalam adonan telur kocok dan digoreng hingga kecoklatan. Bentuknya ini lebih mungil dari lumpia karena hanya sebesar jari telunjuk saja.

 

4. Piscok



Sumber : Ideresepmasak.com


Piscok menjadi gorengan yang paling sering kita jumpai di pedagang gorengan kaki lima pinggir jalan. Piscok merupakan singkatan dari pisang cokelat. Sesuai dengan namanya, piscok sudah pasti menggunakan bahan dasar pisang dan cokelat yang dibalut dengan kulit lumpia dan digoreng hingga matang dan garing. Sensasi garing di luar tapi lembut dan manis di dalam bisa membuat siapa saja ketagihan.

 

5. Semprong



Sumber : Pinimg.com


Berikutnya ada semprong yang sering dijadikan sebagai kue kering saat perayaan hari raya atau acara-acara tertentu oleh masyarakat Indonesia. Semprong ini terbuat dari tepung beras dengan santan, dan bahan-bahan tambahan lainnya. Bentuk awal semprong ini bulat tipis tapi ketika masih panas, kamu harus menggulungnya dengan cepat sehingga bentuknya menyerupai pipa.

 

6. Sumpia



Sumber : Akamaized.net


Sumpia merupakan jajanan kering yang berasal dari kota Medan. Sama seperti semprong, sumpia ini juga sering dijumpai pada saat perayaan hari raya dan acara besar karena akan disuguhkan kepada tamu. Sumpia ini dibuat dari kulit lumpia yang agak tebal dan diisi dengan udang atau teri di dalamnya sehingga citarasa jajanan ini gurih renyah.

 

7. Bolu Gulung



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada bolu gulung yang sebenarnya sudah termasuk dalam kategori jajanan modern. Bolu gulung ini sebenarnya ada kue bolu biasa yang dibuat lebih tipis supaya bisa digulung. Biasanya bolu gulung banyak ditemukan sebagai sajian snack box atau hantaran saat sedang bertamu ke rumah seseorang. Selain itu bolu gulung juga banyak disantap bersama dengan teh dan kopi.


Itulah beberapa jajanan Indonesia yang digulung. Selain jajanan-jajanan yang di atas, masih ada lagi tidak menurut kamu jajanan yang digulung? 

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?