Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jenis Artisan Bakery yang Paling Populer di Dunia

List Artikel
25 Juli 2019 | 0 Komentar

Apa yang membedakan antara artisan bakery dibandingkan dengan roti pabrik pada umumnya? Meskipun artisan bakery lebih populer daripada roti pabrik, namun banyak masyarakat yang belum memahami sepenuhnya apa itu artisan bakery. Artisan bread dibuat oleh para artisan baker tanpa menggunakan mesin alias dibuat langsung oleh tangan para artisan baker, sehingga menghasilkan roti yang fresh dan berkualitas tinggi. Roti tersebut memang dibuat menggunakan tangan dengan penuh hati-hati dan dipanggang ditempat. Selain itu, artisan bread tidak hanya dibuat dengan tepung wholegrain atau tepung bijian lainnya, karena tidak sedikit para artisan bread yang dibuat dari adonan tepung terigu apalagi di Indonesia yang rata-rata cenderung terbuat dari tepung terigu. Oleh karena itu dengan adanya berbagai macam adonan tepung yang berbeda-beda akan menghasilkan beberapa jenis artisan bakery yang terkenal dan populer di seluruh dunia. Apa saja ya jenis-jenis artisan bakery yang populer di dunia?
 
Walnut and Raisin Bread


Sumber : Abelandcole.co.uk


Kalau kamu sedang membeli roti di toko artisian bakery, pastinya kamu sering melihat jenis roti yang satu ini. Walnut and raisin bread memang jenis roti yang cukup populer dan digemari oleh orang-orang terutama yang sedang menjalani program diet. Roti yang berbentuk ini bentuknya bulat dan kotak, di dalamnya terdapat kacang walnut dan kismis. Roti yang satu ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan bahan pembuatannya yang menggunakan biji wijen, poppy, tepung gandum, oat, biji labu, kismis dan pastinya kacang walnut.

 

Pain Brioche



Sumber : 750g.com


Pain brioche merupakan sebuah roti asal Perancis yang memiliki kandungan telur dan menteganya yang tinggi sehingga dapat menghasilkan roti yang memiliki tekstur lembut dan bentuknya yang mengembang fluffy. Roti ini memiliki kulit yang agak coklat keemasan, sehingga dapat menggugah selera pecinta roti. Di samping itu, pain brioche dianggap sebagai bagian dari Viennoiserie atau roti dan kue yang dibuat dari adonan ragi dan menggunakan bahan tambahan telur dan krim sehingga tekstur yang didapatkan lebih lembut dan terasa lebih creamy karena menggunakan sedikit campuran susu dan gula.

 

Country Loaf



Sumber : Kingarthurflour.com


Country loaf merupakan jenis artisan bakery yang tergolong sangat populer dikalangan para roti. Perlu kamu ketahui, kalau country loaf sekilas mirip seperti roti tawar namun teksturnya cenderung lebih kering, serta permukaan roti yang memiliki pori-pori khas dan padat. Jenis roti ini memang sangat cocok disajikan bersama daging kering, keju, dan saus untuk santap siang atau malam. Namun, tak hanya disajikan dengan cita rasa asin dan gurih saja, kamu bisa menyantapnya bersama selai buah bila kamu ingin menyajikan dengan cita rasa manis.

 

Sourdough


Sumber : Bbc.co.uk


Kamu suka artisan bakery? Kalau kamu menyukai artisan bakery, tidak lengkap kalau belum mencoba jenis artisan yang satu ini, yaitu sourdough. Jenis roti ini memang populer, walaupun rotinya memiliki aroma dan rasa cenderung sedikit asam. Akan tetapi, tekstur yang dimiliki sourdough cukup lembut, tidak seperti country loaf yang sedikit lebih kering. Sourdough juga memiliki rongga pori besar di dalamnya seperti halnya country loaf. Roti sourdough paling nikmat disantap dengan olesan butter, atau dibuat sebagai sandwich.

 

Ciabatta


Sumber : Kingarthurflour.com


Ciabatta adalah roti putih khas Italia yang terbuat dari campuran tepung terigu atau gandum, air, minyak zaitun, ragi, dan garam. Walaupun tampilan rotinya cukup sederhana yaitu memiliki bentuk kotak panjang dan memiliki cita rasa yang enak, dan bertekstur lembut di dalam dan renyah di bagian luar. Pada umumnya, roti ciabatta digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat sandwich karena akan menghasilkan sensasi yang nikmat saat disantap.

 

Mediterranean Bread


Sumber : Cookidoo.co.uk


Mungkin sebagian dari kamu belum mengenal salah satu jenis artisan bakery yang satu ini karena bentuknya yang beragam-ragam. Mediterranean bread memiliki bentuk yang bermacam-macam, seperti flatbread, loaf, dan layered bread. Namun, mediterranean bread memiliki perbedaan tersendiri, yaitu terbuat dari tepung Perancis. Tepung Perancis membuat tekstur roti lebih renyah di luar, dan kenyal di bagian dalam. Cita rasa dari roti ini kaya akan rempah, seperti tomat kering, cabe kering, maupun zaitun, sesuai dengan namanya.

 

Rye Bread


Sumber: www.ediblecommunities.com


Rye bread atau yang lebih dikenal sebagai roti hitam atau roti gandum hitam merupakan roti jenis artisan yang dibuat dari campuran tepung gandum biasa dengan tepung gandum rye. Campuran dari tepung gandum rye inilah yang dapat menghasilkan warna roti yang gelap dan cenderung kehitaman pada permukaan roti. Jenis roti ini cenderung kaya akan seratnya dibandingan roti lainnya, sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama. Rye bread biasanya nikmat disantap bersama butter, atau selai buah maupun keju.

 

Dari ketujuh jenis artisan bakery di atas, mana ya yang jadi favorit kamu untuk dinikmati?

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Roti Boy

Foto Roti Boy
Foto Roti Boy
Foto Roti Boy

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Lala Coffee & Donuts

Foto Lala Coffee & Donuts
Foto Lala Coffee & Donuts

Kedai Roti Kobi

Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?