Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jenis Buah-buahan yang Paling Sering Diolah Menjadi Salad Buah

List Artikel
27 Desember 2020 | 0 Komentar

Salad menjadi salah satu makanan yang terkenal sebagai kuliner sehat sehingga banyak digemari orang yang sedang diet atau menurunkan berat badan. Sesuai dengan namanya, kuliner ini dibuat dengan cara mencampurkan aneka jenis buah-buahan ke dalamnya. Sebelum dicampurkan, buah-buahan untuk salad pastinya harus dipotong-potong sedang terlebih dahulu agar nanti mudah menyantapnya. Setelah buah dipotong-potong, barulah dicampur dengan salad dressing. Kebanyakan salad dressing yang digunakan dalam salad buah adalah mayonase yang memiliki rasa dan tekstur yang creamy. Selain mayonase, biasanya salad buah ditambahkan madu atau susu kental manis di dalamnya lalu disajikan dengan parutan atau taburan keju cheddar untuk memperkaya rasanya. Buah yang digunakan dalam salad buah sebenarnya bisa berupa buah apa saja. Tetapi sebaiknya jika ingin dijadikan salad, pilih buah yang tidak terlalu berair karena dapat membuat sajian salad jadi becek. Dari sekian banyak buah, ada beberapa jenis buah-buahan yang paling sering diolah menjadi salad buah, yaitu:

 

1. Apel



Sumber: Amazon.com


Jenis buah-buahan pertama yang sering diolah menjadi salad buah adalah apel. Apel memiliki tekstur garing dan renyah sehingga dapat memberikan tekstur yang unik jika disajikan sebagai salad buah. Selain itu, apel punya cita rasa manis dan sepat. Apel merah atau apel kuning menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai salad. Tapi bukan berarti apel hijau tidak bisa dijadikan salad. Jika ingin membuat salad buah dari apel hijau, usahakan pilih apel hijau yang tidak terlalu sepat rasanya.


2. Jeruk



Sumber: Ytimg.com


Berikutnya ada buah jeruk yang menjadi salah satu jenis buah-buahan yang paling sering diolah menjadi salad buah. Jeruk memiliki aroma wangi yang sangat menggoda dengan tekstur lembut dan cita rasa yang asam manis sehingga sangat menyegarkan. Untuk pilihan jeruknya, kamu bisa menggunakan jeruk sunkist, jeruk navel, hingga jeruk valencia yang memiliki bulir-bulir besar dan warnanya lebih oranye.


3. Strawberry



Sumber: Sandiegouniontribune.com


Pilihan buah selanjutnya yang cocok untuk salad buah adalah strawberry. Strawberry memiliki warna merah yang cerah sehingga dapat membuat tampilan salad jadi lebih menggoda. Selain warnanya yang cantik, strawberry memiliki cita rasa asam manis yang segar. Dengan menambahkan strawberry, maka sajian salad buah bisa lebih bernutrisi karena strawberry mengandung Vitamin C yang sangat tinggi.


4. Mangga



Sumber: Jamieoliver.com


Selanjutnya ada mangga yang menjadi jenis buah-buahan yang paling sering diolah menjadi salad buah. Di Indonesia, mangga memang bisa dengan mudah didapat sehingga kamu bisa memasukkan dalam olahan salad buah. Jenis mangga yang digunakan juga bisa beragam, mulai dari mangga indramayu dan mangga golek. Tapi mangga yang bagus untul salad buah adalah mangga yang masih baru matang, jangan memilih mangga yang terlalu matang karena tekturnya tidak kenyal lagi alias sudah lembut.


5. Anggur



Sumber: Economictimes.indiatimes.com


Anggur dikenal sebagai buah yang cocok dijadikan untuk salad buah. Ada berbagai macam jenis anggur speerti anggur merah, anggur hijau, dan anggur ungu. Semuanya bisa digunakan sebagai salad buah. Anggur memiliki rasa asam dan manis yang bisa membuat sajian salad buah jadi lebih lezat. Selain itu, anggur juga sangat kaya akan Vitamin A, E, dan B6 di dalamnya sehingga bagus untuk kesehatan tubuhmu.


6. Kiwi



Sumber: Enervon.co.id


Buah kiwi memang terlihat sangat cantik dengan warna hijau dan biji-biji hitam dibagian tengahnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kiwi selalu disertakan dalam olahan salad buah. Cita rasanya tidak terlalu manis dan teksturnya tergolong lembut. Kiwi mengandung Vitamin C tinggi serta kaya akan kalsium dan antioksidan sehingga bagus dikonsumsi setiap harinya.


7. Buah Naga



Sumber: Tipbuzz.com


Jenis buah-buahan terakhir yang paling sering diolah menjadi salad buah adalah buah naga. Buah naga yang digunakan bisa berupa buah naga putih maupun buah naga merah. Tapi di antara kedua jenis buah naga tersebut, buah naga putih paling sering digunakan. Pasalnya tekstur buah naga putih lebih padat jika dibandingkan buah naga merah. Meski demikian, buah naga merah memiliki rasa yang lebih manis dibanding buah naga putih.

 

Tentunya selain buah-buahan di atas, kamu juga bisa menambahkan puding, nata de coco, atau parutan keju dalam salad buahmu sehingga rasanya jadi lebih lezat. Dengan mengonsumsi salad buah setiap harinya, maka kebutuhan nutrisimu bisa dilengkapi lebih baik. 
Selain salad buah, buah-buahan di atas juga sering dijadikan olahan lainnya loh, seperti jus atau smoothie. Teman kuliner tertarik untuk mencoba aneka olahan buah di atas? Langsung aja mampir ke tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini! 

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Pish & Posh

Foto Pish & Posh
Foto Pish & Posh
Foto Pish & Posh

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?