Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jenis Kentang Goreng atau French Fries dari Berbagai Negara yang Paling Populer

List Artikel
7 Desember 2016 | 0 Komentar

French fries alias kentang goreng merupakan salah satu makanan cepat saji yang sangat disukai masyarakat di dunia. French fries yang memiliki arti kentang goreng Perancis ini mulai muncul di beberapa restoran cepat saji dunia pada tahun 1950-an. Ada banyak perdebatan mengenai asal negara diciptakannya french fries. Ada banyak negara yang mengklaim french fries sebagai makanan khas negara mereka mulai dari Belgia, Perancis, Inggris, hingga Amerika. Sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan negara asal si renyah garing yang satu ini. Kentang goreng yang kita kenal di Indonesia biasanya hanya disajikan dengan cocolan saus tomat dan saus sambal begitu saja. Tapi bagaimana dengan di negara lain? Buat kamu yang penasaran ingin tahu, simak tujuh jenis kentang goreng atau french fries dari berbagai negara di bawah ini:



1. Poutine



Sumber: niebuhrfever.com


Poutine merupakan makanan khas asal Quebec, Kanada yang terbuat dari bahan utama kentang goreng yang disajikan dengan taburan keju dan saus gravy sehingga rasanya sangat gurih dan creamy. Keju yang biasa digunakan adalah keju segar yang memiliki tekstur lunak namun tak mudah meleleh. Konon katanya, poutine ini sudah ada sejak tahun 1950-an lho.



2. Gyros



Sumber: sail-ingreence.com


Gyros merupakan makanan khas Yunani yang mirip sekali dengan kebab dari segi penampilannya. Namun gyros dan kebab merupakan dua makanan yang memiliki rasa yang berbeda. Gyros terbuat dari roti bundar pipih yang diisi dengan daging kambing, kentang goreng, sayuran segar, dan bawang bombay tumis lalu digulung bentuk kerucut. Gyros biasa disantap bersama dengan mayonaise dan saus tomat.



3. Patatje Oorlog



Sumber: eatyourword.com


Sekilas tak ada yang istimewa dari kentang goreng ala Belanda ini, tapi saat kamu sudah mencobanya, kamu pasti akan terkejut dengan rasanya karena kentang goreng ini dinikmati dengan cocolan sambal kacang dan bawang bombay cincang. Patatje oorlog ini bisa dengan mudah kamu jumpai di beberapa penjual street food di Belanda.



4. Salchipapas



Sumber: tarasmulticulturaltable.com


Salchipapas merupakan street food asal Peru yang terkenal hingga Amerika Latin. Salchipapas menggabungkan kentang goreng dengan potongan sosis goreng yang ditambah dengan parsley dan siraman mustard, mayonaise, dan saus tomat. Salchipapas juga sering disajikan dengan saus salsa untuk pecinta pedas.  



5. Frites



Sumber: keyword-suggestions.com


Belgia merupakan negara yang paling gigih mengakui kalau french fries berasal dari negara mereka. Pasalnya sejarawan Belgia yang bernama Jo Gerard menyatakan kalau french fries sudah ada di Belgia sejak tahun 1680-an. French fries asal Belgia ini terasa lebih gurih karena dimasak dengan double fried dan diasinkan. Cocolan sausnya juga lebih beraneka ragam. Kamu bahkan bisa menemukan lebih dari sepuluh macam saus cocolan di gerai penjual frites.  



6. Kartofi Sus Sirene



Sumber: afar.com


Kartofi sus sirene yang berasal dari Bulgaria ini justru sangat populer di Ukraina. Tak seperti kentang goreng kebanyakan yang langsung menggoreng kentang dalam minyak panas, kartofi sus sirene ini justru merebus kentangnya terlebih dahulu baru digoreng hingga garing. Kartofi sus sirene disajikan bersama dengan taburan keju sirene dan mentega sehingga rasanya lebih asin dan gurih.



7. Fish and Chips



Sumber: seriouseats.com


Kalau makanan yang satu ini pastinya kamu sudah tahu bukan. Fish and chips merupakan makanan khas Inggris yang masuk dalam golongan street food karena lebih banyak dijual di pinggir jalan. Sesuai dengan namanya, fish and chips terdiri dari kentang goreng yang dipadu dengan ikan. Sebelum disantap, fish and chips dikucuri air jeruk lemon terlebih dahulu.


Pappetat

Foto Pappetat
Foto Pappetat

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Ninety-Nine

Foto Ninety-Nine

Kopium Artisan Coffee

Foto Kopium Artisan Coffee
Foto Kopium Artisan Coffee

FATBURGER

Foto FATBURGER

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?