Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jenis Sushi yang Wajib Diketahui Si Pecinta Sushi

List Artikel
13 Juli 2019 | 0 Komentar
Siapa sih yang tidak tahu sushi? Makanan khas Jepang yang satu ini memang populer sekali di berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Selain lezat, sushi juga bisa disantap kapan saja sebagai menu makan siang maupun malam. Sayangnya, meski makanan ini sudah sangat populer di negara kita tapi belum banyak yang tahu kalau sushi ada beragam jenisnya. Bahkan di Jepang sendiri ada lebih dari 50 sebutan untuk sushi. Dan, berikut ini ada beberapa jenis sushi yang sudah populer. Yuk baca selengkapnya agar tidak salah pesan!

1. Norimaki


Sumber : Pergikuliner.com

Untuk jenis sushi satu ini memang sangat populer di Indonesia. Norimaki adalah jenis sushi gulung yang terbuat dari nasi cuka yang diletakkan di atas rumput laut, lalu di atasnya diberi aneka isian seperti mentimun, salmon, tuna, atau gurita. Kemudian digulung menggunakan makisu atau alat penggulung sushi dari bambu. Norimaki sendiri masih terbagi menjadi beraneka macam berdasarkan ketebalannya, seperti hosomaki (tipis), chumaki (sedang), dan futomaki (tebal).

2. Gunkan


Sumber : Pergikuliner.com

Gunkan adalah jenis sushi yang diletakkan pada nori yang dibentuk seperti mangkuk. Biasanya berisi telur ikan ataupun aneka makanan laut. Tidak lupa, gunkan juga dibungkus dengan kertas nori dan irisan mentimun segar. Gunkan sendiri memiliki arti nama “kapal perang”. Sushi ini diberi nama gunkan karena bentuknya yang mirip dengan kapal.

3. Uramaki


Sumber : Pergikuliner.com

Uramaki adalah jenis sushi inovasi dari Amerika Serikat dimana letak pembungkus nori dan nasi biasanya ditukar. Kertas nori yang berada di dalam dan nasi berada di luar yang berfungsi sebagai pembungkus sushi. Sedangkan, sayur dan aneka isiannya terletak di dalam gulungan maupun di luar gulungan atau menempel dengan nasi.

4. Nigiri


Sumber : Pergikuliner.com

Nigiri merupakan salah satu jenis sushi yang paling favorit dan sering dijumpai. Sushi ini terdiri dari nasi yang dibentuk dan neta yang berupa tuna, salmon udang, cumi-cumi, belut, gurita, maupun telur yang kemudian diletakkan di atas nasinya. Pada saat menikmati sushi ini biasanya ditambahkan soyu ataupun wasabi agar semakin nikmat.

5. Inarizushi


Sumber : Rotinrice.com

Inarizushi adalah sushi yang bentuknya cukup unik dari jenis sushi yang lain. Pasalnya, nasi dimasukkan ke dalam aburage atau tahu goreng yang sebelumnya sudah dimasak bersama soyu dan gula. Cita rasanya sudah pasti manis, gurih dan juga lezat. Tak ketinggalan, inarizushi biasanya diberi isian alpukat, salmon, atau gurita sebagai pelengkapnya.

6. Oshizushi


Sumber : Japancentre.com

Oshizushi adalah sushi yang dibentuk persegi dengan menggunakan cetakan kayu yang disebut dengan oshibako agar nasi tersebut menjadi padat dan mudah dipotong-potong. Seperti jenis sushi lainnya, neta atau lauk sushi yang berupa makanan laut diletakkan di atas nasinya. Oshizushi juga ada yang dibungkus dengan daun bambu lalu ditekan-tekan agar terlihat padat.

7. Temaki


Sumber : Seriouseats.com

Terakhir, ada temaki yang merupakan jenis sushi yang bentuknya kerucut. Bagian luarnya adalah nori yang diisi dengan nasi, sayuran, dan aneka makanan laut di dialamnya. Temaki memiliki makna yang berarti “digulung dengan tangan” atau “sushi yang digulung menyerupai kerucut”. Jika diamati makanan khas Jepang ini memang mirip seperti crepes.

Nah, itu dia ketujuh jenis sushi yang wajib kamu tahu. Jangan sampai salah pesan lagi lho ya! Nah jika kamu sudah lapar dan ingin segera menikmati kuliner satu ini, kamu bisa langsung datangi saja ya salah satu restoran sushi di bawah ini!

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Kintaro Sushi

Foto Kintaro Sushi
Foto Kintaro Sushi
Foto Kintaro Sushi

Okinawa Sushi

Foto Okinawa Sushi
Foto Okinawa Sushi
Foto Okinawa Sushi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?