Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kue Bolu Tradisional Khas Indonesia yang Perlu Kamu Tahu!

List Artikel
16 Januari 2020 | 0 Komentar

Bolu merupakan salah satu jenis cake atau kue yang aslinya ini dari Barat. Meski berasal dari barat, tapi ternyata Indonesia juga punya kue bolu tradisional yang punya ciri khas serta cita rasa yang unik. Kue bolu dari barat kebanyakan menggunakan krim untuk menghiasnya, tapi tidak dengan kue bolu tradisional Indonesia yang kebanyakan hanya disajikan begitu saja alias tanpa tambahan topping apapun. Meski demikian, cita rasa dari kue bolu tradisional Indonesia ini tak kalah enak lho dari kue bolu barat. Ada beberapa jenis kue bolu tradisional yang berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Bagaimana jika kamu langsung lihat apa saja jenis-jenisnya!

 

1. Bolu Kemojo dari Riau



Sumber : Steemitimages.com


Kue bolu tradisional yang pertama adalah bolu kemojo yang berasal dari Riau. Kue bolu kemojo ini memiliki warna khas hijau dengan bentuk bunga yang terlihat sangat cantik dan unik. Dinamakan bolu kemojo karena memang bentuknya mirip dengan bunga kemojo (kamboja). Berhubung ada campuran santan di dalamnya, maka bolu kemojo ini punya campuran rasa gurih di dalamnya. Bolu kemojo sering disajikan saat perayaan hari besar seperti lebaran atau pernikahan.

 

2. Bolu Klemben dari Banyuwangi



Sumber : Idntimes.com


Berikutnya ada bolu klemben yang aslinya berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Bolu Klemben ini merupakan bolu yang teksturnya agak keras di bagian luar tapi lembut di bagian dalam. Hal ini dikarenakan bolu klemben dipanggang dalam jangka waktu yang lama. Ukurannya kecil dengan bentuk yang menyerupai cangkang kerang. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional atau toko oleh-oleh.

 

3. Bolu Peca dari Sulawesi Selatan



Sumber : Tokomesin.com


Berikutnya ada bolu peca yang berasal dari Sulawesi Selatan. Tekstur kue bolu ini memang terlihat agak bantet seperti kue bolu tidak jadi. Tapi sebenarnya kue bolu peca ini memang teksturnya seperti itu. Bolu peca memiliki warna cokelat karena dibuat dari campuran gula merah, telur, tepung, gula pasir dan baking soda. Kue peca bisa dimakan begitu saja atau disiram dengan kuah gula merah.

 

4. Bolu Bhoi dari Aceh



Sumber : Travelingyuk.com


Jika melihat tampilannya, kamu pasti akan menyamakan kue bolu bhoi dengan bolu klemben. Keduanya ini memang sekilas mirip, hanya saja bolu bhoi berasal dari Aceh. Bolu bhoi punya bentuk yang lebih bervariasi, yakni ada bentuk ikan, bintang, dan lain sebagainya. Bagian luarnya sangat kering sedangkan bagian dalamnya lembut. Biasanya masyarakat Aceh menyantap bolu bhoi dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat.

 

5. Bolu Suri dari Palembang



Sumber : Cookpad.com


Kalau melihat bolu suri ini pasti kamu akan teringat akan bika ambon yang berasal dari Medan. Bolu suri yang aslinya dari Palembang ini memang bentuk dan teksturnya mirip bika ambon karena bertekstur seperti rongga-rongga pada bagian dalamnya. Hanya saja warnanya jauh lebih pucat dibanding bika ambon. Pembuatannya sama saja dengan kue bolu kebanyakan. Hanya saja kamu harus memanggangnya dengan suhu yang berbeda per 20 menitnya.  

 

6. Bolu Koja dari Garut



Sumber : Resepkoki.id


Ada lagi kue bolu berwarna hijau selain bolu kemojo yakni bolu koja. Bolu koja ini asalnya masih dipertanyakan. Ada yang mengatakan kalau bolu koja berasal dari daerah Garut dan ada juga yang mengatakan berasal dari Bengkulu, tapi ada juga yang mengatakan dari Palembang. Bolu koja ini dibuat dari campuran santan, tepung terigu, gula merah, mentega dan telur. Untuk menambah warna hijaunya ini ditambahkan daun pandan dan daun suji.

 

7. Bolu Macan dari Bangka Belitung



Sumber : Idntimes.com


Terakhir ada bolu macan yang asalnya dari Bangka Belitung. Tampilannya ini memang mirip dengan bolu marmer. Hanya saja jika kamu perhatikan corak lorengnya ini lebih rapi dan tidak berantakan seperti bolu marmer. Biasanya bolu macan dibuat dengan loyang berukuran 20 cm atau 22 cm. Untuk cara pembuatannya sama saja dengan kue bolu kebanyakan yakni dipanggang. Kamu bisa dengan mudah menjumpai bolu macan di pusat oleh-oleh Bangka Belitung.

 

Itulah beberapa jenis kue bolu tradisional khas Indonesia yang bisa kamu nikmati. Dari ketujuhnya, mana yang lebih ingin kamu coba? Jika ingin melahap kue-kue manis tersebut, kamu bisa melipir ke salah satu toko kue di bawah ini ya!

Cakekinian

Foto Cakekinian
Foto Cakekinian
Foto Cakekinian

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Sollie Cafe & Cakery

Foto Sollie Cafe & Cakery
Foto Sollie Cafe & Cakery

Cakeart

Foto Cakeart
Foto Cakeart

Libby Brownies

Foto Libby Brownies
Foto Libby Brownies
Foto Libby Brownies

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?