Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kue dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Gurih dan Bikin Nagih

List Artikel
19 Oktober 2020 | 0 Komentar

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh subur sepanjang tahun. Maka tak heran jika ada banyak makanan ataupun kue khas Indonesia yang menggunakan bahan dasar kelapa. Selain dijadikan santan untuk bahan makanan atau minuman, daging kelapa yang diparut juga sering ditambahkan dalam beberapa kue khas Indonesia. Penambahan kelapa parut dalam kue ini bisa membuat rasa menjadi lebih gurih tanpa harus ditambah bahan penyedap lainnya. Ingin tahu ada kue khas Indonesia apa saja yang menggunakan kelapa parut? Yuk simak listnya!


1. Kue Pancong



Sumber : Pinterest.com


Kue pancong merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan pastinya kelapa parut kasar. Kue ini dicetak dalam sebuah cetakan berbentuk setengah lingkaran lalu dibakar di atas api hingga matang. Kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah rasa manis.  


2. Kue Rangi



Sumber : Indonesianculinary.tumblr.com


Tak hanya kue pancong, kue rangi khas Betawi ini juga menggunakan kelapa parut dalam adonannya. Kue ini dinamakan kue rangi karena aromanya yang wangi saat dibakar. Kue rangi terbuat dari adonan tepung sagu yang dicampur dengan kelapa parut kasar lalu disajikan dengan gula merah yang direbus bersama dengan nangka dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu.


3. Geplak



Sumber : Pergikuliner.com


Geplak merupakan kue khas Yogyakarta yang terbuat dari bahan utama kelapa parut, tepung beras, dan gula pasir atau gula Jawa. Kue ini biasanya memiliki tiga warna yakni merah muda, hijau, dan putih. Warnanya yang beraneka ragam serta rasanya yang manis gurih membuatnya menjadi kue oleh-oleh favorit para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. 


4. Gemblong



Sumber : Rasalapar.com


Kue yang satu ini termasuk dalam deretan jajanan pasar favorit. Gemblong terbuat dari tepung beras ketan putih, santan, margarin, dan kelapa parut setengah tua. Adonan gemblong diuleni hingga kalis lalu dibentuk seperti bola kemudian digoreng lalu dilapisi dengan gula merah atau gula aren yang sudah dilarutkan. Teksturnya keras di luar tapi sangat lembut di bagian dalam.


5. Wingko Babat



Sumber : Bellnad.blogspot.com


Kue khas Lamongan ini terbuat dari kelapa parut, tepung beras ketan, dan gula pasir. Setelah semua adonan dicampur rata, wingko babat dibentuk bulat pipih lalu dipanggang atau dibakar hingga matang. Kelapa parut yang digunakan untuk wingko haruslah kelapa muda agar tekstur wingko babat tetap empuk meski sudah dingin.


6. Kue Sagon



Sumber : Menuresepkue.com


Kue sagon merupakan kue khas Lebaran yang terbuat dari tepung beras ketan, campuran kelapa parut tua, margarin, gula pasir, dan vanili. Kue sagon memiliki rasa yang manis dan gurih. Meski dari luar teksturnya terlihat padat dan keras, namun saat digigit teksturnya sangat lembut. Kue ini sangat menggoda saat baru matang karena aromanya yang sangat wangi.


7. Kue Putu



Sumber : Resepkoki.co


Kue putu dikenal dengan cara pembuatannya yang sangat unik yakni dikukus dalam wadah bambu sehingga mengeluarkan bunyi seperti peluit. Kue putu terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan garam. Campur semua bahan lalu tuang setengahnya dalam cetakan bambu kemudian isi dengan gula merah, tutup dengan sisa adonan lalu kukus hingga matang. Setelah matang, kue putu dihidangkan dengan kelapa parut. Kue putu terdiri dari dua warna, yakni putih yang tidak menggunakan pewarna apapun dan hijau yang diberi pewarna alami daun suji.


Itu dia tujuh kue dari kelapa parut khas Indonesia yang gurih dan bikin nagih. Dari ketujuh kue di atas, kamu suka yang mana nih? Kalau teman kuliner ingin mencari aneka kue tradisional khas Indonesia buat cemilan atau buat acara, bisa mampir ke tempat-tempat ini!

AJ Bakery & Cake

Foto AJ Bakery & Cake
Foto AJ Bakery & Cake
Foto AJ Bakery & Cake

Home Made Bakery

Foto Home Made Bakery
Foto Home Made Bakery
Foto Home Made Bakery

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Iwai Bakery

Foto Iwai Bakery
Foto Iwai Bakery
Foto Iwai Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?