Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kue dari Tepung Ketan yang Legitnya Bikin Nagih

List Artikel
6 Januari 2017 | 0 Komentar

Indonesia memang kaya akan kue-kue tradisionalnya. Dari Sabang hingga Merauke, tak terhitung berapa jumlah kue-kue tradisional khas suatu daerahnya karena masing-masing daerah punya kue tradisional dengan citarasa yang berbeda-beda. Dari sekian banyak kue-kue tradisional yang ada di Indonesia, kue yang menggunakan tepung ketan paling banyak dijumpai. Tepung ketan terdiri dari dua jenis, yakni tepung ketan hitam dan tepung ketan putih. Masing-masing tidak memiliki perbedaan dari segi rasa, hanya warnanya saja yang berbeda. Kue yang terbuat dari tepung ketan biasanya memiliki tekstur yang legit dan kenyal. Ingin tahu lebih lanjut kue tradisional apa saja yang terbuat dari tepung ketan? Kita lihat list di bawah ini!

 

1. Kue Mendut



Sumber: sajiansedap.com

Kue mendut merupakan kue khas Jawa yang biasa disajikan saat ada acara-acara khusus. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan santan kelapa yang dibentuk bulat-bulat kemudian diisi dengan kelapa parut yang sudah dicampur dengan gula merah sisir, garam, dan vanili baru kemudian dikukus hingga matang di atas mangkok yang terbuat dari daun pisang. Setelah matang, kue mendut disiram dengan saus santan yang terbuat dari santan kelapa yang didihkan bersama dengan garam, daun pandan, gula pasir, serta sedikit tepung hunkwe agar lebih kental.

 

2. Kue Lapek Bugis



Sumber: cookingwithlove.com

Lapek bugis adalah kue tradisional yang berasal dari Sumatera Barat. Kue ini terdiri dari dua jenis, yakni kue lapek bugis hitam yang terbuat dari tepung ketan hitam dan lapek bugis putih yang terbuat dari tepung ketan putih. Tepung ketan dicampur dengan gula pasir, santan, dan garam hingga rata kemudian diisi dengan kelapa parut yang diberi gula, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Kue lapek bugis disajikan bersama dengan kuah santan kelapa cair.

 

3. Onde-onde



Sumber: wahyusiswaningrum.blogspot.co.id

Kamu pasti sudah tahu kue tradisional yang satu ini. Onde-onde merupakan kue tradisional yang berasal dari Mojokerto. Onde-onde terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan tepung kanji, air, gula pasir, dan garam. Setelah adonan tercampur rata, onde-onde dibentul bulat lalu diisi dengan kacang hijau kukus yang dihaluskan dan diberi gula pasir. Sebelum digoreng, onde-onde dibalut dengan biji wijen terlebih dahulu. Banyak yang mengatakan kalau tekstur onde-onde ini mirip dengan kue mochi.

 

4. Klepon



Sumber: selerasa.com


Klepon menjadi kue tradisional yang biasanya dijual bersama dengan kue putu. Klepon terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan tepung beras, garam, serta pewarna makanan hijau yang kemudian diisi dengan gula merah yang sudah disisir halus. Setelah matang dikukus, klepon dibaluri dengan kelapa parut kasar sebelum disajikan. Klepon lebih enak disantap saat masih hangat karena saat digigit, ada lelehan gula merah di dalamnya.

 

5. Biji Salak



Sumber: kulineri.com

Kue yang satu ini memang sangat identik dengan bulan Ramadhan karena paling banyak dijumpai saat bulan Ramadhan. Biji salak terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air, gula merah cair, dan garam. Adonan yang sudah tercampur rata kemudian dibentuk bulat-bulat lalu direbus hingga matang. Biji salak biasanya disajikan dalam kolak bersama dengan kuah santan dan gula merah. Selain dijadikan kolak, biji salak juga bisa dijadikan pendamping bubur sumsum.

 

6. Kue Parape



Sumber: hesti-myworkofart.blogspot.co.id


Kue parape atau yang lebih dikenal dengan nama kue pare ini merupakan kue tradisional yang berasal dari Banjarmasin atau Palembang. Dijuluki kue pare karena bentuk dan warnanya yang mirip dengan sayuran pare. Kue parape terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air kapur sirih, garam, santan kental, dan air daun suji untuk pewarna alami. Pada bagian dalam kue parape berisi kelapa parut yang sudah dikukus bersama dengan gula merah dan garam.

 

7. Gemblong



Sumber: resepmasakansiemak.com


Gemblong merupakan kue tradisional khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut halus yang diuleni hingga kalis. Setelah adonan dicampur rata, gemblong dibentuk lonjong lalu digoreng dan setelah dingin dilapisi dengan larutan gula merah. Gemblong memiliki tekstur agak keras di luar tapi lembut di dalam. 

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

AJ Bakery & Cake

Foto AJ Bakery & Cake
Foto AJ Bakery & Cake
Foto AJ Bakery & Cake

Toko Kue Vivi

Foto Toko Kue Vivi

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?