Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kue Khas Padang yang Tak Kalah Enak dari Masakan Padang

List Artikel
11 April 2017 | 0 Komentar

Apa yang terkenal dari Padang? Pasti yang masakan Padangnya seperti dendeng balado, rendang, sate Padang, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu kalau daerah yang ada Sumatera Barat ini juga punya aneka kue tradisional khas Padang yang tak kalah enaknya dari masakan Padang. Tak seperti masakan Padang yang terkenal akan cita rasa pedasnya, kue khas Padang ini justru memiliki citarasa manis yang berbeda dan pastinya bisa bikin kamu ketagihan saking enaknya. Jadi ingin tahu kue khas Padang apa saja yang bisa kamu icip? Mari kita lihat daftarnya di bawah ini!

 

1. Ampiang Dadiah



Sumber: indonesiakaya.com


Kue khas Padang yang satu ini memang sekilas mirip dengan bubur sumsum, tapi cita rasa ampiang dadiah ini sangat berbeda loh. Ampiang dadiah terbuat dari ampiang yakni beras ketan dan dadiah yang merupakan susu kerbau yang difermentasikan dalam sebuah bambu selama beberapa hari. Banyak yang mengatakan kalau dadiah ini adalah kejunya Padang. Ampiang dan dadiah disajikan bersama dengan gula merah cair dan taburan kelapa parut.

 

2. Lamang Tapai



Sumber: warnanusantara.com


Lamang tapai menjadi kue khas Padang yang selalu muncul saat bulan puasa serta acara-acara besar lainnya. Sesuai dengan namanya, kue ini terdiri dari lamang dan tapai. Lamang merupakan ketan yang diberi santan lalu dimasukkan dalam bambu muda dan dipanggang. Setelah matang, lamang dikeluarkan dari bambu dan dipotong-potong lalu disajikan dengan tapai ketan yang sudah difermentasikan. Ada tiga jenis lamang tapai, yakni lamang tapai original, lamang tapai pisang, dan lamang tapai baluo yang diberi kelapa parut dan gula merah.

 

3. Galamai



Sumber: imci.com


Galamai adalah dodol khas Padang yang terbuat dari bahan tepung beras ketan yang dicampur dengan gula merah dan santan. Kue yang satu ini membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasaknya. Tapi saat sudah matang, cita rasa manis dan legit yang terasa bikin kamu ingin nyemil terus. Galamai menjadi kue wajib saat ada acara pernikahan di Sumatera Barat.

 

4. Pinyaram



Sumber: oatmeal.perutgendut.com


Pinyaram menjadi kue manis khas Padang yang dimasak dengan cara digoreng. Pinyaram dibuat dari bahan baku tepung beras yang dicampur dengan gula merah cair atau gula pasir lalu digoreng hingga matang. Pinyaram memiliki dua warna, cokelat dan putih. Pinyaram cokelat menggunakan campuran gula merah, sementara pinyaram berwarna putih menggunakan gula pasir.

 

5. Kue Sapik



Sumber: wikimedia.org


Kue sapik berbentuk segitiga pipih ini sering disebut sebagai kue semprong lipat khas Padang. Kue ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, santan, telur, dan bubuk kayu manis. Adonan yang sudah tercampur rata kemudian dicetak dalam cetakan khusus lalu dipanggang. Setelah matang, saat masih panas, kue sapik harus langsung dilipat-lipat. Selain rasa original, kue sapik ada yang bercita rasa agak pedas karena ditambahkan sedikit cabai.

 

6. Kue Basung



Sumber: laskarkuliner.com


Kue basung memiliki bentuk yang sangat unik, yakni berbentuk kerucut. Kue yang bertekstur legit dan bercita rasa manis ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula merah, garam, dan air. Cara membuatnya cukup mudah. Semua adonan dicampur menjadi satu lalu dimasukkan ke dalam corong yang terbuat dari daun pisang dan dikukus hingga matang. Mudah bukan?

 

7. Sala Lauak



Sumber: saribundo.com


Tak seperti keenam kue khas Padang di atas, sala lauak ini bercita rasa gurih. Sala lauak terbuat dari ikan teri kering, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan cabai yang dihaluskan lalu dicampur dengan tepung beras, garam, dan air. Adonan kemudian dibentuk bulat-bulat kecil dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Selain cocok dijadikan sebagai camilan, sala lauak juga sering ditambahkan pada lontong sayur Padang. 


Nah sudah tahu kan apa saja kue khas Padang? Memang sedikit sulit mencari kue khas Padang di Jakarta, tapi jangan khawatir karena PergiKuliner sudah menyiapkan rekomendasi toko kue enak yang bisa kamu datengin. Selain itu kamu juga bisa memesan kue-kue di bawah ini untuk perayaan besar lho.

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Toko Kue Vivi

Foto Toko Kue Vivi

RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Mau tau dimana saja lokasi toko kue enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?