Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kue Manis Khas Jawa Barat yang Patut Kamu Coba

List Artikel
23 Februari 2018 | 1 Komentar

Apa yang terbayang di kepala kamu saat mendengar nama jajanan khas Jawa Barat? Pastinya ada cilok, cimol, cireng, hingga seblak yang memiliki rasa pedas. Tapi buat kamu yang tidak bisa makan makanan pedas atau lebih suka dengan makanan yang rasanya manis, kamu harus mencoba kue-kue manis khas Jawa Barat yang sangat tradisional sekali dan bikin kamu tak akan lupa dengan cita rasanya yang khas. Kebanyakan kue manis khas Jawa Barat memiliki campuran gula merah di dalamnya sehingga tekstur kue jadi lebih legit. Kalau kamu belum mengenal kue-kue manis khas Jawa Barat, bagaimana kalau kali ini kamu kenalan dulu supaya saat datang berwisata ke salah satu kawasan di Jawa Barat, kamu bisa mencicip kue manis tradisionalnya. Yuk, kenalan dulu!  

 

1. Surabi



Sumber : pergikuliner.com


Berbicara tentang kue manis khas Jawa Barat pasti tak akan lepas dari yang namanya surabi. Surabi yang dimaksud adalah surabi Bandung tentunya. Surabi Bandung memiliki bentuk yang mirip dengan pancake, yakni bulat ceper. Cara memasaknya di bakar di atas tungku sehingga aromanya jadi sangat wangi. Meski aslinya surabi Bandung menggunakan topping oncom di atasnya, tapi sekarang surabi Bandung sudah banyak yang memiliki campuran topping keju, fla, cokelat meises, hingga buah-buahan.

 

2. Colenak



Sumber : pergikuliner.com


Colenak merupakan singkatan dari "dicocol makin enak". Kue khas Jawa Barat ini sudah ada sejak tahun 1930-an. Colenak terbuat dari peyeum alias tape yang dibakar di atas arang hingga agak kecoklatan lalu disajikan dengan cara dipenyet dan diberi gula merah cair dan kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Berhubung kue ini sudah mengalami modernisasi, kamu bisa menemukan colenak yang ditambahkan dengan parutan keju dan meises di atasnya.

 

3. Bandros



Sumber : sportourism.id


Kue khas Jawa Barat yang satu ini memang sekilas bentuknya mirip dengan kue pukis dan kue rangi karena berbentuk setengah lingkaran. Padahal  rasa kue ini sangat berbeda dari keduanya. Meski dibuat dari cetakan yang sama, bandros memiliki citarasa manis gurih karena terbuat dari campuran tepung terigu yang dicampur dengan santan kelapa, dan garam lalu dimasak dalam cetakan. Saat sudah matang, bandros disajikan dengan taburan gula pasir atau cokelat meises.

 

4. Kue Balok



Sumber : pergikuliner.com


Kue balok merupakan jajanan khas Bandung yang sudah ada sejak tahun 1960-an. Kue bercita rasa manis ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan susu dan gula pasir lalu dipanggang di atas cetakan berbentuk balok sehingga dinamakan kue balok. Kue manis ini banyak ditemukan di pinggir jalan karena termasuk dalam jajanan kaki lima. Kue balok ada yang dijual polos alias tanpa topping dan dengan topping meises.

 

5. Wajit Cicilin



Sumber : hotelgeulisbandung.com


Kue manis yang satu ini bisa kamu temukan di toko oleh-oleh yanga da di tempat wisata Jawa Barat karena sering dijadikan sebagai buah tangan untuk orang terdekat. Bentuknya memang sangat unik karena berbentuk seperti limas. Wajir cicilin terbuat dari campuran beras ketan, gula merah, dan kelapa parut yang kemudian dimasak lalu dibungkus dengan kulit jagung yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

 

6. Misro



Sumber : pergikuliner.com


Misro merupakan kue bercita rasa manis yang terbuat dari campuran singkong parut yang dicampur dengan kelapa parut lalu diisi dengan gula merah. Pada saat digoreng, gula merah yang ada di dalamnya akan meleleh sehingga ketika kamu menyantapnya panas-panas maka akan memberikan sensasi tekstur yang berbeda. Nama misro memiliki arti yang dalam bahasa Sunda berarti kepanjangan "amis di jerone" alias manis di dalam.

 

7. Piscok



Sumber : pergikuliner.com


Terakhir ada piscok yang juga berasal dari Jawa Barat. Kue manis yang satu ini memang banyak disukai karena teksturnya yang garing dan renyah dan lembut serta manis di dalam. Piscok merupakan kepanjangan dari pisang cokelat karena kue ini terbuat dari kulit risol yang diisi dengan pisang dan cokelat meises lalu digulung dan digoreng hingga matang. Jenis pisang yang biasa digunakan untuk piscok adalah pisang kepok, raja, dan tanduk.  


Itu dia tujuh kue manis khas Jawa Barat yang  wajib kamu coba. Kalau kamu kepingin makan kue-kue khas Jawa Barat dan khas wilayah lainnya di Indonesia, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan seperti di bawah ini!

Serabi Notosuman

Foto Serabi Notosuman
Foto Serabi Notosuman
Foto Serabi Notosuman

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
sangat membantu sekali resep - resep nya untuk saya praktekkan sendiri di rumah
iftitahwidyawati@yahoo.co.id | 26 Oct 2018 pk. 04:03 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?