Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Berbahan Dasar Tauge yang Bagus Untuk Meningkatkan Kesuburan

List Artikel
3 November 2018 | 0 Komentar

Tauge merupakan salah satu sayuran berasal dari tanaman kacang hijau. Tauge memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bisa mendukung kesehatan reproduksi. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh berbagai penelitian kalau kandungan dalam tauge bisa membuat aktivitas hormon estrogen meningkat sehingga tauge sangat bagus dikonsumsi oleh laki-laki maupun perempuan yang ingin segera memiliki keturunan. Sebenarnya tauge bisa disantap begitu saja, tapi ada aroma langu yang khas sehingga kadang mengganggu bagi sebagian orang. Oleh karena itu lebih baik kamu menyantapnya dengan cara diolah menjadi beberapa hidangan seperti di bawah ini!

 

1. Tauge Goreng


Sumber : Id.tastemade.com


Pertama ada tauge goreng yang berasal dari daerah Bogor. Tauge goreng merupakan kuliner yang menggunakan bahan baku tauge yang ditumis setengah matang lalu ditambahkan irisan tahu, lontong, dan mie kuning yang kemudian disiram dengan kuah kenyal gurih yang dibuat dengan campuran oncom. Tauge goreng lebih banyak dijumpai di pedagang gerobak kaki lima.

 

2. Soto Kudus



Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner selanjutnya yang memiliki campuran tauge di dalamnya adalah soto Kudus. Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah. Soto Kudus sekilas memang mirip dengan soto Lamongan, namun bedanya soto Kudus hanya memiliki isian suwiran daging ayam dan tauge. Soto Kudus selalu dihidangkan dalam mangkuk yang ukurannya lebih kecil dibanding dengan mangkuk yang digunakan untuk soto pada umumnya.

 

3. Ketoprak


Sumber : Pergikuliner.com


Suka kuliner dengan cita rasa creamy? Kamu bisa menyantap ketoprak yang di dalamnya terdapat campuran tauge, bihun, dan tahu goreng yang disiram dengan saus kacang kental dan kecap manis. Makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di pedagang gerobak keliling karena ketoprak memang termasuk dalam jenis kuliner kaki lima yang dijual dengan harga yang murah.

 

4. Tumis Tauge Ikan Asin



Sumber : Haniyakitchen.com


Tauge merupakan sayuran yang bisa diolah menjadi kuliner apa saja, baik itu digoreng, direbus, hingga ditumis untuk dijadikan tumis tauge ikan asin. Kuliner ini menggunakan campuran tauge dan ikan asin yang ditumis menjadi satu dengan tambahan bumbu bawang merah, bawang putih, irisan cabai, garam, merica, dan rempah lainnya. Tumis tauge ikan asin sangat sering dijumpai sebagai pilihan lauk di warteg.

 

5. Lontong Balap


Sumber : Travellingyuk.com


Selanjutnya ada lontong balap khas Surabaya, Jawa Timur yang menjadikan tauge sebagai bahan bakunya. Selain tauge, ada tahu goreng, lentho, dan lontong yang ada dalam satu porsi lontong balap. Selain itu ada tambahan bawang goreng, sambal, dan kecap yang melengkapi kuliner ini. Lontong balap memang memiliki porsi yang cukup banyak sehingga bisa disantap berdua.

 

6. Pecel


Sumber : Pergikuliner.com


Pecel merupakan kuliner asal Jawa Timur yang sering dijuluki sebagai salad khas Jawa. Pecel terbuat dari campuran aneka sayur-sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang, kol, daun singkong, dan masih banyak lagi. Semua sayur-sayuran yang sudah direbus tersebut kemudian disiram dengan saus kacang yang sudah diberi bumbu kencur, bawang putih, dan aneka bumbu lainnya. Pecel bisa disantap begitu saja atau dimakan bersama dengan nasi putih.

 

7. Lumpia Basah Bandung


Sumber : Stefannydiaries.blogspot.com


Selama ini kita berpikir bahwa lumpia basah hanya berasal dari kota Semarang saja, tapi ternyata kota Bandung juga punya lumpia basah lho. Jika lumpia basah ala Semarang memiliki isian rebung, maka lumpia basah Bandung memiliki bahan dasar tauge. Selain tauge, ada campuran telur ayam kampung di dalamnya sehingga lumpia basah Bandung lebih kaya akan protein. Lumpia basah Bandung ini dijual dalam ukuran yang cukup besar sehingga makan satu saja bisa menyenyangkan.


Nah, itu dia beberapa macam kuliner berbahan dasar tauge yang mempunyai manfaat dapat meningkatkan kesuburan. Jika kamu ingin menyantap aneka kuliner yang berbahan dasar tauge seperti di atas tadi, kamu bisa mencobanya di salah satu tempat makan ini ya!

Pecel Pincuk Ibu Ida

Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara

Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Foto Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?