Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Berkuah Kuning khas Indonesia yang Sedapnya Tiada Tara

List Artikel
5 Maret 2024 | 0 Komentar

Kuliner tradisional sangat beragam jenisnya karena setiap daerah di Indonesia selalu punya ragam jenis kulinernya masing-masing. Salah satu ciri khas kuliner Indonesia adalah penggunaan beragam bumbu rempah yang menghadirkan kombinasi cita rasa dan tampilan warna yang unik. Misalnya saja seperti kuliner bumbu balado yang khas dengan tampilan warna merahnya. Nah, selain hidangan berwarna merah, ada pula hidangan berkuah dengan warna kuning yang mencolok. Warna kuning ini umumnya dihasilkan dari campuran rempah kunyit. Pewarna alami kuning ini tidak hanya membuat tampilan kuliner bisa menjadi lebih cantik, tapi juga bisa memberi manfaat kesehatan bagi tubuh karena kunyit mengandung kandungan anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti peradangan. Dari sekian banyak kuliner tradisional, ada tujuh kuliner berkuah kuning khas Indonesia yang terkenal akan kelezatannya. Apa saja itu?

 

1. Soto Lamongan


Sumber: pergikuliner.com


Soto Lamongan merupakan salah satu kuliner berkuah kuning khas Indonesia yang berbeda dari soto pada umumnya. Hal ini dikarenakan warna kuah kuningnya yang sangat mencolok. Sesuai dengan namanya, soto Lamongan adalah soto yang berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Soto ini adalah jenis soto ayam yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama irisan kubis, tomat, daun bawang, bihun, potongan telur, dan taburan koya yang menjadi ciri khasnya. Koya adalah serbuk yang dibuat dari kerupuk udang. Dengan adanya tambahan koya, maka rasa dari soto akan menjadi lebih gurih.

 

2. Gule Kambing



Sumber: resepkoki.id


Gule kambing adalah salah satu jenis gulai yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gule atau gulai asal Jawa ini berbeda dari gulai asal Sumatera karena warna gulai Sumatera cenderung lebih gelap dan kecokelatan. Sementara itu, gule kambing yang berasal dari Jawa memiliki warna kekuningan. Bahan dasar gule kambing sudah pasti daging kambing yang dimasak dengan bumbu kuning dan kuah santan. Gule kambing adalah kuliner warung tenda kaki lima dan sering dijadikan sebagai menu makan malam.

 

3. Opor Kuning



Sumber: resepkoki.id


Opor dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai kuliner khas Indonesia yang identik dengan kuliner lebaran karena selalu tersaji saat Hari Raya Idul Fitri. Jenis opor sebenarnya terbagi menjadi dua varian warna, yang berkuah putih dan yang berkuah kuning. Meski dari segi tampilannya berbeda, cita rasanya tetap sama saja. Yang membuat keduanya berbeda hanyalah penggunaan kunyit pada opor kuning, sedangkan opor putih tidak. Opor biasanya terdiri dari daging ayam, telur, tempe atau tahu, dan disajikan dengan taburan bawang goreng untuk menambah rasa dan aroma.

 

4. Mangut Lele



Sumber: cookpad.com/daru_dewi


Selanjutnya ada mangut lele khas Jawa Tengah, tepatnya dari Yogyakarta. Mangut lele dibuat dari bahan dasar lele yang dibumbui dan digoreng terlebih dahulu, baru kemudian ditambahkan ke dalam kuah kuning yang terbuat dari campuran bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemangi, kemiri, cabai rawit, kunyit, dan ketumbar. Ciri khas dari mangut lele adalah rasanya yang cukup pedas karena diberi cabai rawit utuh sehingga cocok buat kamu yang suka menyantap kuliner pedas.

 

5. Gulai Kepala Kakap



Sumber: resepkoki.id


Gulai kepala kakap selalu tersaji di rumah makan Padang. Gulai ini menggunakan kepala ikan kakap sebagai bahan utamanya. Meski hanya menggunakan bagian kepala, satu kepala ikan kakap ini cocok disantap oleh satu orang karena ukuran kepala kakap yang cukup besar. Penggunaan kepala ikan kakap ini juga membuat rasa dari kuah kuningnya menjadi lebih gurih. Ada juga sebagian gulai kepala kakap yang memiliki rasa pedas karena dicampurkan cabai giling. Gulai kepala kakap terasa nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat.

 

6. Empal Gentong



Sumber: pergikuliner.com


Nama empal gentong sangat populer sebagai kuliner khas Cirebon yang sering muncul pada acara pernikahan. Empal gentong dibuat dari bahan dasar daging sapi dan jeroannya lalu direbus bersama dengan aneka bumbu rempah. Sekilas tampilannya mirip dengan gulai, tapi keduanya berbeda karena empal gentong dibuat dari rempah yang berbeda. Ciri khas dari empal gentong adalah cara memasaknya yang menggunakan gentong atau wadah tanah liat sehingga memberikan aroma dan cita rasa yang khas.

 

7. Singgang Ikan



Sumber: finmail.com


Kuliner berkuah kuning khas Indonesia yang terakhir adalah singgang ikan. Kuliner yang konon berasal dari daerah Bintan ini memiliki rasa yang sangat segar sehingga bisa bikin kamu ketagihan. Jenis ikan yang dipilih bisa menggunakan ikan yang memiliki daging tebal seperti ikan tongkol, ikan tenggiri, dan sebagainya. Singgang ikan sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat untuk makan siang.

 

Itulah beberapa kuliner berkuah kuning khas Indonesia yang terkenal akan kelezatannya. Dari ketujuhnya, manakah yang paling sering kamu santap? Buat yang suka kuliner Indonesia, di bawah ini ada beberapa restoran hingga rumah makan yang bisa kamu datangi!

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Foto Soto Ayam Lamongan Cak Har
Foto Soto Ayam Lamongan Cak Har
Foto Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto Betawi Bang Sawit

Foto Soto Betawi Bang Sawit
Foto Soto Betawi Bang Sawit
Foto Soto Betawi Bang Sawit

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Soto Mie Puri H.Darjo

Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo

Lontong Kari Kebon Karet

Foto Lontong Kari Kebon Karet
Foto Lontong Kari Kebon Karet
Foto Lontong Kari Kebon Karet

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?