Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Indonesia yang Sangat Identik dengan Warteg

List Artikel
10 November 2018 | 0 Komentar

Warung Tegal atau yang lebih dikenal dengan nama warteg adalah tempat makan yang sangat identik dengan kuliner serba murah meriah. Sesuai dengan namanya, warteg memang awalnya berasal dari kota Tegal dan dikelola oleh orang asli Tegal. Tapi kenapa warteg justru banyak ditemukan di kota Jakarta dan sekitarnya? Hal ini dikarenakan banyak masyarakat Tegal yang merantau ke Jakarta dan membuka warteg. Warteg bisa sangat disukai bukan hanya karena harganya saja yang murah meriah, tapi juga karena pilihan menunya yang sangat beragam. Jika dihitung, kira-kira ada lebih dari 20 jenis makanan yang tersaji di warteg sehingga kamu nggak akan bosan mengunjungi warteg. Dari banyaknya varian makanan Indonesia, ternyata ada tujuh yang sangat identik dengan warteg lho, simak yuk!


1. Telur Balado


Sumber : Vemale.com


Di urutan pertama ada telur balado yang memiliki cita rasa pedas. Sebelum dilumuri dengan bumbu balado, telur terlebih dahulu direbus hingga matang, lalu dikupas kulitnya baru kemudian diaduk menjadi satu dengan bumbu balado. Biasanya telur balado dipilih karena ayam balado memiliki harga yang lebih mahal sehingga untuk memenuhi kebutuhan protein, dipilihlah telur balado. Meski memiliki rasa yang pedas, telur balado warteg ini juga punya sedikit sentuhan rasa manis karena menggunakan tambahan gula di dalam bumbunya.


2. Tempe Orek


Sumber : Resepkoki.id


Selanjutnya ada tempe orek yang mempunyai cita rasa manis dengan sedikit rasa pedas karena ada campuran kecap, gula merah dan cabai di dalamnya. Tempe orek dibuat dengan menggunakan tempe yang dipotong berbentuk korek api lalu digoreng dan ditumis kembali dengan bumbu rempah khas Indonesia. Nggak diketahui secara pasti dari mana tempe orek ini berasal, tapi pastinya tempe orek merupakan kuliner yang berasal dari Jawa. Selain dinamakan tempe orek, kuliner ini juga sering dinamai kering tempe.


3. Tumis Kangkung


 Sumber : Pergikuliner.com


Untuk pilihan sayurnya, biasanya warteg selalu menyediakan menu tumis kangkung yang sangat pas dicampurkan dengan nasi warteg beserta lauk pauk lainnya. Tumis kangkung sebenarnya sangat mudah dibuat karena hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, garam dan sedikit kecap yang ditumis bersama dengan kangkung. Selain kangkung, ada bayam yang juga bisa dijadikan tumisan lezat dengan bumbu yang nggak jauh berbeda dengan tumis kangkung.


4. Oseng Buncis


Sumber : Londoneats.wordpress.com 


Nggak terlalu suka kangkung dan bayam? Masih ada menu kuliner Indonesia berbahan baku sayuran lainnya yang bisa kamu pilih. Ada oseng buncis yang nggak kalah lezatnya. Oseng buncis biasanya ditambahkan irisan wortel atau jagung muda sehingga tekstur dan cita rasanya jadi lebih bervariasi. Jika ingin lebih pedas, biasanya oseng buncis juga ditambahkan dengan irisan cabai merah.


5. Sambal Goreng Kentang


Sumber : Pergikuliner.com


Berbicara tentang kuliner Indonesia yang sering muncul di warteg, sudah pasti kamu akan menemukan sambal goreng kentang. Sedikit berbeda dengan balado kentang, sambal goreng kentang memiliki warna yang agak kecoklatan atau warna merahnya lebih kalem karena penggunaan cabai pada sambal goreng kentang nggak sebanyak balado. Selain itu, sambal goreng kentang biasanya ditambahkan irisan cabai merah dan juga pete sehingga aroma wanginya jadi sangat khas.


6. Tumis Kerang


Sumber : Style.tribunnews.com


Nggak hanya sayuran saja yang lezat jika ditumis, kerang juga sangat lezat jika ditumis lho. Kerang yang digunakan bisa kerang dara atau kerang hijau. Kerang yang sudah dikupas dan dicuci bersih harus direbus terlebih dahulu dengan rempah-rempah sebelum ditumis dengan bumbu halus. Saat memesan tumis kerang, biasanya akan dibarengi dengan oseng buncis atau tumis kangkung sebagai tambahan sayurannya.


7. Kikil dan Usus Bumbu Kuning


Sumber : Spesialresepmasakan.blogspot.com


Saat makan di warteg, menu yang jarang ditemui adalah ayam dan daging karena harganya yang terbilang cukup mahal sehingga mereka hanya menyajikannya dalam jumlah yang terbatas. Selain kerang, telur dan ikan, warteg juga memiliki menu kuliner yang mengandung protein, yakni kikil dan usus. Keduanya ini biasanya dimasak dengan bumbu kuning yang kaya akan rempah-rempah sehingga bau anyirnya bisa hilang. Kikil dan usus bumbu kuning ini ada yang menyajikannya secara nggak pedas dan ada juga yang pedas dengan menambahkan irisan cabai.


Itu dia kuliner Indonesia yang sangat identik dengan warteg. Pastinya kamu sudah pernah coba salah satu makanan dari yang disebutkan di atas dong?  Kalau belum, kamu bisa mampir ke beberapa tempat makan yang sudah PergiKuliner siapkan di bawah ini ya!

Kantin Pondok Kuring

Foto Kantin Pondok Kuring

Warteg Gang Mangga

Foto Warteg Gang Mangga
Foto Warteg Gang Mangga

Mama Malaka

Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Warteg HITZ!

Foto Warteg HITZ!

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?