Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Jepang Berbahan Dasar Daging Babi yang Populer

List Artikel
27 November 2023 | 0 Komentar

Kuliner Jepang di Indonesia sudah bukan hal yang asing lagi. Banyaknya peminat manga, anime, dan dorama membuat kuliner Jepang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kuliner Jepang memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari kebanyakan kuliner Asia Timur lainnya. Kuliner Jepang umumnya identik dengan kuliner yang dibuat dari bahan dasar seafood. Hal ini dikarenakan di negara Jepang, seafood bisa dengan mudah dijumpai dan dengan harga yang sangat terjangkau. Tapi tahukah kamu bahwa ada juga kuliner Jepang yang dibuat dari bahan dasar daging babi? Berbeda dengan daging ayam dan daging sapi, daging babi haruslah diolah dengan benar supaya tidak berbau. Buat kamu yang suka menyantap daging babi dan kuliner Jepang, mari simak pembahasan di bawah ini tentang beberapa kuliner Jepang berbahan dasar daging babi yang sangat populer.


1. Tonkatsu



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner Jepang berbahan dasar daging babi yang sangat populer adalah tonkatsu. Tonkatsu dibuat dari bahan dasar daging babi yang dibalur dengan adonan tepung terigu dan dilapisi dengan tepung panir lalu digoreng hingga lapisan luarnya menjadi garing dan renyah. Setelah matang dan bagian luarnya garing, tonkatsu dipotong-potong lalu disajikan bersama dengan salad kubis, saus sambal, dan mayones. 

 

2. Tonteki



Sumber: umamipot.com


Tonteki atau yang sering dijuluki dengan nama Japanese pork steak menjadi kuliner Jepang berbahan dasar babi yang populer sebagai menu makan malam. Tonteki adalah daging babi yang dimarinasi terlebih dahulu lalu dimasak dengan cara dipanggang dan disajikan bersama dengan siraman saus BBQ atau saus steak lainnya seperti saus lada hitam. Ciri khas penyajian tonteki adalah adanya irisan bawang putih goreng di atasnya. Selain bawang putih goreng, ada kubis yang diiris halus yang disajikan di samping  tonteki.

 

3. Yakiton



Sumber: gurunavi.com


Yakiton adalah sate babi khas Jepang yang tidak hanya cocok disantap bersama dengan nasi putih hangat, tapi juga sering disantap sebagai camilan saat minum sake. Yakiton dibuat dari bahan dasar potongan daging babi yang diberi olesan saus khusus, kemudian dipanggang di atas bara api hingga matang. Saat disajikan, yakiton ini biasanya diberi perasan jeruk nipis atau jeruk purut untuk menghilangkan aroma amis sehingga hasilnya menjadi lebih nikmat dan segar.

 

4. Butadon




Sumber: pinimg.com


Selanjutnya, ada butadon yang merupakan salah satu jenis rice bowl khas Jepang. Butadon dibuat dari bahan dasar daging babi berlemak yang diiris tipis lalu dibumbui dan dimasak dengan tambahan gula atau kecap manis. Kuliner ini sangat populer di Jepang, terutama di daerah Obihiro, sebagai menu bekal makan siang yang praktis. Untuk penyajiannya, daging babi yang sudah dimasak disajikan di atas nasi putih hangat dan diberi taburan irisan daun bawang serta acar jahe merah atau gari.

 

5. Shogayaki



Sumber: chopstickchronicles.com


Shogayaki, atau yang dikenal dengan nama babi jahe atau ginger pork, adalah kuliner Jepang berbahan dasar daging babi yang dimasak dengan cara menumis irisan daging babi dengan bawang bombay, jahe, sake, mirin, dan aneka saus-saus lainnya. Setelah matang, shogayaki disajikan dengan taburan biji wijen dan selada kubis yang bertekstur garing. Shogayaki biasanya disantap dengan nasi putih atau dijadikan sebagai makanan pendamping minum sake.

 

6. Chanpuru



Sumber: thespruceeats.com


Buat yang suka kuliner Jepang berbahan dasar daging babi yang dipadukan dengan sayuran, kamu bisa mencicip chanpuru. Kuliner Jepang ini dibuat dari bahan dasar irisan daging babi yang ditumis bersama dengan telur ayam, tahu, kunis, bawang bombay, jamur, tauge, kucai, pare, dan sebagainya. Biasanya, chanpuru ini disajikan dengan katsuobushi sehingga rasanya menjadi lebih gurih dan pastinya enak.

 

7. Kakuni



Sumber: japan.recipetineats.com


Kuliner Jepang berbahan dasar daging babi yang terakhir adalah kakuni. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar daging babi yang dimasak dengan cara direbus bersama dengan sake dan mirin dalam waktu yang cukup lama sehingga aromanya menjadi lebih wangi dan rasanya menjadi lebih empuk. Kakuni ini biasanya disajikan dengan cara dipotong-potong lalu disiram saus khusus. Kakuni yang berasal dari Nagasaki ini terkenal sebagai lauk pendamping nasi untuk makan malam.

 

Itulah beberapa kuliner Jepang berbahan dasar daging babi yang sangat populer. Dari ketujuhnya, kamu paling suka yang mana? Nah, buat yang suka menyantap daging babi, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang menyediakan hidangan daging babi enak. Yuk, lihat!

Babi Panggang Lapo Dainang br. Sirait

Foto Babi Panggang Lapo Dainang br. Sirait
Foto Babi Panggang Lapo Dainang br. Sirait
Foto Babi Panggang Lapo Dainang br. Sirait

Depot Se'i Babi Aroma

Foto Depot Se'i Babi Aroma
Foto Depot Se'i Babi Aroma
Foto Depot Se'i Babi Aroma

Babi Panggang TGR 99

Foto Babi Panggang TGR 99
Foto Babi Panggang TGR 99
Foto Babi Panggang TGR 99

Iga Babi Ajung

Foto Iga Babi Ajung
Foto Iga Babi Ajung
Foto Iga Babi Ajung

Nedhise'i

Foto Nedhise'i
Foto Nedhise'i
Foto Nedhise'i

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?