Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Jepang dengan Kata "Yaki" yang Populer di Indonesia

List Artikel
12 Januari 2019 | 0 Komentar
Jepang memang terkenal akan aneka ragam kulinernya yang  memiliki cita rasa lezat. Saking terkenalnya, kuliner Jepang bahkan bisa kamu temui hampir di seluruh negara yang ada di dunia. Ada ciri khas tersendiri yang ada pada kuliner Jepang, baik itu dari tampilannya hingga cita rasanya. Jika kamu sering menyantap kuliner Jepang, pastinya kamu tahu kalau ada beberapa kuliner Jepang yang memiliki kata "yaki" di dalamnya. Penggunaan kata "yaki" mengacu pada kuliner yang dimasak atau diolah dengan cara digoreng atau dipanggang di atas permukaan yang panas. Dari sekian banyak kuliner Jepang yang memiliki kata "yaki" di dalamnya, ada tujuh yang sangat populer di Indonesia, yaitu:

1. Okonomiyaki


Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner yang memiliki kata "yaki" pertama ada okonomiyaki yang seringkali dijuluki dengan nama omelet ala Jepang karena tampilannya mirip dengan omelet. Okonomiyaki terbuat dari bahan dasar utama telur, kubis, seafood seperti cumi atau udang, tepung dan kaldu dashi. Semua bahan dicampur hingga rata lalu dimasak di atas wajan datar. Setelah matang, okonomiyaki diberi dengan taburan katsuobushi, mayonaise dan saus okonomiyaki.

2. Takoyaki



Sumber : Pergikuliner.com


Takoyaki dikenal sebagai kuliner kaki lima khas Jepang yang bisa dengan mudah dijumpai di pinggiran jalanan kota Osaka, Kyoto, Shiga dan sekitarnya. Kuliner yang termasuk dalam kategori cemilan ini memiliki bentuk bulat seperti bola. Takoyaki dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung, telur, kaldu dashi dan potongan gurita yang kemudian diaduk hingga rata lalu dicetak bulat-bulat sambil dimasak. Setelah matang, takoyaki diberi katsuobushi, rumput laut bubuk dan mayonaise.

3. Teriyaki

Sumber : Hearsapps.com


Setelah cemilan-cemilan, kita beralih ke kuliner yang agak berat, yakni teriyaki. Teriyaki sebenarnya merupakan cara memasak ala Jepang dengan mencampur atau melapisi bahan makanan dengan bumbu kecap, mirin, sake dan gula sehingga hasil masakannya nanti akan menjadi bersinar (teri) saat dipanggang (yaki). Bahan makanan yang biasa digunakan pada teriyaki adalah daging ayam, sapi, babi, cumi, hingga salmon. Teriyaki biasa disantap dengan nasi putih hangat karena cita rasanya sangat gurih dan manis.
 
4. Yakiniku


Sumber : Pergikuliner.com


Kamu suka BBQ? Yakiniku merupakan BBQ ala Jepang yang sangat terkenal di Indonesia. Perbedaan BBQ ala Jepang dengan BBQ lainnya adalah setelah daging yang dipanggang matang, daging harus dicelupkan terlebih dahulu ke dalam saus tare yang terbuat dari bahan campuran kecap asin, sake, mirin, bawang putih, gula, jus buah dan wijen. Bahan untuk yakiniku tidak hanya daging saja, tapi juga bisa bawang bombay, paprika, hingga jamur.

5. Yakitori



Sumber : Pergikuliner.com


Yakitori merupakan sate khas ala Jepang. Nama yakitori berasal dari bahasa Jepang "yaki" yang artinya memanggang dan "tori" yang berarti unggas seperti burung dan ayam. Daging ayam atau burung biasanya dipotong-potong baru ditusuk dengan tusukan bambu lalu dibumbui terlebih dahulu, baru kemudian dipanggang hingga matang. Selain menggunakan daging ayam atau burung, ada juga yakitori yang terbuat dari usus, telur dan lain sebagainya.

6. Dorayaki

Sumber : Pergikuliner.com

Bagi masyarakat Indonesia, dorayaki sangat identik dengan kuliner kesukaan tokoh kartun Doraemon. Dorayaki merupakan pancake manis khas Jepang yang terbuat dari campuran tepung, telur dan susu. Perbedaan dari dorayaki dengan pancake kebanyakan adalah karena ada isian pasta kacang merah manis yang diberikan pada salah satu sisinya yang kemudian ditangkupkan sehingga mirip sandwich.

7. Taiyaki


Sumber : Goldenbrownanddelicious.com


Yang terakhir ada taiyaki yang merupakan cemilan khas Jepang berbentuk ikan yang unik. Kamu bisa menemukannya dijual di pinggir jalanan yang ada di Jepang. Taiyaki terbuat dari tepung, gula, baking powder, susu dan telur yang kemudian dicampur menjadi satu lalu dimasak dalam cetakan berbentuk ikan. Sebelum matang, taiyaki diberi isian pasta kacang merah di dalamnya. Cemilan ini sangat enak jika disantap panas-panas.


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kuliner Jepang dengan nama "yaki" yang populer di Indonesia? Kamu suka yang mana nih teman PergiKuliner? Jika ingin menyantap  kuliner-kuliner tersebut, kamu bisa datang ke tempat-tempat berikut ini ya!

Yakinikuya

Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya

Shao Kao

Foto Shao Kao
Foto Shao Kao
Foto Shao Kao

Gindaco

Foto Gindaco
Foto Gindaco
Foto Gindaco

Hayaku Steamboat And Yakiniku

Foto Hayaku Steamboat And Yakiniku
Foto Hayaku Steamboat And Yakiniku

Taiyaki Patisserie

Foto Taiyaki Patisserie
Foto Taiyaki Patisserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?