Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Jogja Legendaris yang Paling Banyak Diburu Wisatawan

List Artikel
22 November 2018 | 0 Komentar

Selain terkenal sebagai kota pelajar dan kota wisata, Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Jogja juga dikenal sebagai kota kuliner karena di sini ada banyak sekali kuliner yang bisa kamu coba. Sebagian besar memang merupakan kuliner yang legendaris alias sudah ada sejak jaman nenek moyang dan masih dilestarikan secara turun temurun sehingga banyak diburu para wisatawan karena penasaran ingin mencobanya. Buat kamu yang ingin tahu ada kuliner Jogja legendaris apa saja yang banyak diburu wisatawan, kamu bisa cek beberapa diantaranya ya!


1. Gudeg



Sumber : Pergikuliner.com


Di urutan pertama sudah pasti ada gudeg yang menjadi ikon kuliner Jogja. Gudeg merupakan kuliner yang terbuat dari nangka muda yang dimasak bersama dengan santan dan aneka bumbu rempah. Teksturnya sangat empuk karena dimasak dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan cita rasanya gurih dikarenakan adanya penggunaan santan. Tidak hanya nangka saja, tapi gudeg juga bisa dibuat dengan bahan ayam dan telur. Biasanya gudeg disajikan bersama dengan nasi sehingga dijuluki dengan nama nasi gudeg.


2. Sate Klatak



Sumber : Pergikuliner.com


Beralih ke sate klatak yang terbuat dari bahan utama daging kambing. Perbedaannya dengan sate kambing kebanyakan adalah cara memasaknya sangat unik karena jika biasanya sate ditusuk dengan tusukan yang terbuat dari bambu atau lidi, sate klatak ini ditusuk dengan menggunakan jeruji sepeda sehingga rasanya jadi berbeda. Sate klatak tidak diberi bumbu kacang melainkan disajikan begitu saja bersama dengan sambal kecap yang terdiri dari kecap, irisan bawang merah dan cabai rawit.


3. Mangut Lele



Sumber : Resepkoki.id


Mangut lele merupakan kuliner yang terbuat dari ikan lele yang dimasak dengan dua tahap, yakni digoreng terlebih dahulu kemudian dimasak lagi bersama dengan aneka bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kencur, cabe, kencur, tomat, kemiri, jahe, lengkuas dan masih banyak lagi. Cita rasanya cenderung gurih dan ada campuran pedas sedikit. Mangut lele bisa dengan mudah kamu jumpai di tempat makan kaki lima hingga restoran ternama.


4. Bakmi Djowo


Sumber : Ikutilangkahkaki.com


Selanjutnya ada bakmi djowo yang menjadi kuliner kaki lima khas Jogja. Bakmi djowo ini berbeda dengan bakmi kebanyakan karena dari segi tekstur dan cita rasanya tidak sama. Mie yang digunakan sebagai bakmi djowo memiliki warna yang lebih kuning dengan bentuk agak kecil dan tipis. Cita rasanya cenderung lebih segar karena menggunakan campuran sayur yang banyak, mulai dari tomat, kubis dan daun bawang. Ada dua jenis bakmi djowo, yaitu bakmi djowo rebus dan goreng.


5. Brongkos


Sumber : Doyankuliner.com


Brongkos menjadi kuliner legendaris Jogja yang memiliki cita rasa gurih pedas. Brongkos terbuat dari campuran bahan tahu kulit, telur rebus, kacang tolo, kulit melinjo, santan kelapa dan aneka bumbu rempah. Cara memasaknya hampir sama dengan gudeg karena memakan waktu berjam-jam hingga santan menyusut dan bumbu meresap dengan baik. Brongkos biasa disantap dengan nasi putih.


6. Nasi Kucing Angkringan



Sumber : Pergikuliner.com


Kalau kuliner yang satu ini pasti kamu sudah sangat familiar karena kepopulerannya sudah dikenal banyak orang. Meski nasi kucing angkringan bisa kamu jumpai di daerah Jabodetabek, tapi menyantapnya langsung di kota asalnya pasti akan menciptakan citarasa yang berbeda. Nasi kucing angkringan di Jogja memiliki aneka isian lauk yang beragam sehingga membuat kamu tidak bosan menyantapnya.

 

7. Kopi Joss



Sumber : Amazonnews.com


Yang terakhir ini bukan makanan, tetapi minuman khas Jogja yang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1960-an. Kopi joss merupakan kopi yang disajikan dengan menambahkan arang yang masih membara ke dalam gelasnya sehingga menciptakan tampilan asap dan cita rasa khas yang berbeda. Kopi joss dijual di angkringan dekat Stasiun Tugu pada saat menjelang senja hingga dini hari.

 

Nah, itu dia kuliner khas Jogja legendaris yang paling banyak diburu wisatawan. Selain ketujuh kuliner di atas, menurut kamu masih ada lagi tidak kuliner Jogja legendaris lainnya yang patut dicoba? Biar tidak penasaran, langsung datang saja yuk ke beberapa tempat di bawah ini!

Seulawah Coffee

Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan

Kembang Tandjoeng

Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng

Warung Sate Klatak Mas Tanto

Foto Warung Sate Klatak Mas Tanto

Gerobak Betawi

Foto Gerobak Betawi
Foto Gerobak Betawi
Foto Gerobak Betawi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?