Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Khas Bogor yang Tidak Boleh Terlewatkan

List Artikel
27 Mei 2016 | 0 Komentar

Saat ini Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh warga Jakarta. Salah satu alasan banyak orang datang ke Bogor adalah karena lokasinya yang dekat dengan Jakarta sehingga hanya memerlukan waktu beberapa jam saja untuk sampai ke sana. Selain terkenal dengan destinasi wisata, Bogor juga terkenal dengan aneka kulinernya yang khas dan mempunyai rasa yang autentik. Nah, berikut beberapa kuliner khas Bogor yang bisa kamu icip saat bertandang ke sana, yaitu:



1. Cungkring



Sumber: harianbogor.com


Cungkring di sini bukan badan yang kurus kering ya guys karena cungkring dalam bahasa Sunda artinya Kikil. Cungkring khas Bogor merupakan potongan kikil dan bagian kepala sapi yang ditusuk seperti sate lalu dimasak dengan bumbu kuning lalu disiram dengan bumbu kacang yang mempunyai rasa manis. Cungkring biasanya disantap dengan lontong ketan, oncom, dan tempe goreng tepung.



2. Doclang



Sumber: www.kompasiana.com


Kuliner mirip ketoprak ini merupakan menu sarapan khas Bogor. Doclang dibuat dari pesor, yaitu semacam ketupat yang terbuat dari beras putih yang dibungkus dengan daun patat dan direbus selama beberapa jam. Daun patat ini hanya tumbuh liar di kaki Gunung Salak. Setelah matang, pesor lalu dipotong-potong dan disiram dengan bumbu kacang dan kecap cap Zebra khas Bogor.



3. Soto Mie



Sumber: pergikuliner.com


Kalau kuliner yang satu ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di setiap sudut kota Bogor. Soto mie khas Bogor ini kuahnya sangat bening dengan isi yang beraneka ragam seperti, mie, bihun, wortel, kentang, lobak, potongan risol goreng, daging, kikil, emping, bawang goreng dan bawang daun. Banyaknya isian soto mie khas Bogor ini membuatnya memiliki rasa serta perpaduan tekstur yang beragam.



4. Asinan Bogor



Sumber: kuliner.panduanwisata.id


Mendengar nama asinan Bogor yang terbayang pasti kesegarannya. Ada tiga jenis asinan bogor, yaitu asinan buah, asinan sayur, serta asinan campuran buah dan sayur. Potongan-potongan sayur dan buah yang disiram dengan kuah asam pedas ini rasanya sangat segar dan nikmat, apalagi bila disantap dengan kerupuk kuning dan kacang tanah.



5. Es Pala



Sumber: kuliner.panduanwisata.id


Minuman khas Bogor yang satu ini sangat disukai dari zaman penjajahan Belanda hingga sekarang. Es pala khas Bogor ini dibuat dari irisan buah pala dan gula pasir dengan tambahan sedikit garam. Bahan-bahan tersebut direbus dahulu sebelum disajikan dalam keadaan dingin. Es pala ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang menyegarkan.



6. Toge Goreng



Sumber: bogorgate.com


Meski namanya toge goreng, namun kuliner yang satu ini tidak dimasak dengan cara digoreng, namun direbus. Toge yang direbus dicampur dengan mie telor kuning dan irisan tahu goreng dan ketupat. Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco lalu diberi tambahan kecap manis.



7. Roti Unyil



Sumber: pergikuliner.com


Wisata ke Bogor tentunya tidak lengkap jika tak mencicip roti unyil khas Bogor yang sangat terkenal itu. Sesuai dengan namanya, roti berukuran mungil ini memiliki lebih dari dua puluhan varian rasa seperti, coklat, pisang keju, sosis keju, sosis, srikaya, nanas, fla coklat, baso, abon, daging asap dan lain-lain. Rasa yang paling favorit adalah  roti dengan fla dan butiran jagung.

Soto Mie & Toge Goreng Mamaku

Foto Soto Mie & Toge Goreng Mamaku
Foto Soto Mie & Toge Goreng Mamaku

Soto Mie Puri H.Darjo

Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo

Asinan Kamboja H. Mansyur

Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur

Roti Unyil Venus

Foto Roti Unyil Venus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?