Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Khas Indonesia yang Harus Ditambahkan Kecap Agar Rasanya Sedap

List Artikel
8 Februari 2019 | 0 Komentar
Indonesia memiliki banyak sekali kuliner lezat yang tidak akan pernah bosan kamu santap karena masing-masing daerah di Indonesia punya ciri khas cita rasa kuliner yang berbeda-beda. Faktor lainnya kuliner Indonesia memiliki ciri khas karena penggunaan rempah-rempah yang sangat banyak dan juga adanya penambahan kecap manis pada campuran bumbunya. Kecap manis memang sering digunakan oleh masyarakat Indonsia untuk membuat citarasa kuliner jadi lebih sedap. Dari beberapa kuliner khas Indonesia yang menggunakan tambahan kecap, ada tujuh yang terkenal dan tidak bisa kamu bantah lagi kelezatannya, yaitu:

1. Sate


Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada sate yang merupakan kuliner berbahan dasar daging ayam atau kambing yang dipotong dadu lalu ditusuk dengan menggunakan tusukan bambu lalu dibumbui dengan sambal kacang dan dibakar. Saat membakarnya, sate harus diberi tambahan kecap manis. Penambahan kecap manis pada sate akan membuat aroma jadi lebih wangi karena ada proses karamelisasi yang menciptakan rasa legit pada daging yang dibakar.

2. Ketoprak


Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada ketoprak yang merupakan kuliner khas Indonesia yang terbuat dari campuran ketupat, mentimun, tauge, bihun, dan tahu yang dicampur dengan bumbu kacang. Bumbu kacang ini dibuat dari bawang putih dan kacang tanah yang dihaluskan. nantinya bahan-bahan campuran akan disiram saus kacang kemudian ditambahkan dengan kecap manis. Penambahan kecap manis bisa membuat sajian ketoprak menjadi lebih manis dan mengimbangi rasa dari saus kacang.

3. Batagor


Sumber : Pergikuliner.com


Batagor adalah kuliner khas Bandung yang sangat terkenal di Indonesia. Batagor dibuat dari bahan utama ikan tenggiri dan tepung tapioka yang kemudian diisikan pada tahu cokelat atau dibungkus dengan kulit pangsit kemudian digoreng hingga matang dan renyah. Setelah diangkat dan ditiriskan, maka batagor akan dipotong-potong dan disiram dengan sambal kacang yang citarasanya cenderung agak pedas. Sebagai bahan pelengkap akan ditambahkan kecap manis, saus, dan perasan jeruk limau. Jika tidak ditambahkan kecap manis, maka kamu akan merasakan ada yang kurang pada sajian batagor milikmu.

4. Siomay


Sumber : Pergikuliner.com


Sebenarnya untuk siomay tak berbeda jauh dengan batagor. Kuliner yang sama-sama berasal dari kota Bandung ini juga disiram dengan sambal kacang dan diberi kecap serta perasan jeruk limau untuk menambah kelezatannya. Hanya saja, siomay dikukus. Selain itu ada tambahan bahan lainnya seperti tahu putih, kentang, kubis, pare, dan juga telor rebus. Banyaknya bahan-bahan tambahan ini bisa menjadikan siomay menjadi lebih menarik. Apalagi dengan penambahan kecap manis saat disajikan.

5. Bakso Bakar


Sumber : Pergikuliner.com


Pernah menyantap bakso bakar? Kuliner khas Malang ini memang tiada duanya. Berbeda dengan bakso kuah, bakso bakar ini memiliki aroma yang sangat wangi sehingga kamu tidak akan bisa menolak untuk menyantapnya. Cita rasa bakso bakar yang sangat lezat tak lepas dari adanya tambahan kecap yang ditambahkan saat membakar bakso. Selain kecap, biasanya bakso bakar akan disiram dengan saus tomat dan sambal sehingga cita rasanya menjadi lebih pedas.

 

6. Nasi Goreng


Sumber : Pergikuliner.com


Kalau kuliner yang sudah mendunia ini memang tidak bisa kamu ragukan lagi kelezatannya. Meski nasi goreng sebenarnya bisa kamu jumpai di beberapa negara Asia, alias bukan hanya ada di Indonesia, tapi nasi goreng Indonesia memiliki ciri khas cita rasa yang berbeda. Nasi goreng Indonesia dimasak dengan menggunakan bumbu rempah yang sangat banyak, mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, minyak bawang, dan pastinya kecap manis. Inilah kunci kelezatan dari nasi goreng khas Indonesia.

 

7. Ayam Bakar Kecap


Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada kuliner ayam bakar kecap yang sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat, sambal dan juga lalapan. Indonesia memiliki banyak jenis ayam bakar yang lezat, mulai dari ayam bakar kuning, ayam bakar rujak, ayam bakar taliwang, ayam bakar madu, hingga ayam bakat kecap. Ayam bakar kecap memiliki citarasa manis yang menggoda. Ditambah lagi kecap yang melapisi ayam akan menghasilkan karamelisasi sehingga menimbulkan aroma wangi dan citarasa unik yang terasa lezat.

Dari ketujuh kuliner yang ditambahkan kecap di atas, mana yang merupakan favoritmu? Jika ingin coba menyantap kuliner lainnya yang juga menggunakan kecap, kamu bisa cek referensi tempat makan di bawah ini ya teman PergiKuliner!

Kembang Tandjoeng

Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Bakso 2 Nyonya

Foto Bakso 2 Nyonya

Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Foto Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?