Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner yang Identik dengan Amerika Ini Ternyata Berasal dari Negara Lain

List Artikel
28 Desember 2017 | 0 Komentar

Amerika terkenal akan merupakan negara adidaya yang terkenal akan fast food-nya. Kamu bisa menemukan gerai-gerai fast food di setiap jalanan yang ada di negara ini. Berhubung kuliner Amerika ini memiliki cita rasa yang ramah dilidah, maka tak heran jika ragam kulinernya pun mendunia. Indonesia sendiri juga termasuk negara yang memiliki banyak gerai fast food yang menyajikan aneka kuliner dari Amerika. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya ada beberapa kuliner yang identik dengan Amerika, tapi ternyata aslinya berasal dari negara lain. Ingin tahu ada apa saja? Mari kita lihat!

 

1. Burger


Sumber: pergikuliner.com


Burger aslinya memiliki nama hamburger yang merupakan perpaduan dari ‘ham’ dan ‘burger’. Kuliner banyak disantap oleh masyarakat Amerika ini seolah sudah menjadi kuliner tradisional yang berasal dari negeri Paman Sam tersebut. Padahal aslinya, burger ini berasal dari kota Hamburg yang ada di Jerman. Kuliner cepat saji ini awalnya dibawa oleh orang Jerman yang pindah ke Amerika pada sekitar tahun 1880-an. Namun kepopuleran burger di Amerika sekitar tahun 1900-an.

 

2. Hotdog


Sumber: pergikuliner.com


Hotdog aslinya tidak seperti yang kamu santap saat ini. Awalnya hotdog hanya merupakan sosis panggang berukuran besar yang disantap dengan saus yang ada di Frankfurt, Jerman dan Vienna, Austria. Di Jerman, hotdog disebut dengan frankfrutters dan di Austria disebut dengan nama vienna sausages. Lalu kenapa bisa ada hotdog dengan roti yang menangkupnya? Hal ini dikarenakan saat hotdog dibawa ke Amerika, masyarakat Amerika merasa tidak kenyang kalau hanya menyantap sosis besar saja sehingga mereka menambahkan roti agar hotdog bisa jadi kuliner yang mengenyangkan.

 

3. Donat


Sumber: pergikuliner.com


Seperti yang kamu tahu, donat sangat identik dengan Amerika, tapi pada kenyataannya donat ini tidak berasal dari Amerika lho. Aslinya donat adalah kuliner yang berasal Belanda. Di Belanda roti goreng ini disebut dengan ollykoeks alias kue berminyak. Di Belanda donat asli hanya diberi taburan gula halus, tapi saat dibawa ke Amerika, donat memiliki topping yang lebih bervariasi seperti ditambahkan meises, keju, hingga icing sugar.

 

4. Apple Pie



Sumber : pergikuliner.com


Apple pie merupakan kuliner wajib yang ada pada saat perayaan Hari Natal di Amerika Serikat. Tak hanya disantap saat perayaan Hari Natal saja, apple pie juga sering disajikan sebagai makanan penutup pada saat makan malam. Apple pie yang merupakan simbol kejayaaan dan kesejahteraan Amerika ini nyatanya pertama kali dibuat di Inggris pada tahun 1381. Hal ini bukan tanpa alasan karena adanya temuan resep kuno apple pie yang usianya sudah ratusan tahun.

 

5. Fried Chicken


Sumber: pergikuliner.com


Fried chicken atau ayam goreng tepung memang identik dengan Amerika karena keberaan salah satu gerai fast food yang menyediakan ayam goreng tepung. Meski banyak yang mengira kalau fried chicken ini berasal dari Amerika, tapi nyatanya fried chicken berasal dari Tiongkok lho. Metode penggorengan dengan bumbu tepung ini sudah diterapkan di Tiongkok untuk menggoreng ayam yang sudah tua karena dagingnya agak keras. Mereka menggorengnya dengan baluran tepung untuk menyamarkan kealotan daging ayam agar tidak kentara.

 

6. Acar Mentimun


Sumber: whiteonricecouple.com


Jika kamu sering menonton kartun Spongebob, kamu pasti tahu acar timun yang selalu dijadikan sebagai sayuran isian untuk burger dan hotdog. Di Amerika, acar mentimun banyak dijual dalam kaleng atau toples kaca dengan harga yang cukup murah karena kamu bisa dengan mudah mendapatkannya. Tapi tahukah kamu kalau acar mentimun ini aslinya berasal dari Mesir dan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu karena kuliner ini merupakan kuliner favorit Cleopatra.

 

7. Mustard


Sumber: webstorantstore.com


Terakhir ada mustard yang menjadi saus andalan yang digunakan untuk beragam kuliner Amerika seperti ayam bakar, burger, hotdog, hingga sandwich. Saus berwarna kuning ini ternyata sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Biji mustard memang ditemukan oleh masyarakat Mesir Kuno, namun pengolahannya menjadi saus, dilakukan oleh bangsa Romawi Kuno. Pada saat itu, mustard tak hanya dijadikan sebagai bahan olesan daging, tapi juga untuk perawatan kulit perempuan.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan asal muasal dari kuliner-kuliner yang identik dengan negeri Paman Sam tersebut. Bagaimana kalau sekarang kamu mampir ke salah satu tempat di bawah ini untuk mencicip kuliner-kuliner di atas.

Flip Burger

Foto Flip Burger
Foto Flip Burger
Foto Flip Burger

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Wichever

Foto Wichever
Foto Wichever
Foto Wichever

Chir Chir

Foto Chir Chir
Foto Chir Chir
Foto Chir Chir

Tous Les Jours

Foto Tous Les Jours
Foto Tous Les Jours
Foto Tous Les Jours

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?