Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Lauk Terlaris di Restoran Padang yang Jadi Favorit Penggemarnya

List Artikel
5 Desember 2018 | 0 Komentar
Indonesia memang terkenal akan kelezatan kuliner tradisionalnya. Masing-masing daerah memiliki ciri khas santapan nusantara tersendiri. Salah satu kuliner yang sangat populer dan bisa kamu jumpai dengan mudah di seluruh penjuru Indonesia adalah kuliner Padang. Kuliner Padang yang berasal dari daerah Minangkabau ini biasanya dijual di rumah makan atau restoran Padang. Siapa saja yang menyantapnya pasti akan ketagihan dan ingin terus menerus makan. Ada banyak jenis lauk pauk yang dijual di restoran Padang. Jika dihitung jumlahnya mungkin bisa mencapai puluhan. Uniknya, ketika kita memesan nasi Padang, lauk yang kita pilih bisa lebih dari satu macam. Dari sekian banyak lauk pauk yang dijual, ada tujuh yang menjadi favorit lho. Simak yuk!

1. Rendang


Sumber : Pergikuliner.com


Lauk pertama yang paling banyak dipesan adalah rendang. Rendang yang pernah masuk dalam jajaran kuliner terlezat di dunia ini memang memiliki cita rasa lezat yang tak bisa terlupakan. Rendang terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah dalam waktu yang sangat lama sehingga bumbunya begitu meresap ke dalam daging. Selain menggunakan daging kerbau atau sapi, rendang juga ada yang menggunakan telur, ayam, dan jengkol.

2. Gulai

Sumber : Pergikuliner.com

Di urutan kedua ada gulai yang sangat identik dengan lauk pauk nasi Padang. Gulai memiliki banyak jenisnya, yakni gulai ayam, gulai otak, gulai kepala ikan kakap, dan gulai tunjang. Gulai memiliki warna kuah kuning kemerahan karena menggunakan campuran antara bumbu kuning dan merah. Meski memiliki warna kemerahan, tapi lauk pauk ini tidak memiliki rasa pedas.

3. Ayam Pop

Sumber : Pergikuliner.com

Jika dilihat dari tampilannya, lauk pauk yang satu ini memang terlihat tidak menggugah selera karena memiliki warna putih pucat. Ayam pop merupakan ayam kampung yang dimasak dengan cara diungkep terlebih dahulu dengan bumbu putih dan air kelapa. Sebelum disajikan, ayam pop akan dicelupkan sebentar ke dalam minyak yang sangat panas. Cita rasa ayam pop ini sangat gurih dengan tekstur daging ayam yang lembut.

4. Ikan Balado


Sumber : Selerasa.com

Siapa yang tidak suka olahan balado khas Padang? Dari sekian banyak jenis balado, balado dengan bahan baku ikan sangat laris manis di restoran Padang. Jenis ikan yang sering digunakan sebagai balado di restoran Padang adalah ikan yang tidak memiliki banyak duri seperti ikan tongkol atau tuna. Balado yang disajikan di restoran Padang biasanya memiliki cabai yang digiling atau diulek kasar sehingga teksturnya jadi lebih kaya.

5. Dendeng Batokok

Sumber : Selerasa.com

Selain balado, lauk pauk bercita rasa pedas lainnya yang sangat sering dipesan adalah dendeng batokok yang merupakan olahan daging sapi yang diiris tebal lalu digoreng dan dimasak bersama dengan bumbu sambal cabai hijau. Cita rasanya sudah pasti pedas dan ada campuran rasa asam di dalamnya. Selain dendeng batokok, ada jenis dendeng lainnya yang juga sering dipesan yaitu dendeng balado yang memiliki campuran bumbu sambal merah.

6. Telur Dadar


Sumber : Pergikuiner.com

Selanjutnya ada telur dadar yang memiliki cita rasa berbeda dari telur dadar kebanyakan. Telur dadar yang ada di restoran Padang punya tekstur yang lebih tebal dengan warna oranye kekuningan karena menggunakan campuran bumbu ulek di dalamnya seperti bumbu merah, daun kunyit, daun bawang dan daun jeruk. Ketika disantap, cita rasanya lebih creamy karena tidak menggunakan telur ayam melainkan telur bebek.

7. Sayur Nangka


Sumber : Pergikuliner.com

Yang terakhir ada sayur nangka yang tidak pernah ketinggalan dipesan. Meski keenam lauk pauk di atas sudah masuk dalam piringmu, tapi kalau tidak ada sayur nangka maka cita rasa nasi Padang tidak akan terasa lengkap. Sayur nangka yang ada dalam masakan Padang ini berbeda dengan sayur nangka dalam masakan Jawa. Sayur nangka Padang memiliki bumbu dasar kuning dengan tambahan santan, kacang panjang dan kubis di dalamnya.

Nah, itu dia tujuh lauk terlaris di restoran Padang yang jadi favorit penggemarnya. Setelah membaca artikel ini pasti perutmu jadi lapar kan? Langsung aja yuk kunjungi beberapa referensi rumah makan Padang yang sudah PergiKuliner siapkan di bawah ini!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Padang Merdeka Saji

Foto Padang Merdeka Saji
Foto Padang Merdeka Saji
Foto Padang Merdeka Saji

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?