Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan khas Malaysia yang Populer di Dunia

List Artikel
15 September 2021 | 0 Komentar

Malaysia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang letaknya bersebelahan dengan Indonesia. Tak heran kalau masyarakat Indonesia sering berkunjung ke Malaysia untuk berlibur. Menjadi negara yang banyak dihuni oleh suku Melayu, makanan khas Malaysia sebenarnya punya rasa dan tampilan yang tak jauh berbeda dengan makanan Indonesia. Hanya saja jika diperhatikan dengan lebih seksama lagi, makanan khas Malaysia juga banyak yang mendapat pengaruh dari kuliner India. Ini yang membuat aroma dan rasanya menjadi unik.


Karena memiliki aroma dan rasa yang enak, masakan Malaysia tidak hanya populer di negara asalnya saja loh, Teman Kuliner. Masakan Malaysia kini bisa ditemui di beberapa negara-negara besar, dan dari banyaknya masakan khas Malaysia ada beberapa jenis masakan Malaysia yang populer di dunia. Salah satunya favorit kamu bukan?


1.  Nasi Lemak



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan khas Malaysia yang populer di dunia pertama adalah nasi lemak. Nasi lemak adalah nasi yang dimasak dengan santan lalu dikukus hingga matang. Untuk penyajiannya akan ada banyak lauk yang bisa disantap. Mulai dari ikan bilis, teri goreng, kacang goreng, mentimun, kelapa parut sangrai, dan pastinya sambal. Nasi lemak seringkali disantap sebagai menu makan pagi dan makan siang karena makanan ini sangat mengenyangkan. 


2. Nasi Kerabu



Sumber: Umma.id


Nasi kerabu menjadi makanan khas Malaysia yang punya tampilan unik karena warnanya biru. Warna biru dari nasi kerabu ini dihasilkan dari kelopak bunga telang yang dihancurkan lalu diperas airnya. Tampilannya sangat cantik sehingga bisa menarik perhatian banyak orang. Nasi kerabu nantinya akan disajikan bersama dengan aneka lauk pauk seperti ayam goreng, telur asin, ikan goreng, hingga aneka sayur-sayuran yang bisa menambah nutrisi dan serat di dalamnya.


3. Nasi Kandar


Sumber: Detik.net.id


Masih ada lagi varian nasi yang menjadi makanan khas Malaysia lainnya yakni nasi kandar. Nasi kandar ini adalah nasi yang tampilannya berbeda dari dua nasi di atas. Nasi kandar sebenarnya bisa dikatakan sebagai nasi campur khas Malaysia karena dibuat dari nasi putih biasa yang dipadukan dengan kari, mulai dari kari ayam, ikan, telur, hingga daging. Ciri khas kari yang digunakan dalam nasi kandar ini tampilannya berbeda dengan kari pada umumnya karena warnanya agak kecoklatan. Selain itu, ciri khas dari nasi kandar adalah adanya okra rebus yang disajikan sebagai sayurannya.


4. Mee Goreng Mamak



Sumber: Cookido.co.uk


Tak hanya nasi, ada mee goreng mamak yang menjadi salah satu makanan khas Malaysia yang bahan dasarnya sudah pasti terbuat dari mie. Mie yang digunakan adalah jenis mie kuning dengan tambahan irisan daging sapi dan aneka sayur-sayuran. Sekilas tampilannya memang mirip dengan mie goreng tek-tek Indonesia. Tapi tentu saja rasanya berbeda karena mee goreng mamak diberi tambahan bubuk kari dan disajikan bersama dengan perasan jeruk nipis sehingga rasanya menjadi lebih segar.


5. Mee Siam



Sumber: Asianfoodnetwork.com


Mee siam menjadi mie khas Malaysia selanjutnya yang juga tak kalah populernya. Moms bisa menjumpai makanan khas Malaysia ini di restoran hingga kedai biasa. Kebalikannya dengan mee goreng mamak, mee siam adalah mie yang disajikan dengan kuah pedas berwarna orange kemerahan. Untuk penyajiannya, makanan khas Malaysia ini disajikan dengan perasan jeruk nipis sehingga rasanya agak asam.


6. Ayam Percik



Sumber: Umma.id


Selain nasi dan mie, ada makanan khas Malaysia lainnya yang dibuat dari bahan dasar ayam. Ayam percik adalah kuliner yang bisa dibuat dengan cara dibakar, dipanggang, hingga digoreng. Sebelum dimasak, ayam percik dibumbui dengan aneka rempah dan sedikit santan kelapa sehingga rasa dan aromanya menjadi sangat gurih. Ayam percik bisa disantap begitu saja, tapi juga bisa dimakan dengan nasi.


7. Ayam Pongteh



Sumber: Preprod.asianfoodnetwork.com 


Makanan khas Malaysia yang terakhir adalah ayam pongteh. Ayam pongteh ini dibuat dari bahan dasar ayam yang dimasak dengan aneka bumbu rempah, termasuk taoco. Ayam pongteh ini sekilas tampilannya mirip semur, tapi dari segi rasa sudah pasti berbeda karena bumbunya juga tak sama. Selain ayam, kuliner ini juga ditambahkan kentang dan jamur shitake. Biasanya ayam pongteh disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal balacan.


Itu dia tujuh makanan khas Malaysia yang populer di dunia. Saking populernya, Teman Kuliner bisa loh mencoba aneka masakan khas Malaysia yang ada di restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini. Setelah mencoba, jangan lupa tentukan apa makanan malaysia favorit kamu ya!

Banceuy Nasi Lemak

Foto Banceuy Nasi Lemak
Foto Banceuy Nasi Lemak
Foto Banceuy Nasi Lemak

Penang Bistro

Foto Penang Bistro
Foto Penang Bistro
Foto Penang Bistro

Toast Box

Foto Toast Box
Foto Toast Box
Foto Toast Box

Ponggol Nasi Lemak

Foto Ponggol Nasi Lemak
Foto Ponggol Nasi Lemak
Foto Ponggol Nasi Lemak

Larazeta Restaurant & Gallery

Foto Larazeta Restaurant & Gallery
Foto Larazeta Restaurant & Gallery
Foto Larazeta Restaurant & Gallery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?