Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Khas Pontianak yang Mampu Bikin Kangen

List Artikel
13 April 2019 | 0 Komentar

Pontianak merupakan Ibukota Kalimantan Barat. Seperti layaknya Ibukota lainnya yang ada di Indonesia, Pontianak tidak hanya memiliki spot-spot wisata alam yang menarik, tapi juga wisata kuliner yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Ada banyak sekali makanan khas Pontianak yang bisa kamu icip saat kamu datang ke kota ini. Rata-rata sebagian besar makanan khas Pontianak dipengaruhi dari kebudayaan Tionghoa. Jadi jangan salah kalau cita rasa yang disajikan ini tergolong sangat familiar di lidah orang-orang yang sering menyantap chinese food. Bagi kamu yang penasaran ada makanan khas Pontianak apa saja yang direkomendasikan oleh PergiKuliner, yuk lihat dulu daftar list-nya!

 

1. Bakso Ikan Telur Asin



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada bakso ikan telur asin yang merupakan makanan khas Pontianak yang paling diburu oleh para wisatawan, terutama para pecinta kuliner. Sesuai dengan namanya, bakso ini dibuat dari campuran ikan bukan daging sapi sehingga tampilan warnanya lebih putih dan permukaannya lebih halus dan mulus dibanding bakso kebanyakan. Jenis ikan yang digunakan biasanya adalah tenggiri. Pada bagian dalam bakso sengaja diberi isian telur asin sehingga cita rasanya jadi lebih gurih dan nikmat.  

 

2. Bakmi Kepiting



Sumber : Travelingyuk.com


Makanan khas Pontianak yang satu ini sebenarnya bisa dengan mudah kamu jumpai di Jakarta karena sudah banyak pedagang yang menjual bakmi kepiting, baik itu di gerobak maupun di restoran. Sesuai dengan namanya, makanan ini terdiri dari bakmi dan kepiting. Tapi biasanya juga diberi tambahan topping irisan daging babi, dan bakso ikan. Bentuk mie-nya berbeda dari bakmi kebanyakan, karena lebih tipis dan keriting. Kamu bisa memilih untuk menyantap bakmi kepiting ini dengan tambahan sambal supaya rasanya lebih pedas atau menyantapnya begitu saja.

 

3. Nasi Campur



Sumber : Foodinloveid.com


Tak berbeda jauh dengan bakmi kepiting, nasi campur khas Pontianak juga bisa dengan mudah ditemukan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Nasi campur terdiri dari nasi, siobak yang garing, charsiu yang dipotong kecil-kecil, lapciong, telur ayam, dan potongan mentimun. Biasanya ada yang memberi tambahan kuah sayur asin. Untuk jenis nasi yang digunakan bisa berupa nasi putih atau nasi berbumbu seperti nasi Hainan.


4. Kwecap



Sumber : Pergikuliner.com


Mungkin banyak beberapa di antara kamu yang tidak begitu mengenal atau kurang familiar dengan makanan khas Pontianak yang satu ini. Kwecap merupakan kulit babi yang digoreng hingga kering lalu dimasukkan dalam kuah yang sudah dicampur dengan tulang babi. Kwecap disajikan dengan kacang kedelai dan sejenis kwetiau, tapi ada juga yang memberikan tambahan kembang tahu, bakso ikan dan ebi. Cita rasanya sangat gurih dan asin.

 

5. Chai Kue



Sumber : Resepnusantara.id


Chai kue tergolong dalam jenis jajanan khas Pontianak yang bisa dengan mudah kamu jumpai di pasar tradisional. Chai kue terbuat dari tumisan sayur seperti, keladi, kucai, bengkoang dan rebung yang dibumbui lalu dibungkus dengan menggunakan kulit yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Selanjutnya makanan ini dikukus hingga matang. Semakin tipis kulit chai kue maka semakin nikmat cita rasanya.

 

6. Kue Bingke


Sumber : Wisatapontianak.com


Bingke merupakan kue khas Pontianak yang berbentuk seperti bunga. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang cukup manis. Kue bingke dibuat dari telur, tepung terigu, santan, gula pasir dan garam. Kue ini bisa dipanggang atau dikukus, tapi kebanyakan kue bingke dipanggang supaya bisa tahan lama karena kue ini sering dijadikan oleh-oleh khas Pontianak. Kamu bisa menemukan beragam varian kue bingke seperti rasa tapai, kentang, labu, pandan, kelapa muda, nangka, coklat, hingga keju.

 

7. Pisang Goreng Srikaya



Sumber : Cumibunting.com


Terakhir ada pisang goreng srikaya yang sering dijadikan sebagai menu sarapan khas Pontianak. Seperti yang kamu ketahui, Pontianak terkenal akan pisangnya, sehingga tak heran kalau ada banyak olahan pisang di kota ini. Pisang goreng srikaya menggunakan jenis pisang nipah yang hanya ada di Pontianak. Pisang digoreng dengan menggunakan tepung dan disajikan dengan tambahan selai srikaya.


Itulah 7 makanan khas Pontianak yang bisa kamu icip ketika kamu berkunjung kesana ya. Nah, jika kamu jadi ingin makan makanan tersebut setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung datang saja ya ke beberapa referensi tempat makan yang ada di bawah ini!

Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin
Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Kwecap Veteran

Foto Kwecap Veteran
Foto Kwecap Veteran
Foto Kwecap Veteran

Nasi Campur Aphang

Foto Nasi Campur Aphang
Foto Nasi Campur Aphang
Foto Nasi Campur Aphang

Bakmi Kepiting Pontianak

Foto Bakmi Kepiting Pontianak
Foto Bakmi Kepiting Pontianak

Choi Pan Panas Siam 91 Pontianak

Foto Choi Pan Panas Siam 91 Pontianak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?