Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Legendaris Jakarta yang Tetap Eksis Hingga Sekarang

List Artikel
21 Oktober 2016 | 0 Komentar

Buat kamu yang tinggal di Jakarta, menyantap makanan asli Jakarta tentunya merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Seiring dengan perkembangan zaman, makanan asli Jakarta sudah mulai tergerus oleh makanan asing yang memburu ibukota. Sebagian besar bahkan sudah hampir punah karena susah untuk ditemukan. Tapi kamu tenang saja, ternyata masih ada beberapa makanan legendaris Jakarta yang tetap eksis hingga sekarang. Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan di bawah ini:



1. Soto Betawi


Sumber: pergikuliner.com


Siapa tak kenal soto legendaris khas Jakarta yang memiliki rasa kental dan gurih dari kuah santan. Soto Betawi berisi daging sapi, tomat, kentang, aneka jerohan, taburan daun bawang, dan emping. Soto Betawi sangat cocok disantap dengan tambahan nasi putih. 



2. Kerak Telor


Sumber: resepseharihari.com


Kerak telor seolah sudah menjadi ikon kuliner Jakarta pada PRJ (Pekan Raya Jakarta). Kerak telor sekarang banyak dijumpai di tempat-tempat wisata ibukota seperti monas dan kota tua. Kerak telur terbuat dari beras ketan, telur ayam, ebi, kelapa parut, serta bumbu cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula. Cara membuatnya sangat unik, yakni dengan membalik wajan di atas tungku arang.



3. Nasi Uduk


Sumber: pergikuliner.com


Menu sarapan legendaris ini bisa dengan mudah kamu jumpai di pedagang kaki lima yang ada di Jakarta saat pagi hari. Nasi uduk merupakan nasi yang dimasak dari beras putih lalu dibumbui garam, santan, daun sereh, salam, dan daun jeruk. Rasanya sangat gurih berasal dari santan. Nasi uduk biasa disantap dengan tambahan lauk semur jengkol, semur tahu tempe, bihun goreng, dan sambal kacang.



4. Gado-gado


Sumber: pergikuliner.com


Jika nasi uduk menjadi menu sarapan favorit orang Jakarta, gado-gado menjadi menu makan siang favorit. Orang asing banyak yang menjuluki gado-gado ini saladnya Indonesia. Gado-gado merupakan campuran sayur-sayuran seperti kangkung, kol, tauge, kacang panjang, serta tambahan tahu, tempe, lontong, lalu disiram sambal kacang dan ditaburi bawang goreng dan kerupuk.



5. Ketoprak


Sumber: jendelakuliner.com


Banyak yang mengatakan kalau ketoprak itu mirip dengan gado-gado karena sama-sama menggunakan bumbu kacang. Bumbu ketoprak lebih simple dibanding gado-gado karena hanya menggunakan kacang tanah halus, kecap, bawang putih, serta bawang goreng. Bahan-bahannya juga lebih simple, yakni hanya ketupat, tahu putih goreng, bihun, dan tauge.



6. Laksa


Sumber: pergikuliner.com


Laksa merupakan makanan legendaris Jakarta yang diadaptasi dari China Betawi. Laksa berisi bihun, telur, daging, perkedel, daun kemangi, daun kucai, serta lontong. Laksa memiliki citarasa yang gurih dan manis.



7. Asinan


Sumber: pergikuliner.com


Tak hanya Bogor yang punya asinan, Jakarta juga punya asinan sayur khas Jakarta dengan bumbu yang lebih ringan dan pedas. Makanan legendaris Jakarta ini sering dijajakan di penjual nasi uduk. Saat sedang bulan Ramadhan, kamu bisa dengan mudah menemukan asinan yang terdiri dari aneka sayuran seperti tauge, sawi, kol, selada, dan wortel.


Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara

Lemongrass

Foto Lemongrass

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati

Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati
Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati
Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati

Asinan Kamboja H. Mansyur

Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?