Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan yang Bisa Berikan Nutrisi Terbaik untuk Ibu Menyusui

List Artikel
1 September 2018 | 0 Komentar

Memberikan ASI atau air susu ibu memang menjadi tugas perempuan setelah melahirkan. Biasanya ASI diberikan hingga bayi berusia 1 tahun. Selama jangka waktu tersebut, sang ibu harus selalu mengonsumsi makanan yang sehat karena gizi dan nutrisi yang ada pada ASI tergantung dari apa yang dimakan oleh sang ibu. Untuk mendapatkan kualitas ASI yang bagus, PergiKuliner punya beberapa rekomendasi makanan yang bisa meningkatkan kualitas ASI. Simak dengan baik ya!


1. Bayam


Sumber : Pergikuliner.com


Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat kaya akan kandungan zat besinya sehingga tak hanya bagus disantap oleh orang yang terkena anemia, tapi juga oleh ibu menyusui. Selain zat besi, ada kandungan lainnya seperti asam folat, kalsium, dan vitamin K yang bagus untuk mencerdaskan otak bayi. Kamu bisa mengolah bayam menjadi sayur bening atau tumisan. Jika ingin lebih sedap lagi, kamu bisa membuat bubur manado yang di dalamnya terdapat campuran bayam.


2. Brokoli


Sumber : Pergikuliner.com


Masih dengan sayuran hijau, kamu juga bisa menyantap brokoli yang sangat berguna untuk kekebalan tubuh, anti inflamasi, pencegahan kanker, serta pencernaan. Di dalam brokoli terdapat kandungan serat yang tinggi, vitamin C, vitamin A, potasium, dan asam folat yang bisa mencerdaskan otak bayi. Brokoli bisa diolah menjadi tumisan atau sayur. Jika kamu bosan, campurkan brokoli cincang dalam adonan kentang panggang.


3. Kacang Hijau


Sumber : Pergikuliner.com


Menyantap kacang-kacangan memang sangat bagus ketika sedang menyusui. Pasalnya kacang-kacangan akan membuat air susu lebih lancar. Jenis kacang-kacangan yang paling disarankan untuk ibu menyusui adalah kacang hijau. Kacang hijau ini bisa kamu rebus bersama dengan gula merah dan santan. Kamu bisa menyantapnya dalam keadaan panas maupun dingin dengan tambahan es batu.


4. Salmon


Sumber : Pergikuliner.com


Sudah bukan rahasia lagi kalau salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan omega3 yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, salmon kaya akan DHA yang bermanfaat untuk mengambangkan sistem saraf. Salmon bisa diolah dengan cara dipanggang atau dikukus begitu saja, atau dijadikan campuran pada nasi goreng, sup, hingga tumisan.


5. Nasi Merah


Sumber : Pergikuliner.com


Nasi merah merupakan sumber karbohidrat, serat, dan asam folat yang sangat bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui. Nasi merah mampu menyediakan kalori untuk memproduksi ASI yang berkualitas tinggi. Santap beras merah bersama dengan makanan-makanan di atas seperti brokoli, bayam, atau salmon sehingga nutrisi yang kamu dapatkan saat sedang menyusui bisa lebih maksimal lagi.


6. Gandum


Sumber : Pergikuliner.com


Selain nasi merah, ada gandum yang cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka makan nasi. Seperti yang kamu ketahui, gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga bisa menghasilkan Asi yang bisa membuat bayi kenyang lebih lama serta bisa memperlancar pencernaannya. Kamu bisa menyantap gandum dalam bentuk roti yang ditambahkan dengan aneka selai buah-buahan.


7. Yoghurt


Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada yoghurt yang juga dikenal sebagai makanan yang bisa memperlancar pencernaan karena di dalamnya terdapat kandungan bakteri baik. Yoghurt juga bermanfaat untuk membuat tulang jadi lebih kuat karena memiliki kandungan kalsium tinggi, tapi lemaknya rendah. Santap yoghurt dengan campuran buah-buahan segar untuk melengkapi kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

 

Itulah makanan-makanan yang bisa memberikan nutrisi alami bagi ibu menyusui. Jadi buat kamu yang sedang menyusui, selalu jaga asupanmu mulai dari sekarang ya!

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Tsubohachi Izakaya Hokkaido

Foto Tsubohachi Izakaya Hokkaido
Foto Tsubohachi Izakaya Hokkaido
Foto Tsubohachi Izakaya Hokkaido

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Roti Nogat

Foto Roti Nogat
Foto Roti Nogat

Eastern Opulence

Foto Eastern Opulence
Foto Eastern Opulence
Foto Eastern Opulence

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?