Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi dan Membuat Mood Lebih Baik

List Artikel
20 Mei 2021 | 0 Komentar
Tahukah kamu bahwa apa yang kamu makan tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga berpengaruh pada naik-turunnya suasana hati? Misalnya terlalu banyak asupan tertentu justru dapat merusak mood kita, dan tidak mustahil juga mengakibatkan depresi. Salah satu penyebab depresi adalah kekurangan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah senyawa yang berfungsi membuat suasana hati kamu tenang dan bahagia. Kekurangan serotoin dalam tubuh juga bisa membuat Teman Kuliner sulit tidur, kurang bersemangat, gampang marah, gampang lupa, dan sulit untuk percaya diri, yang umumnya dikaitkan dengan gejala depresi. 


Sumber: Pergikuliner.com

Beberapa bahan makanan tertentu mengandung senyawa triptofan yang fungsinya adalah meningkatkan kadar serotonin kamu sehingga menjauhkan kamu dari depresi, Berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung zat triptofan tinggi yang baik untuk serotonin dalam tubuh kamu supaya terhindar dari depresi, simak yuk!

1. Keju


Sumber: Detik.net

Makanan yang bisa mencegah depresi dan membuat mood lebih baik yang pertama adalah keju. Keju merupakan sumber utama zat tripofan. Kalau Teman Kuliner ingin makan keju, sebaiknya campur juga dengan telur dan susu, karena keduanya pun punya kandungan zat triptofan yang tinggi. Namun memang kadar triptofan di dalam susu, keju, dan yoghurt tidak setinggi triptofan pada daging dan ikan.

2. Telur


Sumber: Kompas.com

Tidak banyak yang tahu kalau telur merupakan makanan yang bisa mencegah depresi dan membuat mood lebih baik. Protein pada telur secara signifikan bisa meningkatkan kadar triptofan dalam plasma darah. Hal tersebut juga sama dengan kuning telurnya. Kuning telur juga kaya kaan triptofan, tirosin, kolin, biotin, dan asam lemak omega-3, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan mental kamu.

3. Tahu


Sumber: Pergikuliner.com

Makanan yang bisa mencegah depresi dan membuat mood lebih baik selanjutnya adalah tahu. Tahu atau makanan lain yang berbahan baku kedelai mengandung triptofan yang tinggi. Sebagai pengganti daging, kamu bisa makan tahu sebagai sumber protein. Bahkan ada sebagian tahu punya kandungan kalsium yang bagus buat kesehatan tulang kamu juga.

4. Buah Nanas


Sumber: Whiteflowerfarm.com

Makanan yang bisa mencegah depresi dan membuat mood lebih baik lainnya adalah buah nanas. Nanas mengandung zat bromelain yang sangat tinggi. Bromelain bermanfaat untuk mengurangi beberapa gejala depresi seperti gagal fokus, sulit tidur, dan mudah lupa. Bromelain pun bisa mengurangi gangguan lain seperti batuk-batuk, lho.

5. Udang


Sumber: Pergikuliner.com

Udang kaya akan asam amino triptofan yang bisa membantu pembentukan serotonin. Untuk itu, udang merupakan makanan yang bisa mencegah depresi dan membuat mood lebih baik. Dalam 113 gram udang mengandung sekitar 330 mg triptofan. Udang mengandung omega 3 dan dengan kadar merkuri yang rendah yang bisa meningkatkan mood. Jadi, omega 3 inilah yang akan meringankan gejala depresi.

6. Kacang dan Biji-bijian


Sumber: Sinarharapan.net

Semua jenis kacang dan biji-bijian umumnya mengandung triptofan. Oleh karena itu mengkonsumsi kacang pun bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan. Selain itu kacang juga kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan.

7. Ikan Salmon


Sumber: Pergikuliner.com

Selain terkenal akan kandungan asam lemak omega 3, ikan salmon ini kaya akan asam amino triptofan lho, sehingga membuat ikan salmon menjadi makanan yang bisa mencegah depresi dan membuat mood lebih baik. Salmon juga mempunyai manfaat lain yaitu menjaga keseimbangan kadar kolesterol, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Itu dia tujuh makanan yang bisa mencegah depresi ya. Selain karena alasan bisa menjauhkan kamu dari depresi, makanan-makanan tersebut juga mengandung nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh lho. Jadi, mulai sekarang mulailah konsumsi makanan yang sehat, dan jangan lupa untuk melakukan pola hidup sehat dengan olahraga teratur, dan tidur cukup untuk mengurangi dan mencegah depresi. Ada pepatah mengatakan "Mens sana in corpore sano  yang artinya adalah di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

Untuk membuat Teman Kuliner lebih berbahagia, PergiKuliner mempunyai rekomendasi tempat makan dengan olahan makanan seperti keju, telur, dan makanan sehat lainnya loh. Cek langsung daftarnya di bawah ini!

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Tahu Go!

Foto Tahu Go!
Foto Tahu Go!
Foto Tahu Go!

Kembang Tahu & Susu Jahe Merah Naomi

Foto Kembang Tahu & Susu Jahe Merah Naomi
Foto Kembang Tahu & Susu Jahe Merah Naomi
Foto Kembang Tahu & Susu Jahe Merah Naomi

Honu Poke & Matcha Bar

Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?