Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi dan Membuat Mood Lebih Baik

List Artikel
25 Oktober 2018 | 0 Komentar
Tahukah kamu bahwa apa yang kamu makan nggak hanya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, tetapi juga berpengaruh pada naik-turunnya suasana hati kamu? Misalnya terlalu banyak asupan tertentu justru dapat merusak mood kita, dan nggak mustahil juga mengakibatkan depresi. Salah satu penyebab depresi adalah kekurangan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin yaitu senyawa yang berfungsi membuat suasana hati kamu tenang dan bahagia. Kekurangan serotonin ini juga bisa membuat kamu sulit tidur, kurang bersemangat, gampang marah, gampang lupa, dan sulit untuk percaya diri, yang umumnya dikaitkan dengan gejala depresi. Serotonin nggak bisa ditemukan dari makanan, tetapi beberapa bahan makanan tertentu mengandung senyawa triptofan yang fungsinya adalah meningkatkan kadar serotonin kamu sehingga menjauhkan kamu dari depresi, Berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung triptofan tinggi yang baik untuk serotonin dalam tubuh kamu supaya terhindar dari depresi, simak yuk!

1. Keju



Sumber : PergiKuliner.com

Keju juga sumber utama triptofan. Kalau ingin makan keju, sebaiknya campur juga dengan telur dan susu, karena keduanya pun punya kandungan triptofan yang tinggi. Namun memang kadar triptofan di dalam susu, keju, dan yoghurt nggak setinggi triptofan pada daging dan ikan.

2. Telur



Sumber : PergiKuliner.com

Protein pada telur secara signifikan bisa meningkatkan kadar triptofan dalam plasma darah. Hal tersebut juga sama dengan kuning telurnya. Kuning telur juga kaya kaan triptofan, tirosin, kolin, biotin, dan asam lemak omega-3, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan mental kamu.

3. Tahu



Sumber : PergiKuliner.com

Tahu atau makanan lain yang berbahan baku kedelai mengandung triptofan yang tinggi. Sebagai pengganti daging, kamu bisa makan tahu buat sumber protein. Bahkan ada sebagian tahu punya kandungan kalsium yang bagus buat kesehatan tulang kamu juga.

4. Nanas



Sumber : Tribunnews.com

Nanas dipercaya punya kandungan bromelain yang sangat tinggi. Bromelain bermanfaat untuk mengurangi beberapa gejala depresi seperti gagal fokus, sulit tidur, dan mudah lupa. Bromelain pun bisa mengurangi gangguan lain seperti batuk-batuk, lho.

5. Udang



Sumber : PergiKuliner.com

Udang juga kaya akan asam amino triptofan yang bisa membantu pembentukan serotonin. Dalam 113 gram udang mengandung sekitar 330 mg triptofan. Udang mengandung omega 3 dan dengan kadar merkuri yang rendah yang bisa meningkatkan mood. Jadi, omega 3 inilah yang akan meringankan gejala depresi.

6. Kacang dan Biji-bijian



Sumber : Senggang.suarasurabaya.net

Semua jenis kacang dan biji-bijian umumnya mengandung triptofan. Oleh karena itu mengkonsumsi kacang pun bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan. Selain itu kacang juga kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan.

7. Salmon



Sumber : PergiKuliner.com

Ikan satu ini sudah nggak perlu diragukan lagi manfaatnya ya. Selain terkenal akan kandungan asam lemak omega 3, ikan salmon ini kaya akan asam amino triptofan lho. Salmon juga mempunyai manfaat lain yaitu menjaga keseimbangan kadar kolesterol, dan membantu menurunkan tekanan darah.

Itu dia tujuh makanan yang bisa mencegah depresi ya. Selain karena alasan bisa menjauhkan kamu dari depresi, makanan-makanan tersebut juga mengandung nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh lho. Jadi, mulai sekarang mulailah konsumsi makanan yang sehat ini ya agar bahagia sehingga depresi nggak menyerangmu. Kamu bisa mampir ke beberapa referesi tempat makan di bawah ini juga ya!

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Cut The Crab

Foto Cut The Crab
Foto Cut The Crab
Foto Cut The Crab

Bandar Djakarta

Foto Bandar Djakarta

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?