Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Rasa Pedas Karena Cabe

List Artikel
20 November 2015 | 0 Komentar

Makanan pedas emang bikin nagih! Rasa pedas pada cabe terjadi karena adanya kandungan Zat Capsaicin dalam buah cabe, Zat Capsaicin bentuknya seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap pada lidah. Zat Capsaicin inilah yang mengakibatkan cabe menjadi terasa pedas dan panas di lidah. Selain itu, zat capsaicin juga dapat membuat yang mengonsumsi merasa ketagihan.


Seringkali setelah makanan habis, sensasi terbakar karena pedas tersebut masih lama melekat di mulut, hingga membuat kepala pusing. Banyak orang yang menetralkan rasa pedas dengan minum air mineral. Padahal cara tersebut salah, malah membuat rasa panas tersebar ke seluruh mulut lho. Minum air dingin pun juga hanya sementara meredakan rasa terbakar. Buat kamu pecinta kuliner pedas ngga perlu kuatir, karena ada makanan yang ternyata bisa dengan cepat meredakan rasa pedas. Yuk simak!



1. Susu atau produk susu lainnya



Sumber: pergikuliner.com


Susu, yogurt dan keju dapat menghilangkan rasa pedas. Hal itu karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas di mulut.



2. Telur



Sumber: pergikuliner.com


Ternyata protein yang terkandung dalam telur dapat menghilangkan rasa pedas di lidah. Makanlah telur rebus saat kamu merasa kepedasan.



3. Jus Buah



Sumber: pergikuliner.com


Kepedasan bisa sampai membuat kepala pusing, itu tandanya kamu sedang mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya kamu bisa segera meminum jus buah agar menetralkan pedas dan meredakan pusing.



4. Kacang



Sumber: m.kaskus.co.id


Kandungan lemak pada kacang bisa meredakan rasa pedas. Selain kacang, kamu bisa mengonsumsi selai kacang karena komposisi utamanya adalah kacang.



5. Gula



Sumber: pergikuliner.com


Taruh satu sendok teh gula pada lidah lalu hisap selama 30 detik. Caranya ini dapat menyerap sensasi terbakar karena pedas dengan efektif. Atau kalau tidak kamu bisa menggantinya dengan menghisap permen dan coklat.



6. Jeruk nipis



Sumber: spirit.web.id


Sama seperti gula, hisaplah jeruk nipis yang sudah dipotong. Kandungan asam yang ada dalam jeruk nipis akan menempel pada lidah dan seketika dapat mendinginkan sensai kepedasan.



7. Nasi putih atau roti



Sumber: pergikuliner.com


Kedua makanan tersebut mengandung glukosa, seperti kandungan dalam gula yang diketahui dapat melawan senyawa capsaicinoid penyebab rasa pedas.



Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Mom Milk

Foto Mom Milk

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?