Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan yang Paling Sering Muncul di Acara Pernikahan Orang Indonesia

List Artikel
8 Oktober 2017 | 0 Komentar

Musim nikah telah tiba. Biasanya orang Indonesia banyak yang menggelar pesta pernikahan setelah perayaan Hari Besar Idul Fitri dan Idul Adha karena harga bahan-bahan pokok serta sembako akan mengalami penurunan yang cukup lumayan sehingga bisa menghemat budget pernikahan. Saat pesta pernikahan, selain pasangan pengantin dan dekorasi ruangan yang menjadi pernikahan, menu makanan yang disajikan juga kerap menyita perhatian. Cita rasa makanan yang lezat pastinya bisa mengesankan para tamu undangan. Dari sekian banyak pilihan makanan, ada 7 makanan yang paling sering muncul di acara pernikahan orang Indonesia, yaitu:

 

1. Nasi Goreng


Sumber: pergikuliner.com


Ibarat pepatah khas orang Indonesia, tak akan kenyang rasanya jika belum makan nasi. Nasi goreng khas Indonesia selalu hadir dan tak pernah absen di semua acara pernikahan orang Indonesia. Nasi goreng yang biasa disajikan pada acara pernikahan adalah nasi goreng ayam yang diberi cincangan daging ayam, potongan sosis atau bakso, serta tambahan kacang polong. Rasayanya dibuat  tidak pedas agar semua kalangan bisa menyantapnya, mulai dari orang tua hingga anak-anak.

 

2. Sate Ayam


Sumber: pergikuliner.com


Makanan khas Indonesia yang satu ini memang tak boleh dilewatkan di acara pernikahan orang Indonesia. Sate ayam terbuat dari daging ayam yang ditusuk dengan tusakan bambu atau kayu, lalu dibakar hingga matang dan kecoklatan. Sate ayam yang sudah diberi bumbu kacang biasanya disajikan bersama dengan potongan lontong sebagai penambah karbohirdatnya. Jika tidak ada sate ayam, biasanya diganti dengan sate kambing.

 

3. Siomay


Sumber: pergikuliner.com


Siomay merupakan cemilan kesukaan orang Indonesia, tak heran jika selalu ada kuliner ini dalam menu gubukan atau makanan pendamping. Biasanya dalam satu porsinya terdiri dari siomay, kentang kukus, tahu cokelat atau bakso tahu yang kemudian disiram dengan bumbu kacang legit dengan ditambahkan kecap manis dan saus sambal untuk yang ingin rasa lebih pedas.

 

4. Bakso


Sumber: pergikuliner.com


Kalau makanan yang satu ini memang sudah menjadi makanan sejuta umatnya masyakarat Indonesia. Siapa yang tak suka bakso. Makanan yang dianggap murah meriah ini memiliki cita rasa kelezatan yang tiada tandingannya. Bakso terbuat dari daging sapi giling dan dicampur dengan tepung lalu dibentuk bulat-bulat dan direbus hingga matang. Bakso disajikan bersama dengan mie kuning, bihun, sawi hijau, serta kuah kaldu yang menambah kelezatan rasanya.

 

5. Bakwan Malang


Sumber: pergikuliner.com


Sesuai dengan namanya, bakwan Malang atau yang memiliki nama lain bakso Malang ini memang berasal dari daerah Malang. Meski berasal dari Malang, kuliner justru banyak ditemukan di kota-kota besar Indonesia. Tak heran jika bakwan Malang selalu muncul di acara pesta pernikahan. Dalam satu porsi bakwan Malang biasanya terdiri dari bakso, mie kuning, tahu coklat, serta adonan daging cincang yang dibungkus kulit pangsit lalu digoreng atau direbus.

 

6. Soto Mie


Sumber: pergikuliner.com


Orang Indonesia memang sangat suka kuliner yang berkuah karena rasanya lebih segar. Selain bakso dan bakwan Malang, ada soto mie khas Bogor yang juga sering muncul pada acara pernikahan. Dalam satu mangkok soto mie terdiri dari potongan risol, kikil, daging sapi, tomat, mie kuning, bihun, kacang tanah, daun seledri, potongan kentang rebus, dan emping. Soto mie memiliki rasa yang agak pedas karena penggunaan cabai pada kuahnya sehingga membuat warnanya jadi lebih orange kemerahan.

 

7. Es Krim


Sumber : pergikuliner.com


Es krim memang tak pernah absen di acara pernikahan. Selain disediakan sebagai menu pencuci mulut, dipilihnya es krim dalam menu makanan pernikahan adalah karena es krim disukai banyak kalangan, terutama anak-anak. Setelah kamu puas menyantap aneka kuliner yang mengenyangkan, saatnya es krim bercitarasa manis dan dingin disantap sebebagai makanan penutup. Jenis es krim yang paling banyak dipilih adalah es krim yang memiliki rasa klasik seperti rasa vanila, cokelat, serta strawbery.

 

Nah, itu dia 7 makanan yang paling sering muncul di acara pernikahan orang Indonesia. Kamu tak usah menunggu ada acara pernikahan dulu untuk menyantap aneka kuliner di atas karena kamu bisa langsung mampir ke salah satu tempat di bawah ini!

Nasi Goreng Kebuli Apjay

Foto Nasi Goreng Kebuli Apjay

Warung Siomay

Foto Warung Siomay

Bakso Malang Nonik

Foto Bakso Malang Nonik

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Soto Mie Sawah Lio

Foto Soto Mie Sawah Lio
Foto Soto Mie Sawah Lio
Foto Soto Mie Sawah Lio

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?