Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Boleh Dipanaskan Ulang

List Artikel
17 Maret 2016 | 0 Komentar

Memanaskan makanan sisa yang masih layak dimakan merupakan sebuah kebiasaan bagi beberapa orang. Memang ada benarnya hal tersebut dilakukan supaya menghindari yang namanya membuang-buang makanan. Namun, tahukah kamu tidak semua jenis makanan baik untuk dipanaskan ulang? Karena bila dipanaskan ulang bisa mengubah struktur kimia hingga menyebabkan keracunan! Mau tahu makanan apa saja yang tidak baik dipanaskan ulang? Yuk, simak ulasan berikut ini:



1. Bayam



Sumber: cara.media


Sudah banyak yang tahu kalau memanaskan bayam merupakan hal yang berbahaya. Selain zat besi yang banyak terkandung dalam bayam, sayuran ini juga mengandung nitrat yang tinggi. Bila sayur bayam dipanaskan lagi maka nitrat akan berubah menjadi nitrit yang berbalik arah menjadi racun dan berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker) bagi tubuh. Sebaiknya makanlah bayam yang sudah dimasak dengan segera. Batas maksimal bayam yang bisa dikonsumsi kurang lebih 5 jam setelah dimasak, selebihnya sebaiknya dibuang saja.



2. Seledri



Sumber: www.necturajuice.com


Sama halnya seperti bayam, seledri juga mengandung nitrat. Selain itu seledri juga terkenal memiliki kandungan antioksidan. Biasanya daun seledri dipakai sebagai penguat aroma masakan sup. Nah, bila ingin memanaskan sup sebaiknya buang terlebih dulu daun seledri. Jika tidak, seledri yang dipanaskan juga akan menimbulkan karsinogen yang dapat memicu kanker.



3. Kentang



Sumber: pergikuliner.com


Banyak manfaat yang terkandung di dalam kentang yang baik untuk menyehatkan tubuh. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalam kentang sangat baik untuk menutrisi otak. Bukan hanya itu, kandungan karbohidratnya juga sangat baik untuk kesehatan lambung. Namun, bila makanan yang menggunakan bahan kentang dipanaskan kembali, maka bisa mempengaruhi kandungan gizinya. Selain kandungan gizinya hilang, kentang yang dipanaskan berulang-ulang dapat menjadi racun bagi tubuh lho.



4. Jamur



Sumber: rahmatfajrin.wordpress.com


Sebaiknya segera makan jamur yang baru dimasak. Bila bahan makanan yang satu ini dipanaskan lagi, maka kandungan proteinnya akan hilang, bahkan bisa menjadi racun. Kalau ada makanan sisa yang mengandung jamur, hindari untuk memanaskannya lagi, sebaiknya konsumsi saja dalam keadaan dingin.



5. Telur



Sumber: pergikuliner.com


Telur yang masih utuh kuning telurnya akan sangat berbahaya bila dipanaskan berulang-ulang, karena paparan panas yang tinggi bisa mengubah zat bergizi dan juga protein dalam telur menjadi zat yang berbahaya. Bahkan bisa menyebabkan keracunan.



6. Ayam



Sumber: pergikuliner.com


Kandungan gizi dan protein dalam ayam akan berubah kalau dipanaskan berulang-ulang. Jika terpaksa memanaskannya, sebaiknya panaskan dengan menggunakan api kecil dengan waktu singkat, dan bila sudah merasa cukup hangat segeralah angkat.



7. Ubi



Sumber: wolipop.detik.com


Ubi dipercaya dapat menambah daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, berpengaruh pada kesuburan, mencegah diabetes, dan menjaga kesehatan mata. Sama halnya seperti bayam, ubi ternyata juga mengandung nitrat yang apabila dipanaskan kembali secara berulang zat tersebut bisa berubah menjadi nitrit.



Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?