Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Masakan Daerah Sulawesi Selatan yang Punya Rasa Khas

List Artikel
21 September 2021 | 0 Komentar

Indonesia memiliki aneka ragam kuliner dengan beragam rasa. Hal ini dikarenakan beda daerah, maka berbeda pula bumbu yang digunakan pada masakan. Perbedaan bumbu menjadikan kuliner tersebut punya ciri khas rasa yang membuatnya berbeda. Salah satu daerah di Indonesia yang punya banyak kuliner dengan rasa unik tapi enak adalah Sulawesi Selatan. Masakan daerah Sulawesi Selatan kebanyakan dibuat dengan bumbu rempah yang melimpah. Ini membuat aromanya wangi dan rasanya cukup kuat. Coba langsung lihat yuk ada masakan daerah Sulawesi Selatan mana saja yang populer karena punya ciri khas rasa.


1. Coto Makassar



Sumber: Pergikuliner.com 


Berbicara tentang masakan daerah Sulawesi Selatan pastinya kita tidak boleh ketinggalan untuk membicarakan coto Makassar. Kuliner ini sangat populer di Indonesia karena punya rasa yang khas sehingga berbeda dengan soto kebanyakan. Coto Makassar dibuat dari bahan dasar daging sapi dan tetelan yang sudah dipotong-potong lalu direbus bersama dengan bumbu rempah selama berjam-jam sehingga dagingnya jadi lebih empuk. Masakan daerah Sulawesi Selatan ini sangat cocok disantap dengan buras yang merupakan lontong khas dari daerah setempat.


2. Sup Konro



Sumber: Pergikuliner.com


Selain coto Makassar, ada sup konro yang juga menjadi salah satu masakan daerah Sulawesi Selatan yang berkuah dan cocok disantap dengan nasi putih hangat. Sup konro dibuat dari bahan dasar daging serta iga sapi yang harus dimasak berjam-jam lamanya bersama dengan bumbu rempah sehingga rasanya jadi kuat dan teksturnya jadi lebih lembut. Warna kuah dari suo konro terlihat agak gelap karena adanya campuran kluwak di dalamnya.


3. Pallubasa



Sumber: Instagram.com/stevenhans95


Pallubasa seringkali salah dikenali sebagai sup konro karena tampilannya yang mirip. Tapi keduanya sangat jauh berbeda. Pallubasa menggunakan bahan dasar tetelan dan jerohan. Tapi ada juga yang menambahkan irisan daging sapi ke dalamnya. Selain itu, pallubasa juga menggunakan bumbu rempah yang berbeda, salah satunya adalah asam jawa. Ini yang membuat rasanya menjadi gurih keasaman. Pallubasa selalu disantap dengan tambahan nasi putih hangat.


4. Kapurung



Sumber: Brisik.id


Selanjutnya ada kapurung yang menjadi salah satu masakan daerah Sulawesi Selatan. Kapurung punya tampilan yang unik, serta rasa dan tekstur yang berbeda dari kuliner khas Sulawesi Selatan lainnya. Kapurung dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang yang dimasak dengan bumbu lalu ditambahkan ikan dan sayuran. Masakan daerah Sulawesi Selatan ini cocok disantap saat masih hangat sehingga pas untuk cuaca dingin setelah hujan.


5. Mie Titi



Sumber: Grab.com


Bagi penyuka mie wajib cobain nih yang namanya mie titi. Mie titi adalah masakan daerah sulawesi yang punya rasa gurih asin dengan tekstur yang unik karena mie yang digunakan adalah mie kering, bukan mie basah. Jadi teksturnya akan unik karena ada perpaduan tekstur garing dan basah dari kuah kentalnya. Kuah dari mie titi dibuat dengan campuran irisan daging dan sayuran seperti sawi.


6. Nasu Palekko



Sumber: Resepkoki.id


Nasu palekko adalah masakan daerah Sulawesi Selatan lainnya yang dimasak dengan aneka bumbu rempah sehingga aromanya wangi dan kuat. Masakan daerah Sulawesi Selatan ini dibuat dengan bahan dasar daging bebek, tapi ada juga yang menggunakan daging sapi. Nasu palekko akan terasa sangat lezat jika disantap nersama dengan nasi. Berhubung bahan dasarnya daging bebek, maka penggunaan rempahnya sangat banyak untuk mengurangi aroma amisnya.


7. Sokko Palopo



Sumber: Cookpad.com


Masakan daerah Sulawesi Selatan yang terakhir adalah sokko palopo. Kuliner ini menjadi masakan khas suku Bugis yang tinggal di Sulawesi Selatan. Sokko palopo dibuat dari bahan dasar beras ketan putih yang dibakar dalam waktu yang cukup lama. Untuk penyajiannya, sokko palopo nantinya akan disajikan bersama dengan kelapa parut, ikan asin, dan sambal. Masakan daerah Sulawesi Selatan ini paling banyak dijumpai pada saat bulan Ramadhan.

 

Itulah beberapa makanan daerah Sulawesi Selatan yang rasanya punya ciri khas khusus sehingga membedakannya dengan kuliner khas Indonesia lainnya. Dari ketujuh makanan daerah Sulawesi Selatan, manakah yang paling Teman Kuliner sukai? Kalau Teman Kuliner ingin mencoba aneka masakan khas Sulawesi Selatan, tidak usah jauh-jauh memesan tiket pesawat ke daerah asalnya karena PergiKuliner sudah merangkum 5 rekomendasi tempat makannya buat kamu di bawah ini!

Dermaga Makassar Seafood

Foto Dermaga Makassar Seafood
Foto Dermaga Makassar Seafood
Foto Dermaga Makassar Seafood

Mamink Daeng Tata

Foto Mamink Daeng Tata
Foto Mamink Daeng Tata
Foto Mamink Daeng Tata

RM Irtim Makassar

Foto RM Irtim Makassar
Foto RM Irtim Makassar
Foto RM Irtim Makassar

Coto Makassar Daeng Mochtar

Foto Coto Makassar Daeng Mochtar
Foto Coto Makassar Daeng Mochtar
Foto Coto Makassar Daeng Mochtar

Pangkep 33

Foto Pangkep 33
Foto Pangkep 33
Foto Pangkep 33

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?