Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Menu Menu di Warteg yang Jadi Favorit Saat Tanggal Tua

List Artikel
5 Juni 2021 | 0 Komentar

Tanggal tua, biasanya jadi tanggal yang paling tidak disukai karena biasanya keadaan dompet dan atm yang semakin menipis. Banyak kiat-kiat yang dilakukan untuk tetap irit di tanggal tua, salah satunya adalah makan di warteg. Warung Tegal atau yang biasa dikenal dengan warteg merupakan salah satu tempat makan favorit orang di Indonesia karena menu yang beragam, rasa enak dan harga yang terjangkau. Harga yang ditawarkan untuk makan seporsi nasi dan lauk pauknya dibandrol sekitar Rp 11,000 - Rp 20,000 rupiah.


Di daerah asalnya, warteg dapat dijumpai hampir di sepanjang jalan raya kota ini. Menurut sejarahnya, warteg diperikakan muncul pada sekitar tahun 1960-an. Perkembangan warteg di Indonesia khususnya Ibu Kota Jakarta berjalan seiring dengan pembangunan kota yang pesat pada saat itu. Momen inilah dianggap sangat tepat untuk mendirikan tempat makan dengan lauk rumahan dan harga yang terjangkau dengan target para buruh yang bekerja. 


Beberapa menu andalan di yang akan selalu ada di warteg antara lain adalah tumis sayuran, ayam goreng, telur dadar dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa menu warteg yang paling jadi favorit pada saat tanggal tua nih. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!


1. Orek Tempe



Sumber: Resepkoki.id


Menu di warteg yang jadi favorit saat tanggal tua pertama adalah orek tempe. Lauk pauk ini paling banyak dipesan karena selain murah, rasanya sangat lezat dan cocok disantap dengan nasi putih hangat. Orek tempe dibuat dari bahan dasar tempe yang diiris korek api kecil lau digoreng dan ditumis kembali dengan bumbu. Rasanya manis asin karena ada campuran kecap dan gula merah di dalamnya. Untuk menambah sedikit rasa pedas, biasanya orek tempe akan diberi tambahan cabai rawit atau cabai merah keriting.


2. Telur Balado



Sumber: Kompas.com


Suka yang pedas-pedas? Telur balado bisa menjadi salah satu menu lauk pauk warteg yang jadi favorit saat tanggal tua. Telur balado dibuat dari telur ayam yang direbus, lalu digoreng sebentar hingga bagian luarnya kecoklatan dan berkulit, barulah dibumbui dengan bumbu balado. Selain direbus, telur balado juga ada yang langsung digoreng ceplok alias tidak direbus terlebih dahulu. Rata-rata telur balado ini dihargai Rp3.000-Rp5.000 saja.


3. Telur Dadar



Sumber: Pergikuliner.com


Masih dengan olahan telur, jika tak suka pedas, ada telur dadar yang bisa Teman Kuliner pilih sebagai lauk pauk warteg yang jadi favorit saat tanggal tua. Telur dadar warteg ada yang menggunakan telur ayam saja, dan ada juga yang mencampurnya dengan telur bebek. Telur dadar warteg diberi campuran bumbu bawang merah, bawang putih, dan cabai keriting giling serta garam, lada, dan irisan daun bawang sehingga aroma dan rasanya berbeda.


4. Sate Jeroan



Sumber: Depositphotos.com


Ada satu menu lauk pauk warteg yang jadi favorit saat tanggal tua, yakni sate jeroan. Sate jeroan ini memiliki harga yang murah sehingga banyak diminati untuk disantap bersama nasi warteg. Sate jeroan ada beragam jenisnya, mulai dari sate usus, sate ati, sate ampela, dan lain sebagainya. Rasa dari sate jeroan ini gurih asin karena dimasak dengan bumbu kuning terlebih dulu sebelum akhirnya dibuat menjadi sate.


5. Sayur Sop



Sumber: Kompas.com


Biasanya ketika membeli nasi warteg, kita akan menambahkan lauk pauk berkuah seperti sayur. Sayur sop menjadi yang paling banyak dicari karena cocok disantap dengan aneka lauk pauk warteg lainnya. Sayur sop berisi aneka sayur-sayuran seperti wortel, kentang, kembang kol, buncis, kubis, daun bawang, daun seledri, hingga tomat. Rasanya gurih asin dan menyegarkan. Cocok jika disantap dengan nasi putih.


6. Tumis Kangkung



Sumber: Pergikuliner.com


Selain sayur sop, ada tumis kangkung yang juga dijadikan sebagai lauk pauk warteg kesukaan banyak orang. Tumis kangkung terbuat dari sayuran kangkung yang ditumis bersama dengan bawang merah, bawang putih, cabai, dan sedikit kecap. Rasanya enak dan harganya juga sangat terjangkau. Tumis kangkung biasanya cocok disandingkan dengan telur balado dan gorengan saat disantap dengan nasi.


7. Aneka Gorengan



Sumber: Public.urbanasia.com


Menu terakhir lauk pauk warteg yang jadi favorit saat tanggal tua adalah gorengan. Rasanya tak akan lengkap santapan nasi wartegmu jika belum ada gorengan. Warteg menyajikan beragam gorengan yang bisa dipilih. Mulai dari bakwan jagung, bakwan sayur, tempe goreng, tahu berontak, perkedel, dan masih banyak lagi. Renyahnya gorengan bisa membuat kita menyantap makanan dengan lebih lahap.

 

Itulah menu lauk pauk warteg yang jadi favorit saat tanggal tua. Dari ketujuh lauk pauk tersebut, manakah yang paling menjadi favoritmu? Buat yang ingin merasakan kenikmatan nasi warteg, Teman Kuliner bisa mampir ke salah satu warteg di Jakarta yang ada di bawah ini ya!

Warteg Modern Kuliner Rasa

Foto Warteg Modern Kuliner Rasa
Foto Warteg Modern Kuliner Rasa
Foto Warteg Modern Kuliner Rasa

Warteg Gang Mangga

Foto Warteg Gang Mangga
Foto Warteg Gang Mangga
Foto Warteg Gang Mangga

Warung Nako

Foto Warung Nako
Foto Warung Nako
Foto Warung Nako

Warung Nasi SPG

Foto Warung Nasi SPG
Foto Warung Nasi SPG
Foto Warung Nasi SPG

Warteg Margonda

Foto Warteg Margonda
Foto Warteg Margonda
Foto Warteg Margonda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?