Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Menu Sarapan yang Jadi Favorit Masyarakat Indonesia

List Artikel
12 Mei 2016 | 0 Komentar

Berbeda dengan kebanyakan negara, Indonesia memiliki aneka makanan yang bisa dijadikan menu sarapan. Saking banyaknya, kamu bahkan bisa dengan mudah mencari sarapan mulai dari ala kaki lima, cafe, hingga restoran. Dari sekian banyak menu sarapan di Indonesia, ternyata ada tujuh menu sarapan yang menjadi favorit. Ingin tahu menu sarapan yang jadi favorit masyarakat Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini:



1. Bubur Ayam



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan pertama, PergiKuliner punya bubur ayam yang bisa dengan mudah kamu temui terutama di Pulau Jawa. Teksturnya yang lembut, santan yang gurih, serta irisan daging ayam membuat makanan ini cocok menjadi makanan di pagi hari. Bubur ayam biasanya disantap dengan tambahan aneka sate seperti sate telur puyuh, sate usus, sate ati ampela, dan lain-lain.



2. Lontong Sayur



Sumber: pergikuliner.com


Jika bubur ayam banyak ditemukan di Pulau Jawa, maka lontong sayur menjadi menu favorit sarapan warga Sumatera. Bahan pelengkapnya juga bervariasi. Ada ayam, telur rebus, nangka, pakis, dan lain-lain. Selain di Pulau Sumatera, lontong sayur juga menjadi favorit warga Jakarta.



3. Nasi Kuning



Sumber: pergikuliner.com


Makanan khas Jawa ini biasanya disajikan untuk merayakan sesuatu, namun sekarang sudah menjadi menu sarapan favorit. Alasan utamanya adalah semakin banyaknya penjual nasi kuning yang menjual makanannya saat pagi hari. Nasi kuning biasa dimakan dengan lauk pelengkap seperti, teri dan tempe goreng, ikan asin, maupun irisan telur dadar.



4. Mie



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan ke empat ada mie yang menjadi menu sarapan sejuta umat. Bagi orang-orang yang ingin praktis dan cepat, mie menjadi pilihan menu sarapan mereka. Biasanya mie yang disantap adalah mie goreng dengan tambahan telur mata sapi atau dadar sebagai tambahan gizi.



5. Nasi Pecel



Sumber: pergikuliner.com


Makanan khas kota Madiun, Jawa Timur ini disajikan dengan nasi dan dilengkapi rebusan sayur yang bervariasi seperti, tauge, kacang panjang, kemangi, pakin, bayam, dan lain sebagainya lalu disiram dengan kuah sambel kacang.



6. Nasi Uduk



Sumber: pergikuliner.com


Nasi uduk bisa dikatakan sebagai kuliner dua alam karena bisa muncul pada pagi dan malam hari. Nasi uduk khas Betawi ini selalu menjadi menu sarapan favorit warga Jakarta dengan tambahan semur tahu, telur dadar, bihun goreng, dan juga kerupuk atau emping melinjo.



7. Nasi Jagung



Sumber: sidomi.com


Nasi jagung sangat populer di Jawa Timur. Kuliner khas Madura ini berupa nasi putih yang dicampur dengan jagung lalu diberi sayuran dan urap. Rasanya agak manis karena ada jagung manis yang dipipil. Kalau mau pedas, kamu tinggal menambahkan sambal.

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1

Nasi Uduk Kebon Kacang Babe Samson

Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Babe Samson
Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Babe Samson

Lontong Medan Alay

Foto Lontong Medan Alay
Foto Lontong Medan Alay

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Nasi Pecel Mbak Ira

Foto Nasi Pecel Mbak Ira

Nasi Uduk Kebon Kacang Kakek H. Suryadi

Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Kakek H. Suryadi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?