Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Nama Kuliner Asing yang Sering Salah Diucapkan Oleh Orang Indonesia

List Artikel
14 September 2018 | 0 Komentar

Meski kuliner dari ranah negeri sendiri tak akan ada tandingannya, tapi kuliner-kuliner asing yang ada di Indonesia juga tak kalah lezatnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan ketenaran kuliner asing yang namanya bahkan cita rasanya sudah sangat akrab di telinga dan lidah orang Indonesia. Walapun demikian, tapi ternyata ada kuliner-kuliner asing yang terkenal tersebut seringkali salah diucapkan oleh masyarakat kita karena pelafalannya yang cukup sulit. Agar kamu tidak keliru lagi, PergiKuliner punya tujuh nama kuliner asing yang sering salah diucapkan oleh orang Indonesia, yaitu:


1. Croissant



Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner asing pertama adalah croissant yang berasal dari Perancis. Selain di bakery, croissant di Indonesia lebih banyak dijual di coffee shop sebagai teman saat menyeruput kopi. Meskipun sudah banyak yang mengetahui pastry gurih ini, tapi masih ada saja yang keliru mengucapkannya. Biasanya orang Indonesia lebih sering mengucap croissant dengan nama "kroisant" atau "kroa-san". Padahal pengucapan yang benar adalag "kwa-sohn".


2. Macaron



Sumber : Pergikuliner.com


Masih dengan dessert khas Perancis, ada macaron yang memiliki tampilan warna-warni pastel yang cantik seperti merah muda, biru muda, biru telur asin, dan lain sebagainya. Bentuknya yang bulat mungil ini membuat siapa saja merasa gemas melihatnya. Tak sedikit orang yang salah mengucapkan macaron dengan pengucapan ‘macarong’. Aslinya kuliner ini diucapkan dengan pelafalan "mack-uh-hron".


3. Baguette



Sumber : Pergikuliner.com


Lagi-lagi masih dengan kuliner dari Perancis dan termasuk dalam kategori pastry, ada baguette yang bentuknya sangat unik karena memiliki panjang mulai dari 30 cm hingga 1 meter. Tekstur luarnya sangat keras sedangkan pada bagian dalamnya agak sedikit lebih lembut. Roti yang menjadi simbol budaya di Perancis ini lebih sering diucapkan dengan kata "ba-guet". Padahal pelafalan aslinya sangat mudah yakni "baget".


4. Bruchetta



Sumber : Pergikuliner.com


Dari Perancis, kita beralih ke negara Italia. Ada bruchetta yang termasuk dalam antipasto atau appetizer yang sering muncul ketika kamu makan di restoran Italia. Bruchetta merupakan roti yang dipanggang lalu diberi tambahan topping yang beragam di atasnya. Bruchetta sengaja dibuat dalam ukuran kecil sehingga bisa langsung sekali lahap. Buat kamu yang sering melafalkan bruchetta dengan lafal "bru-heta", pelafalan yang benar adalah "bru-sket-tah".


5. Gnocchi



Sumber : Pergikuliner.com


Ternyata ada lagi kuliner Italia yang sering salah dilafalkan. Gnocchi merupakan salah satu jenis pasta basah yang hanya bisa kamu jumpai di restoran autentik Italia. Tidak seperti jenis pasta lainnya yang terbuat dari tepung semolina, gnocchi terbuat dari campuran kentang yang dibentuk kecil lalu direbus dan dicampur dengan saus. Pengucapan gnocchi yang benar adalah "knock-ee", bukan "gnok-chi" atau "gno-kki".


6. Poke Bowl



Sumber : Pergikuliner.com


Kamu pasti tahu kuliner sehat kekinian yang sedang digandrungi banyak pecinta kuliner. Setelah tren smoothie bowl, kini ada tren poke bowl yang merupakan kuliner asal Amerika yang menyajikan potongan ikan mentah dengan sayur, buah, dan kacang-kacangan. Poke bowl memiliki pelafalan "poh-kay bo-hl". Bukan "po-ke ba-ool" atau "pokey ba-ool". Jadi jangan sampai salah ucap ya saat memesannya.


7. Quinoa



Sumber : Thespruceeats.com


Terakhir ada kuliner sehat lagi yang sering digunakan sebagai pengganti nasi karena kandungan quinoa memiliki kandungan serat tinggi di dalamnya sehingga bagus untuk pencernan dan juga orang yang sedang diet. Untuk melafalkan quinoa ini memang cukup sulit. Biasanya orang akan melafalkan quinoa dengan pelafalan "kwue-noah", aslinya kamu harus melafalkannya dengan pelafalan "keen-wah".


Nah, itu dia ketujuh kuliner asing yang sering salah diucapkan oleh orang Indonesia. Di Jakarta sendiri makanan-makanan seperti di atas bukanlah hal yang asing lho. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di cafe-cafe atau restoran yang ada di Jakarta, atau supaya memudahkan kamu menemukan tempat makan terbaiknya, PergiKuliner sudah siapkan lima rekomendasi tempatnya di bawah ini!

La Maison

Foto La Maison
Foto La Maison
Foto La Maison

Honu Central

Foto Honu Central
Foto Honu Central
Foto Honu Central

Heritage by Tan Goei

Foto Heritage by Tan Goei

McGettigan's

Foto McGettigan's
Foto McGettigan's

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?