Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Olahan Jamur Terfavorit di Dunia, Kamu Sudah Pernah Coba Belum?

List Artikel
15 Mei 2018 | 0 Komentar

Jamur merupakan salah satu bahan makanan sehat yang nilai gizinya bisa menyamai daging. Setelah dimasak, tekstur dari jamur ini memang sangat mirip dengan tekstur daging sapi sehingga jamur seringkali dijadikan pengganti daging pada olahan vegetarian. Ada beragam jenis jamur di dunia yang bisa dijadikan olahan masakan, contohnya saja jamur shitake, jamur kancing, jamur enoki, jamur tiram, dan masih banyak lagi. Banyaknya ragam jamur ini membuat ada banyak juga olahan yang menggunakan bahan dasar jamur. Di dunia, ada tujuh olahan jamur yang paling sering disantap, yaitu:

 

1. Beef Enoki Roll dari Jepang


Sumber: wandercooks.com


Olahan jamur pertama yang paling terkenal di dunia adalah beef enoki yang berasal dari Jepang. Olahan jamur ini menggunakan jamur enoki yang digulung atau diselimuti dengan irisan daging sapi tipis lalu dipanggang hingga matang. Cita rasanya sangat unik karena ada campuran tekstur kenyak dari daging dan renyah dari jamur. Biasanya beef enoki dijadikan lauk untuk disantap bersama nasi.


2. Nam Xao La Su Su dari Vietnam


Sumber: sndimg.com


Vietnam terkenal dengan kulinernya yang banyak menggunakan sayur-sayuran seperti wortel, tauge, selada, hingga jamur. Olahan jamur yang favorit di Vietnam adalah nam xao la su su yang merupakan tumisan jamur dan daun paki muda. Jamur yang digunakan bisa jamur shitake atau jamur kancing, tapi kamu juga bisa menggunakan jenis jamur lainnya kok. Biasanya nam xao la su su ini disantap bersama dengan nasi putih.


3. Tom Yum Het dari Thailand


Sumber: tripadvisor.com


Bukan rahasia lagi kalau Thailand terkenal akan kuliner yang bernama tom yum kung. Jika tom yum kung dibuat dengan campuran seafood di dalamnya, tom yum het ini dibuat dengan campuran jamur tiram yang dimasak dengan bumbu dan kuah tom yum. Cita rasanya tentu saja tidak jauh berbeda dengan tom yum kung. Hanya saja tom yum het ini bisa disantap oleh vegetarian.


4. Mushroom Bordelaise dari Perancis


Sumber: food52.com


Di Perancis, jamur porcini sangat mudah ditemukan dan memiliki harga yang tergolong murah sehingga banyak diolah menjadi beragam kuliner lezat. Salah satu olahan jamur porcini yang paling populer di Perancis adalah mushroom bordelaise yang merupakan tumisan jamur dengan bawang putih, minyak zaitun, dan peterseli saja. Cara membuat yang mudah ini menjadikannya identik dengan kuliner rumahan.


5. Svamptoast dari Swedia


Sumber: cloudinary.com


Menyantap jamur saat sarapan? Kenapa tidak? Kamu bisa menyantap svamptoast yang berasal dari Swedia. Kuliner ini terbuat dari roti yang dipanggang hingga garing lalu diberi topping jamur yang sudah ditumis hingga matang. Biasanya di atas jamur diberi tambahan keju mozarella sehingga saat dilelehkan sehingga citarasanya jadi lebih gurih dan asin.


6. Cheesy Mexican Mushroom Skillet dari Meksiko


Sumber: generalmills.com


Buat yang suka keju, kamu pasti akan suka olahan jamur yang satu ini. Cheesy Mexican mushroom skillet merupakan jamur yang diolah dengan cara dipanggang di atas teflon bersama dengan bahan-bahan lainnya seperti keju, tomat, bawang bombay, serta rempah-rempah bumbu. Sekilas kuliner ini memang mirip dengan pizza asal Italia, tapi cheesy Mexican mushroom skillet memiliki tekstur yang lebih kenyal karena penggunaan jamur yang banyak.


7. Crab and Lobster Stuffed Mushroom dari Inggris


Sumber: healthyrecipes.com


Beralih ke Inggris, ada crab and lobster stuffed mushroom yang sering disantap sebagai menu makan malam. Sesuai dengan namanya, olahan jamur yang satu menggabungkan daging lobster dan juga kepiting yang dimasak terlebih dahulu dan dimasukkan ke dalam jamur lalu dipanggang dengan diberi taburan keju mozarella di atasnya. Penggunaan lobster dan kepiting membuat olahan jamur ini tergolong dalam kuliner mewah di Inggris.

 

Dari ketujuh olahan jamur di atas, kira-kira kamu ingin menyantap yang mana nih teman PergiKuliner? Namun rasanya sedikit susah ya menemukan ketujuh olahan jamur seperti di atas. Tapi jangan sedih, teman PergiKuliner. Kamu masih bisa nikmatin olahan jamur lainnya seperti dalam mie ayam, jamur krispi dan lainnya di tempat makan yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Mie Ayam Jamur Lily

Foto Mie Ayam Jamur Lily
Foto Mie Ayam Jamur Lily

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Takemori Shabu - Shabu

Foto Takemori Shabu - Shabu
Foto Takemori Shabu - Shabu

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu

Istana Jamur

Foto Istana Jamur
Foto Istana Jamur
Foto Istana Jamur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?