Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Olahan Pisang yang Cocok Banget untuk Takjil

List Artikel
31 Maret 2023 | 0 Komentar

Pisang menjadi salah satu buah yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena mudah sekali menemukan buah satu ini. Ditambah jenis pisang di Indonesia yang beragam ada pisang tanduk, pisang nangka, pisang ambon dan lain sebagainya. Saking banyaknya jenis pisang di Indonesia, membuat banyak pula olahan buah pisang dari berbagai daerah. 


Do bulan Ramadan, pisang sering kali diolah menjadi takjil karena mudah ditemukan dan dimasak sendiri. Pisang juga merupakan buah yang seringkali menjadi pilihan untuk berbuka puasa karena kaya akan nutrisi dan mudah dicerna oleh tubuh. Dari sekian banyak olahan pisang, ada tujuh yang paling cocok untuk dijadikan sebagai makanan untuk berbuka puasa, apa saja? Kita cek 7 olahan pisang yang cocok untuk takjil di bawah ini!


1. Pisang Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Olahan pisang yang cocok untuk takjil pertama sudah pasti pisang goreng. Pisang goreng adalah salah satu olahan pisang yang paling populer. Rasanya yang manis, gurih dan renyah membuatnya menjadi takjil yang lezat dan mudah disukai. Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup goreng pisang yang telah dipotong-potong dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Pisang goreng bisa disajikan dengan tambahan selai atau madu agar lebih manis. Kamu juga bisa mencelupkan pisang ke dalam adonan tepung terlebih dahulu untuk menambah tekstur pisang menjadi lebih renyah. 


2. Piscok


Sumber: Diadona.id


Masih dengan olahan pisang yang digoreng, ada piscok yang dibuat dari bahan dasar pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia baru kemudian digoreng hingga renyah. Dinamakan piscok karena memang dibuat dari campuran pisang dan cokelat. Jadi di dalamnya juga terdapat cokelat, bisa berupa cokelat meises, cokelat chips, hingga cokelat selai. Piscok terkenal akan sensasi lumer saat disantap dalam keadaan masih panas.


3. Kolak Pisang


Sumber: Piknikdong.com


Kolak sudah pasti masuk ke dalam daftar olahan pisang yang cocok banget untuk takjil. Kolak pisang dibuat dengan cara pisang yang sudah matang dicampur dengan santan, gula, dan bahan-bahan lainnya seperti biji salak atau kolang-kaling. Kolak pisang biasanya disajikan dalam keadaan panas dan bisa dihidangkan sebagai takjil atau sebagai hidangan penutup setelah makan berbuka. Untuk menambah aromanya, kolak akan ditambahkan daun pandan dan vanila. Untuk jenis pisang yang digunakan kebanyakan adalah pisang tanduk dan pisang kepok karena teksturnya yang tidak mudah hancur saat dimasak.


4. Es Pisang Ijo



Sumber: Pergikuliner.com


Es pisang ijo merupakan kuliner yang berasal dari Makassar. Es pisang ijo sangat popuer, tidak hanya di daerah asalnya melainkan juga di seluruh daerah di Indonesia. Es pisang ijo merupakan es yang dibuat dari bahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan tepung beras yang sudah diwarnai dengan warna hijau dan dikukus hingga matang. Setelah dingin, adonan pisang tadi akan disajikan bersama dengan es serut, sirup merah, kuah santan, dan bubur sumsum.


5. Nagasari



Sumber: Detik.net.id


Selanjutnya ada nagasari yang menjadi jajanan tradisional khas Indramayu, Jawa Barat. Nagasari dibuat dari bahan dasar potongan pisang yang dibalut dengan adonan tepung beras lalu dibungkus dengan daun pisang. Adonan tepung beras ini dicampur dengan santan dan gula pasir sehingga rasanya menjadi lebih gurih dan manis. Selain dijadikan sebagai takjil, nagasari juga sering dijadikan sebagai isian snack box.


6. Kue Mata Roda



Sumber: Media.bakingworld.id


Kue mata roda juga termasuk dalam olahan pisang yang cocok banget untuk takjil. Kue mata roda adalah kue tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan singkong parut yang sudah dicampur dengan vanila, gula pasir, dan garam. Pisang yang dibalut adonan singkong akan dikukus hingga matang lalu dipotong-potong dan disajikan bersama dengan kelapa parut kasar yang sudah dikukus hingga matang.

 

7. Pisang Epe



Sumber: Rasabunda.com


Olahan pisang yang terakhir adalah pisang epe. Camilan ini sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan bahan dasar pisang, gula merah, dan kacang tanah sangrai yang dicincang. Pisang yang digunakan untuk pisang epe adalah pisang kepok yang dibakar dengan cara dijepit. Setelah aromanya wangi, pisang epe akan disajikan bersama dengan saus gula merah di atasnya. Pisang epe biasanya disantap di sore hari bersama dengan kopi atau teh hangat. Tapi pisang epe juga cocok dijadikan sebagai takjil.

 

Itulah beberapa olahan pisang yang cocok untuk takjil yang bisa kamu santap saat berbuka puasa. Buat kamu yang sedang menjadi takjil, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa didatangi!

YOMS Pisang Madu & Gorengan

Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Tian Banana x 13coffee

Foto Tian Banana x 13coffee
Foto Tian Banana x 13coffee
Foto Tian Banana x 13coffee

Pisang Ungu

Foto Pisang Ungu
Foto Pisang Ungu
Foto Pisang Ungu

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?