Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

List Artikel
1 Oktober 2018 | 0 Komentar

Siapa yang sudah pernah datang ke Surabaya? Surabaya merupakan Ibukota Jawa Timur yang termasuk dalam jajaran kota wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia. Berbagai macam tempat wisata yang ditawarkan oleh Kota Pahlawan ini membuat para wisatawan berdatangan, terutama pada saat liburan akhir pekan. Ketika kamu pergi berwisata, pastinya tidak lengkap jika kembali tanpa membawa buah tangan atau oleh-oleh. Tapi di Surabaya ini, kira-kira oleh-oleh apa yang paling banyak dibawa pulang oleh wisatawan? Coba intip yuk!

 

1. Lapis Surabaya



Sumber : Lapislapis.co.id


Pertama ada lapis Surabaya yang sudah sangat terkenal sebagai kue khas Surabaya. Orang-orang yang datang ke Surabaya pasti tak pernah kelupaan untuk membawa pulang oleh-oleh kue lapis Surabaya. Lapis Surabaya atau yang dikenal dengan nama kue spikoe ini memiliki dua warna dalam satu kue, yakni kuning dan cokelat. Teksturnya sangat lembut karena tidak menggunakan putih telur, melainkan hanya kuning telur. Lapis Surabaya ada yang dibuat dengan cara dipanggang dan ada juga yang dikukus.


2. Almond Crispy


Sumber : Medium.com/@bogajayaindragiri01


Oleh-oleh khas Surabaya berikutnya adalah Almond Crispy yang tergolong dalam oleh-oleh modern dari Surabaya. Sesuai dengan namanya, cemilan ini terbuat dari campuran tepung almond, telur, tepung terigu, gula, dan susu. Almond crispy memiliki bentuk bulat tipis denga beragam pilihan rasa, mulai dari keju, cokelat, dan green tea yang menjadi 3 rasa utama. Almond crispy sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan minuman kopi atau teh di sore hari.

 

3. Jenang Mangrove



Sumber : Omiyago.com


Masih dengan kuliner bercita rasa manis, tapi kali ini teksturnya kenyal, yakni ada jenang mangrove. Kamu pasti bertanya-tanya pohon mangrove yang biasanya ada di tempat wisata kenapa sekarang bisa menjadi jenang? Jenang mangrove ini dihasilkan dari bunga mangrove yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi cemilan legit yang enak disantap. Selain dijadikan jenang, bunga mangrove ini juga dijadikan sirup lho.


4. Siropen Telasih



Sumber : Ksmtour.com


Selain sirup mangrove, ada juga sirup telasih yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Sirup ini ternyata sudah ada sejak tahun 1923 dan dikelola oleh perusahaan Belanda, tapi sekarang sudah berpindah tangan ke orang Indoesia. Sirup dengan rasa jadul ini memiliki beberapa variasi rasa seperti frambosen, jeruk keprok, mawar, vanili, dan cocopandan. Siropen telasih ini ada yang dijual dalam bentuk botol sirup bening biasa dan ada juga yang dijual dalam kemasan botol wine yang lebih premium.


5. Kerupuk Ikan Kenjeran



Sumber : Disurabaya.id


Kalau tidak suka yang manis-manis, kamu bisa mencoba kerupuk ikan kenjeran yang jadi namanya diambil dari nama salah satu pantai ternama di Surabaya yakni Pantai Kenjeran. Meski namanya kerupuk ikan Kenjeran, tapi kerupuk ini tidak hanya dibuat dari ikan saja. Ada juga yang dibuat dari cumi, rumput laut, atau kerang. Saat membelinya sebagai oleh-oleh, kamu bisa memilih dalam bentuk mentah atau yang belum digoreng atau yang sudah matang.

 

6. Guna-guna Snack



Sumber : Plumandapple.wordpress.com


Namanya memang terdengar lucu karena terdengar seperti nama ilmu guna-guna. Padahal kuliner ini merupakan nama merek snack yang kemasannya terbuat dari kaleng dengan gambar vintage yang membawa kamu bernostalgia dengan kaleng-kaleng snack jaman dulu. Ada banyak produk yang dijual oleh Guna-guna Snack, mulai dari keripik kentang, keripik buah naga, keripik singkong, basreng, semprit, dan masih banyak lagi.

 

7. Sambal Bu Rudy



Sumber : Moneysmart.id


Terakhir ada Sambal Bu Rudy yang ketenarannya hingga ke luar negeri. Sambal Bu Rudy memiliki cita rasa yang khas sehingga membuat siapa saja ketagihan dan tidak bisa hanya membeli satu botol saja. Sambal Bu Rudy memiliki beberapa jenis sambal khas Indonesia yang bisa kamu pilih, mulai dari sambal bajak, sambal bawang, sambal udang, sambal ijo, dan masih banyak lagi.


Nah, itu dia beberapa oleh-oleh khas Surabaya yang kekinian dan wajib untuk kamu bawa pulang ketika berkunjung ke Surabaya. Buat kamu yang tinggal di Surabaya dan kepingin juga mengirimkan bingkisan untuk sanak saudara atau teman yang ada di luar kota, kamu juga bisa mengirimkan makanan-makanan seperti di atas lho. Atau kamu bisa juga membelikan aneka cemilian dan kue kikinian seperti kue-kue di bawah ini sebagai buah tangan atau oleh-oleh!

Lapis Kukus Pahlawan

Foto Lapis Kukus Pahlawan
Foto Lapis Kukus Pahlawan

Vidi Vini Vici

Foto Vidi Vini Vici
Foto Vidi Vini Vici
Foto Vidi Vini Vici

Lapis Kukus Surabaya

Foto Lapis Kukus Surabaya
Foto Lapis Kukus Surabaya

Surabaya Snow Cake

Foto Surabaya Snow Cake
Foto Surabaya Snow Cake
Foto Surabaya Snow Cake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?