Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Rice Cake Korsel Terfavorit yang Tampilannya Unik

List Artikel
31 Juli 2019 | 0 Komentar

Penggemar kuliner Korea Selatan (Korsel) pasti sudah tahu bukan dengan rice cake atau yang lebih dikenal dengan nama tteok ini? Tteok merupakan kue beras yang asalnya dari Korsel dan selalu disajikan pada beberapa acara tertentu seperti pernikahan dan tahun baru karena kuliner ini termasuk dalam jajanan tradisional yang menyimpan banyak makna. Tteok terbuat dari bahan utama beras atau ketan lalu dicampur dengan bahan-bahan lainnnya seperti madu, gula, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Penggunaan bahan tambahan inilah yang membuat tteok memiliki beragam jenis. Dari sekian banyak jenis tteok yang ada di Korsel, ternyata ada tujuh yang memiliki tampilan untuk sehingga ketika kamu melihatnya, kamu menjadi penasaran ingin mencicip seperti apa rasanya. Langsung lihat saja yuk beberapa jenis tteok unik di bawah ini!

 

1. Songpyeon



Sumber : Koreabapsang.com


Pertama ada tteok yang bentuknya ini menyerupai bulan sabit. Warna dari songpyeon ini hanya tiga saja, yakni kuning, putih, dan hijau tua. Tak hanya bentuk dan warnanya saja yang menarik. Penyajiannya ini tergolong unik karena menggunakan duri atau daun cemara sebagai alasnya. Hal ini bukan tanpa alasan lho. Penggunaan duri cemara ini dimaksudkan supaya songpyeon tidak lengkep dan bisa menambah aroma cita rasanya. Songpyeon punya isian kacang merah, kacang kedelai, kastanye dan jujube.

 

2. Jeolpyeon



Sumber : Gettyimagebank.com


Dilihat dari bentuknya saja Jeolpyeon sudah terlihat unik karena berbentuk daun. Jeolpyeon merupakan kue beras yang terbuat dari tepung beras yang dikukus dengan cetakan berbentuk daun. Berhubung warnanya ini hijau tua, jadi semakin terlihat seperti daun asli pada umumnya. Jeolpyeon memiliki tekstur yang agak lengket sehingga bagian luarnya sering dilapisi dengan minyak wijen.

 

3. Baekseolgi Tteok



Sumber : Pinimg.com


Selanjutnya ada baekseolgi tteok yang sering mendapat julukan sebagai kue beras salju karena warnanya putih. Tteok ini terbuat dari tepung beras yang dikukus lalu dipotong kotak dan disajikan dengan hiasan kacang atau bunga di atasnya. Baekseolgi tteol bisa ditemukan dengan mudah pada saat acara khusus seperti hari ke-21 setelah anak dilahirkan atau hari ke-100 setelah keluarga meninggal dunia. Baekseolgi dianggap sebagai lambang kesucian dan kemurnian.  

 

4. Mujigae Tteok


Sumber : Pinimg.com


Melihat warnanya pasti membuatmu berkata kalau jenis tteok ini sangat cantik. Dalam bahasa Korea, mujigae memiliki arti pelangi. Jadi berhubung namanya pelangi, maka tteok ini memiliki warna yang beragam. Setidaknya ada lima warna di dalamnya, seperti putih, hijau, merah muda, kuning, dan lain sebagainya. Berbeda dengan jenis tteok lainnya, tekstur mujigae tteok ini tergolong sangat lembut tapi bisa membuat kamu cepat haus saat menyantapnya alias teksturnya bikin seret. Mujiae tteok sering disajikan saat jamuan makan atau pesta masyarakat Korea.  

 

5. Pat Sirutteok



Sumber : Linet.net 


Sekilas tteok ini memang sangat mirip dengan bentuk cake. Pat sirutteok memang merupakan jenis tteok yang berbentuk seperti cake karena selalu disajikan pada saat ulang tahun atau pesta pernikahan. Tteok yang digunakan adalah tteok putih tanpa warna apapun, lalu dilapisi dengan kacang merah yang sudah dimasak dengan gula sehingga cita rasanya menjadi manis dan teksturnya juga jadi lebih beragam.

 

6. Bukkumi



Sumber : Wikimedia.org


Berbeda dengan tteok yang ada di atas, bukkumi ini tidak dimasak dengan cara dikukus, melainkan digoreng. Bukkumi memang merupakan jenis tteok goreng yang berwarna kecoklatan dan berbentuk setengah lingkaran atau bulan sabit. Warna cokelat ini didapat karena ada campuran bubuk kayu manis di dalamnya. Untuk isian bukkumi ini ada campuran kacang merah dengan biji wijen dan gula atau madu. Pada bagian atasnya biasanya dihias dengan menggunakan irisan kacang.

 

7. Hwajeon



Sumber : Simpelifeandgivethanks.com


Terakhir ada hwajeon yang dari tampilanya saja sudah terlihat cantik karena ciri khas dari jenis tteok ini adalah penggunaan kelopak bunga yang ada di bagian atasnya. Kelopak bunga yang diletakkan ini bisa dimakan lho. Biasanya kelopak bunga yang digunakan adalah bunga azalea. Tapi kamu juga bisa menggunakan bunga lainnya yang bisa dimakan tentunya. Cara pembuatan tteok ini juga tidak dengan cara dikukus melainkan di pan fry atau digoreng dengan minyak sedikit. Cita rasanya sudah pasti unik karena ada campuran kelopak bunganya.

 

Nah, dari ketujuh jenis tteok di atas, mana yang merupakan favoritmu nih? Jika kamu menyukai aneka kuliner Korea, kamu bisa mencicipi yang lainnya di salah satu dari restoran Korea di bawah ini ya!

88 Korean Kitchen

Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Oppa Korean Food Cafe

Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe

Young Dabang

Foto Young Dabang
Foto Young Dabang
Foto Young Dabang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?