Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Takjil Paling Tenar di Seluruh Dunia yang Bikin Kamu Ngiler

List Artikel
3 Juni 2017 | 0 Komentar

Bulan Ramadhan menjadi bulan penuh berkah di mana umat muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa selama satu bulan. Menahan rasa lapar dan haus serta hawa nafsu menjadi suatu kewajiban saat puasa. Ada hal unik yang hanya kamu jumpai di bulan Ramadhan, yaitu menjamurnya penjual makanan pembuka yang disebut dengan takjil. Takjil ini biasanya berupa makanan manis karena memang disarankan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis. Kali ini PergiKuliner akan memberikan tujuh takjil paling terkenal di seluruh dunia, yaitu:

 

1. Gullac dari Turki



Sumber: gimas.com


Turki yang 98% populasi penduduknya adalah muslim menjadikan nuansa Ramadhan sangat terasa sekali. Di Turki takjil yang paling digemari adalah gullac yang merupakan puding dengan bahan tepung maizena, tepung terigu, dan air sari mawar yang diberi kacang pistaschio. Bentunya lembaran-lembaran tipis berlayer yang memiliki warna putih dan merah yang terlihat sangat cantik.

 

2. Kaak dari Tunisia



Sumber: jimenaexperience.org


Kaak merupakan jenis roti yang selalu muncul saat bulan Ramadhan di Tunisia. Roti ini tergolong sangat unik karena ketika proses pemanggangannya, roti ini bertekstur sangat keras, tapi saat sudah dingin maka teksturnya jadi lebih lembut. Bahan utama kaak terbuat dari tepung, gula, mahleb, telur, mentega, baking powder, dan pastinya biji wijen agar aromanya tambah wangi. Kaak lebih banyak ditemukan di pinggir jalan yang dijual oleh pedagang kaki lima.

 

3. Fruit Chaat dari Pakistan



Sumber: zabihabites.com


Fruit chaat yang banyak dijumpai di Pakistan ini merupakan salad buah yang terdiri dari pepaya, pisang, jeruk, delima merah, anggur, nanas, apel, kentang atau ubi rebus yang kemudian diaduk denga perasan lemon, chaat masala, jinten, bubuk cabe, dan garam hitam. Cita rasanya tentu saja berpadu antara manis, asam, dan sedikit pedas. Takjil yang satu ini sering dijuluki sebagai salad buah khas Pakistan.

 

4. Lham Lhalou dari Algeria



Sumber: stefangourmet.wordpress.com


Lham lhalou merupakan daging manis yang berasal dari Algeria. Dinamakan daging manis karena kuliner ini terbuat dari daging domba yang dimasak dengan aneka buah-buahan kering seperti kurma, kismis, plum, dan jeruk serta rempah seperti kayumanis, cengkeh, dan jahe. Lham lhalou disajikan dengan taburan kacang-kacangan sangrai sehingga teksturnya jadi lebih bervariasi.

 

5. Kheer dari India



Sumber: amazoneaws.com


Kheer merupakan bubur nasi asal India yang memiliki rasa manis. Kheer terbuat dari beras basmati, susu, gula, kapulaga, saffron, keju, almond, kacang mete, kismis, serta aneka buah-buahan kering lainnya seperti delima dan anggur. Kuliner ini sangat terkenal sebagai menu takjil untuk berbuka sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan kheer di pedagang kaki lima pinggir jalan.

 

6. Sawine dari Trinidad & Tobago



Sumber: thestar.com


Beralih ke kawasan Karibia, tepatnya di Trinidad & Tobago ada takjil unik yang sangat menggugah selera. Sawine terbuat dari bihun rebus yang disajikan bersama dengan kuah susu, kayu manis, kacang-kacangan seperti almond dan mete, serta kismis. Kuliner ini harus disantap saat masih panas sehingga aroma wangi dari susus masih terasa. Keunikannya membuat kuliner ini banyak diburu wisatawan asing yang sedang berkunjung saat bulan Ramadhan.

 

7. Kolak dari Indonesia



Sumber: pergikuliner.com


Berbicara tentang takjil, kolak khas Indonesia tak boleh ketinggalan dalam daftar. Kolak merupakan kuliner yang terbuat dari ubi, pisang, singkong, labu, yang dimasak dengan kuah santan yang diberi gula merah dan vanili sehingga aromanya wangi. Meski di bulan Ramadhan, kolak bisa dengan mudah dijumpai sebagai menu takjil, di luar bulan Ramadhan kamu tak akan menemukan penjual kolak di pinggir jalan atau restoran.


Ternyata anjuran "berbuka dengan yang manis" tidak hanya berlaku di Indonesia saja ya. Rata-rata takjil yang di konsumsi masyarakat muslim di seluruh dunia umumnya bercita rasa manis. Nah, buat teman PergiKuliner yang ingin mencari takjil dari berbagai negara di atas tetapi sulit menemukannya kecuali kolak, kamu bisa mengganti takjil kamu dengan lebih modern dengan makanan manis dari beberapa tempat makan yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

MOREAU Chocolatier's Cafe

Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe

Turkuaz

Foto Turkuaz
Foto Turkuaz

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Ingin ngajak keluarga atau teman untuk berbuka puasa di luar? Cari rekomendasi restorannya di Pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?