Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Tradisi Makan Orang India yang Unik dan Menarik

List Artikel
29 November 2021 | 0 Komentar

Setiap negara tentu memiliki kebudayaan dan tradisi masing-masing. Begitu juga dengan India, yang punya budaya dan tradisi cukup unik, terutama dalam tata cara makan khas India. Masyarakat India begitu menjaga dan melestarikan tata cara makan yang sudah diwariskan secara turun temurun. Tradisi makan di India juga mendapat banyak pengaruh dari beberapa negara tetangganya. Karena India sendiri diapit oleh berbagai negara dari Timur Tengah dan Asia Selatan. Nah, kali ini PergiKuliner mau mengajak kalian mengenal lebih lanjut mengenai tradisi makan masyarakat India yang unik. Penarasan seperti apa tradisinya? Langsung saja baca selengkapnya di bawah ini!



Sumber: Tajfoodmi.com


1. Makan Menggunakan Tangan

Sama seperti Indonesia, tradisi makan di India yang masih dipertahankan adalah makan menggunakan tangan. Hal ini berkaitan juga dengan kepercayaan masyarakat India yang mengatakan bahwa setiap jari tangan manusia merepresentasikan lima elemen penting yaitu langit, tanah, air, api dan udara. Sehingga mengonsumsi makanan dengan dapat menstimulasi kelima elemen tersebut dan membantu memperlancar sistem pencernaan. Maka dari itu, makanan akan terasa lebih nikmat ketika dimakan menggunakan tangan. Pada jamuan makan di India, setiap tamu pun diharuskan mengambil makanan menggunakan tangan kanan dan jangan sekali-kali menggunakan tangan kiri karena dianggap tidak sopan.


2. Makan Bersama Dalam Satu Piring Besar

Tradisi makan di India berikut adalah makan bersama dalam satu piring besar. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh seluruh keluarga besar ketika mengadakan acara makan bersama. Dalam satu piring besar dihidangkan berbagai macam makanan. Sebelum menyantap makanan, biasanya seluruh keluarga duduk berkumpul mengelilingi piring tersebut. Kemudian secara bergantian mengoper makanan untuk dinikmati. Tidak boleh anggota keluarga yang saling berebut mengambil makanan dan harus selalu tenang. Setelah itu, barulah setiap anggota boleh mengambil bagian mereka masing-masing. Porsi makanan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga, sehingga tidak ada makanan yang tersisa.


3. Makan Setelah Dipersilahkan Tuan Rumah

Jika bertamu ke rumah orang lain, biasanya masyarakat India memulai makan ketika sudah dipersilahkan oleh tuan rumah. Meskipun makanan sudah tersaji di meja makan, namun jika tuan rumah belum mempersilahkan, maka tamu tidak boleh makan mendahului tuan rumah. Hal ini berkaitan dengan norma kesopanan yang berlaku di India. Tamu baru boleh dipersilahkan makan jika tuan rumah selesai berdoa dan mempersilahkan tamu untuk makan. Begitu pun setelah selesai makan, jika masih banyak orang yang belum selesai makan, maka tamu yang lain tidak diperkenankan untuk meninggalkan meja makan. Karena hal itu dianggap tidak sopan dan tidak menghormati orang yang sedang menghabiskan makanannya.


4. Jamuan Makan Terpisah

Tradisi uniknya lainnya adalah dalam masyarakat India biasanya disediakan jamuan makan terpisah untuk tamu laki-laki dan perempuan. Namun jika tempat makan tidak dipisah, jangan sekali-kali menyentuh makanan untuk tamu laki-laki maupun perempuan. Karena di India sangat menghormati perbedaan gender. Makanan akan disediakan oleh tuan rumah wanita, kemudian tamu akan dipersilahkan untuk mengambil makanan secukupnya atau tidak terlalu banyak. Seiring berjalannya acara jamuan makan, biasanya tuan rumah akan mempersilahkan tamu untuk menambah makanan. Uniknya, masyarakat India punya kebiasaan menyantap makanan penutup di awal jamuan makan bersama dengan makanan pembuka yang terbuat dari daging.


5. Tradisi Thali

Tradisi thali umumnya banyak ditemukan di wilayah Gujarat, Rajashtan dan India Selatan. Tradisi ini berupa penyajian berbagai hidangan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menu-menu dalam tradisi thali memiliki kandungan lengkap seperti karbohidrat, serat, protein dan nutrisi lainnya. Biasanya tradisi ini terdiri dari aneka hidangan lezat khas India mulai dari sayuran hijau, kacang-kacangan, nasi dan roti India. Tak hanya lezat, menu-menu dalam tradisi thali juga sehat dan bergizi tinggi.


6. Tradisi Wazman

Tradisi wazman biasanya dilakukan pada saat acara-acara tertentu, seperti acara pernikahan atau upacara adat. Wazman sendiri merupakan tradisi yang berasal dari Kashmir, India Selatan. Dimana tradisi ini berupa penyajian berbagai hidangan khas Kashmir sebagai bentuk seni dan kebanggaan terhadap budaya mereka. Tradisi Wazman terdiri dari 36 hidangan yang dibagi empat kategori. Sebelum menyantap makanan, jamuan diawali dengan ritual mencuci tangan dahulu. Kemudian seorang pelayan akan membawa bejana khusus dan berkeliling untuk berkeliling menghampiri para tamu. Beberapa hidangan yang disajikan antara lain nasi, kebab dan kari yang diletakkan di atas piring dengan ukiran seni.


7. Tradisi Jolpan

India dikenal memiliki beragam budaya dan tradisi yang unik. Salah satunya adalah tradisi jolpan atau makanan ringan merupakan tradisi yang sering dihidangkan pada sarapan pagi di wilayah timur laut India. Tradisi ini biasanya menyajikan berbagai jenis roti seperti paratha, ghugni dan luchi. Menunya sendiri terdiri dari campuran nasi khas India yang ditemani dengan biji-bijian yang dipanggang, dadih, yoghurt dan gula merah. Biasanya secangkir teh juga turut menemani jamuan sarapan tersebut. 


Itu dia beberapa traisi makan orang India yang unik dan menarik. Tertarik juga ingin mencoba aneka masakan India yang enak dan kaya akan rempah? Cek rekomendasinya di bawah ini!

Udupi Delicious

Foto Udupi Delicious
Foto Udupi Delicious
Foto Udupi Delicious

Little India Restaurant

Foto Little India Restaurant
Foto Little India Restaurant
Foto Little India Restaurant

Go! Curry

Foto Go! Curry
Foto Go! Curry
Foto Go! Curry

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?