Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Varian Cheese Cake di Seluruh Dunia, Pernah Coba yang Mana?

List Artikel
11 Mei 2018 | 0 Komentar

Cheese cake merupakan salah satu kue yang paling banyak digemari oleh masyarakat dunia selain tiramisu dan blackforest. Cheese cake menjadi pilihan kue yang tepat buat kamu yang tak terlalu suka makanan manis karena cita rasa cheese cake ini gurih cenderung asin. Kue ini terbuat dari campuran gula, telur, susu, dan pastinya keju. Ada banyak jenis keju yang digunakan untuk cheese cake yaitu cottage cheese, ricotta, dan mascarpone. Cheese cake digemari bukan hanya karena citarasanya, tapi juga teksturnya yang lembut dan lumer di mulut. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ternyata ada banyak varian cheese cake di dunia ini tergantung masing-masing negaranya. Lantas apakah bahan-bahan pembuatnya, tekstur, bentuk, dan citarasanya sama? Yuk, kita lihat dulu!


1. New York Cheese Cake


Sumber: goodtoknow.co.uk


Cheese cake yang paling terkenal di dunia adalah New York cheese cake yang yang berasal dari Amerika. New York cheese cake terbuat dari campuran krim keju, krim asam, telur, dan gula. Pada bagian bawah biasanya diberi remahan crakers yang dipadatkan. New York cheese cake memiliki tekstur yang padat namun lembut. Awalnya New York cheese cake tidak memiliki tambahan topping di atasnya, namun karena cita rasa krim yang terlalu kuat, maka mulailah ditambahkan aneka buah-buahan segar di atasnya untuk menetralisir rasa eneg.


2. Japanese Cheese Cake


Sumber: pergikuliner.com


Selain New York, cheese cake yang terkenal di dunia adalah Japanese cheese cake. Berbeda dengan New York cheese cake yang memiliki tekstur padat, Japanese cheese cake memiliki tekstur yang ringan dan cukup berongga dan teksturnya sangat lembut seperti kapas sehingga sering mendapat julukan "cotton cheese cake". Jika kamu bandingkan dengan cheese cake yang berasal dari negara lain, Japanese cheese cake ini tak hanya beraroma dan bercita rasa keju, tapi juga ada aroma dan rasa vanila di dalamnya.


3. French Cheese Cake


Sumber: youtube.com


French cheese cake alias cheese cake asal Perancis ini memiliki tampilan yang polos di bagian atasnya karena hanya diberi tambahan gelatin sehingga terlihat lebih glossy. French cheese cake menggunakan keju neufchatel sebagai bahan utamanya. Tekstur French cheese cake sangat ringan dan lembut karena ditambahan meringue alias kocokan putih telur. French cheese cake punya ukuran yang lebih kecil dibanding cheese cake lainnya karena hanya memiliki tinggi sekitar 2,5 hingga 4 cm saja.


4. Italian Cheese Cake


Sumber: stonkcash.com


Italia ternyata tak hanya punya tiramisu cake saja yang enak, tapi juga cheese cake yang lezat. Cheese cake di Italia menggunakan campuran keju ricotta atau mascarpone, gula atau madu, vanili, tepung roti sehingga membuat tekstur kue ini kering dan padat. Cheese cake banyak kamu temukan di daerah Florence dan Roma. Di Italia, cheese cake disantap bersama dengan minuman espresso atau disajikan pada saat perayaan-perayaan khusus.


5. Kasekuchen



Sumber: germanculture.com.ua


Jika dilihat sekilas saja, cake ini tidak terlalu mirip dengan cheese cake kebanyakan. Kasekuchen merupakan cheese cake yang berasal dari negara Jerman. Dinamakan kasekuchen karena ‘kase’ dalam bahasa Jerman berarti keju dan ‘kuchen’ berarti kue. Jadi jika digabungkan memiliki arti kue keju. Kasekuchen menggunakan jenis keju quark sehingga teksturnya cukup padat. Sementara pada bagian bawahnya ada remah biskuit yang dipadatkan.

 

6.Ostekake


Sumber: godt.no


Masih di benua Eropa, ada negara Swedia yang punya cheese cake dengan cita rasa yang lebih creamy dan tekstur yang padat namun lembut. Cheese cake di Swedia dinamakan ostekake atau ostakaka. Nama ini diambil dari bahasa Swedia yakni ‘ost’ yang berarti kue dan ‘kaka’ yang berarti keju. Tak seperti pembuatan cheese cake lainnya, ostekake ini dibuat dengan cara mengentalkan susu segar menggunakan "rennet" untuk memisahkan susu menjadi bagian yang lebih padat. Setelah dikentalkan, susu kemudian dipanggang dengan diberi remahan crakers di bagian bawahnya.


7. Tiropita


Sumber: 12tomatoes.com


Terakhir ada tiropita yang tampilan dan teksturnya jauh berbeda dengan cheese cake dari negara-negara lain. Tiropita merupakan cheese cake yang berasal dari Yunani. Tiropita ini dibuat dengan cara membungkus keju dengan adonan phyllo lalu dipanggang hingga matang. Phyllo yang merupakan pastry khas Yunani yang terbuat dari campuran tepung dan air yang digiling hingga halus. Keju yang digunakan pada cheese cake ini adalah keju feta dan ricotta. Tekstur tiropita sangat garing dan renyah di bagian luar, tapi saat kamu menggigit bagian dalamnya maka kamu akan menemukan kelembutan teksturnya. 


Itu dia beberapa varian cheese cake di seluruh dunia yang sudah PergiKuliner rangkum buat kamu. Nah! Kalau kamu jadi kepingin makan cheese cake, mampir saja ke beberapa toko kue di bawah ini!

Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Bakerzin

Foto Bakerzin

Uncle Tetsu

Foto Uncle Tetsu
Foto Uncle Tetsu

DORE by LeTAO

Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?