Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Varian Donat di Dunia yang Bentuknya Tak Bolong di Tengah

List Artikel
20 April 2018 | 0 Komentar

Apa yang terbayang dalam benakmu ketika mendengar kata donat? Pasti roti berbentuk bulat dengan lubang atau bolong pada bagian tengahnya. Donat merupakan roti goreng yang sangat popular di dunia. Keberadaan donat ini bahkan bisa kamu jumpai hampir di seluruh negara yang ada di dunia. Pada dasarnya, donat memang sengaja dibuat dengan bentuk bolong di tengahnya agar bagian dalam roti bisa matang secara keseluruhan. Tapi tahukah kamu kalau tak semua donat di dunia ini memiliki bolong di tengahnya. PergiKuliner sudah merangkum adanya 7 varian donat di dunia yang bentuknya tidak bolong di tengah, yaitu:

 

1. Kkwabaegi dari Korea Selatan


Sumber: youtube.com


Korea Selatan terkenal akan masakan-masakannya yang sudah mendunia. Kamu pasti hanya mengenal kimchi, ramyeon, bibimbap, serta tteokpokki yang punya rasa agak pedas. Kalau kamu yang suka kuliner bercita rasa manis, kamu bisa mencoba kkwabaegi yang merupakan donat khas Korea. Tak seperti donat kebanyakan yang berbentuk bulat, kkwabaegi punya bentuk unik yakni memanjang dan memilin. Biasanya kkwabaegi disajikan dengan taburan gula halus di atasnya atau dengan selai.

 

2. Koeksister dari Afrika Utara



Sumber: eatout.co.za


Memiliki bentuk yang hampir serupa dengan kkwabaegi, donat asal Afrika Utara ini memiliki bentuk seperti kepangan rambut. Koeksister merupakan donat yang memiliki warna kecoklatan dengan tampilan unik dan bagian luar yang terlihat glossy karena setelah matang, koesksister diberi olesan sirup manis. Penggunaan sirup ini untuk menggantikan gula halus bubuk yang biasa ditaburi di atas donat kebanyakan.

 

3. Pa Thong Ko dari Thailand


Sumber: ka-nom.com


Lain lagi dengan donat yang berasal dari Thailand ini. Pa Thong Ko merupakan donat yang memiliki bentuk seperti tanda silang atau huruf ‘x’. Bentuk unik ternyata bukan tanpa sebab lho, teman PergiKuliner. Bentuk pa thong ko yang seperti tanda silang ini melambangkan dua orang yang saling mencintai dan tidak bisa dipisahkan. Jika donat pada umumnya disantap dengan taburan gula halus atau meises, pa thong ko disantap dengan cocolan mayonaise atau susu kental manis.

 

4. Beignets dari Perancis


Sumber: spicysoutchernkitchen.com

 

Perancis memang terkenal dengan aneka dessert dan pastry-nya yang sangat beragam. Tak heran jika kuliner manis bisa dengan mudah kamu temukan di negara tersebut. Beignets merupakan donat asal Perancis yang memiliki bentuk persegi atau kotak seperti bantal. Meski asalnya dari Perancis, beignets sangat terkenal di New Orlands, Amerika. Beignets sangat sering disantap dengan sajian minuman kopi saat pagi hari.

 

5. Castagnole dari Italia


Sumber: vivandera.com


Beralih ke negara Italia yang ternyata tak hanya punya kuliner manis bernama tiramisu, tapi juga punya donat yang disebut dengan castagnole. Donat asal Italia ini memiliki bentuk bulat-bulat kecil yang pada bagian dalamnya sedikit berongga. Castagnole di Italia menjadi kuliner yang wajib ada pada saat karnaval atau perayaan khusus seperti Paskah. Sebelum disajikan, castagnole diberi dengan lumuran gula halus di bagian luarnya.

 

6. Malasada dari Portugis


Sumber: fixfeastflair.com


Malasada merupakan donat yang berasal dari Portugis. Ciri khas dari donat yang satu ini tak hanya dari bentuknya yang tidak memiliki bolong di tengah, tapi warnanya yang sangat kecoklatan jika dibandingkan dengan donat-donat lainnya. Pada bagian pinggirnya biasanya ada lubang kecil yang digunakan untuk mengisi isiannya sehingga kamu bisa melihat ada isian apa di dalamnya. Biasanya isian malasada adalah selai dan krim. Pada bagian luarnya diberi taburan gula halus.

 

7. Berliner dari Jerman


Sumber: maraswunderland.com


Kalau donat yang ini sudah pasti berasal dari Jerman karena namanya yang diambil dari nama Ibu Kota negara tersebut. Berliner merupakan donat yang memiliki bentuk bundar yang mirip dengan lonceng atau bola. Pada bagian dalamnya, berliner diisi dengan selai strawberry dan pada bagian luarnya diberi taburan gula halus. Teksturnya sangat lembut dengan citarasa yang manis. Meski selai strawberry menjadi isian tetap dari berliner, tapi ada juga yang menggantinya dengan selai rasberry atau blueberry.

 

Ketujuh donat-donat di atas memang sulit ditemukan di Indonesia, tapi bukan berarti kamu tak bisa menyantap donat yang lezat karena donat yang punya bolong di tengahnya juga tak kalah enaknya kok. Cobain aja donat-donat di bawah ini! 

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Bake-a-Boo

Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo

Dough Darlings

Foto Dough Darlings
Foto Dough Darlings
Foto Dough Darlings

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Krispy Kreme

Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?