Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Telur Saat Sarapan

List Artikel
30 November 2019 | 0 Komentar
Telur menjadi salah satu bahan makanan yang banyak bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat. Tak hanya memiliki citarasa yang lezat, telur juga punya banyak kandungan gizi dan vitamin yang bagus untuk tubuh. Telur memang kerap kali dijadikan aneka masakan lezat, tapi telur juga paling sering dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Coba saja kamu perhatikan, rata-rata hampir semua menu sarapan pagi dari berbagai negara menggunakan campuran telur di dalamnya. Telur untuk sarapan bisa diolah menjadi telur goreng mata sapi, telur dadar atau omelet, telur rebus, hingga telur panggang. Bukan tanpa alasan kalau telur sangat dianjurkan untuk ditambahkan sebagai menu sarapan pagi karena telur punya banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi saat sarapan, yaitu: 


Sumber : Pergikuliner.com

1. Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama
Manfaat yang pertama adalah bisa membuat perutmu kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu tak perlu takut lagi merasa lapar sebelum waktunya jam makan siang. Dengan mengonsumsi setidaknya 1 butir telur saat sarapan, maka kamu akan bisa memenuhi kebutuhan kalori sebanyak 200 kalori. 

2. Dapat Asupan Protein Tinggi
Seperti yang kamu ketahui, telur sangat kaya akan kandungan proteinnya, termasuk bagian kuning telurnya. Dalam telur terdapat sekitar 3,6 gram protein, sedangkan pada bagian kuningnya punya sekitar 2,7 gram protein. Kandungan protein yang masuk ke dalam tubuh ini bisa memperbaiki jaringan tubuh, memproduksi hormon dan enzim. 

3. Bantu Turunkan Bobot
Bagi orang yang sering berdiet, telur sangat bagus untuk kamu konsumsi, terutama telur rebus karena sangat rendah lemak. Biasanya orang yang diet akan mengonsumsi sekitar 2 butir telur rebus saat sarapan dan menyantap salad. Dengan begitu, kebutuhan akan protein serta seratnya jadi terpenuhi. 

4. Bisa Menjaga Kesehatan Otak
Tahukah kamu kalau ternyata telur ini punya kandungan kolin yang sangat penting untuk fungsi kognitif dan memori pada otak? Tubuh sebenarnya mampu memproduksi kolin sendiri, tapi jumlahnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu, jadi untuk menambahkannya, maka konsumsilah telur satu buah setiap sarapan sehingga bisa mencukupi 27% kebutuhan harian kolin.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Dalam telur mengandung 1 mikrogram vitamin D atau 5% dari kebutuhan vitamin D harian. Vitamin D ini sebenarnya bisa diperoleh saat kamu terpapar sinar matahari, tapi kamu juga bisa mendapatkannya dari menyantap telur. Dengan terpenuhinya kebutuhan akan vitamin D, maka tulang dan gigimu juga akan terjaga. 

6. Mempertajam Penglihatan
Telur mengandung dua antioksidan esensial, lutein, dan zeaxanthin yang ternyata bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan ini juga bisa melindungi mata dari sinar UV dan mencegah mengurangi resiko katarak sejak dini. Konsumsi setidaknya dua butir telur saat sarapan agar bisa menjaga matamu lebih maksimal. 

7. Kaya Akan Antioksidan
Telur juga kaya akan antioksidan yang bisa menjagamu dari paparan sinar biru matahari, komputer, dan televisi. Antioksidan yang ada pada telur ini berjenis luteindan zeaxanthin dan juga dapat mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas. 

8. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik
Manfaat yang terakhir dari telur adalah bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Telur bisa menaikkan kadar HDL (High Density Lipotetein). Jika kadar kolesterol baik tinggi, maka kamu bisa terhindar dari resiko penyakit jantung hingga penyakit serius lainnya. HDL bisa mengangkat lemak dari organ hati sehingga mengurangi resiko penyakit kolesterol. 

Nah, itulah beberapa manfaat menyantap telur saat sarapan pagi. Semoga dengan adanya informasi di atas, kamu semakin suka makan telur untuk sarapan ya. Jika ingin sarapan pagi di luar rumah, silahkan datang saja langsung ke sini aja yuk!

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Convivium

Foto Convivium
Foto Convivium
Foto Convivium

Plunge Dining & Co.

Foto Plunge Dining & Co.
Foto Plunge Dining & Co.

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

The Upside

Foto The Upside
Foto The Upside
Foto The Upside

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?