Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Jenis Kopi Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara

List Artikel
2 Desember 2018 | 0 Komentar
Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang tak terhingga. Tanah yang subur membuat tanaman tumbuh dengan baik, tak terkecuali tumbuhan kopi. Di beberapa wilayah Indonesia tersebar perkebunan kopi yang memiliki karakteristik rasa yang unik dan berbeda-beda sesuai daerah penghasilnya. Inilah beberapa kopi Indonesia yang terkenal, yaitu:

1. Kopi Gayo Aceh

Sumber : Travel.detik.com

Kopi Gayo yang berasal dari Aceh memiliki karakteristik yang tebal dengan tingkat keasaman rendah dan rasa rempah yang tajam. Warga Amerika termasuk penggemar kopi asal Sumatra ini. Bahkan di negara Eropa, kopi ini dikategorikan sebagai premium class. Hebatnya lagi, kopi ini mendapatkan score yang tinggi untuk cita rasa kopi dari Specialty Coffee Association of America.

2. Kopi Toraja

Sumber : Lostdogcoffee.com

Kopi yang juga dikenal dengan nama kopi Celebes Kalossi ini berasal dari Tana Toraja, Sulawesi. Kopi Toraja memiliki kandungan asam rendah, rasa yang berat serta aroma tanah dan hutan yang khas. Warga Jepang, Amerika dan Taiwan merupakan penggemar berat Kopi Toraja.

3. Kopi Kintamani

Sumber : Skanaa.com

Kopi Kintamani yang berasal dari Bali menghasilkan aroma yang nikmat, manis, dan lembut. Selain itu, kopi ini memiliki cita rasa buah-buahan yang segar. Hal ini dikarenakan kopi Kintamani ditanam menggunakan sistem tumpang sari bersama dengan aneka sayur dan buah sehingga meresap rasa segar.

4. Kopi Flores Bajawa

Sumber : Nutscoffee.com

Kopi Flores Bajawa berasal dari kabupaten Ngada, Flores. Kopi Flores Bajawa memiliki aroma buah, kayu, dan sedikit aroma tembakau pada after taste-nya. Sekali minum, rasa kopinya akan terasa hingga 4 jam kemudian.

5. Kopi Wamena

Sumber : Rendystones.wordpress.com

Jenis kopi arabika ini tumbuh di Lembah Baliem, Pegunungan Jayawijaya, Papua. Pengolahan dilakukan secara tradisional dan organik. Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman yang rendah dan aroma tajam yang nikmat serta tekstur yang nyaris tanpa ampas.

6. Kopi Arang

Sumber : Meciko.blogspot.com

Kopi Arang merupakan kopi terbaik di Jawa. Kopi ini diolah dengan cara digosongkan. Ada yang unik dari kopi ini, setelah diseduh air panas maka tercium sedikit aroma cabai sehingga menghadirkan sensasi aroma pedas. 

7. Kopi Luwak

Sumber : Greenprophet.com

Kopi Luwak adalah kopi termahal di dunia yang berasal dari Indonesia. Kopi ini banyak diproduksi di daerah Sumatra dan Jawa. Proses pembuatan kopi Luwak yang unik membuat rasa yang dihadirkan sangat eksotis, aroma khas lembut seperti sirup dan caramel membuat kopi ini memiliki banyak penggemar.

8. Kopi Mandailing, Sindikalang, dan Lintong
 
Sumber : Coffeemumbojumbo.com

Ketiga kopi ini berasal dari tanah Sumatra Utara. Ketiganya memiliki cita rasa yang berbeda. Kopi Mandailing beraroma tanah dan memiliki rasa tembakau yang kuat. Kopi Sindikalang memiliki aroma herbal dan rempah yang tajam. Sementara rasa kopi Lintong tidak jauh berbeda dengan kopi Sindikalang, hanya saja ada tambahan sensasi rasa pedas yang dihasilkan kopi Lintong.

Hebat kan Indonesia? Ternyata tanah air tercinta kita ini punya banyak banget kopi yang disukai oleh para pecinta kopi di seluruh dunia. Gimana ga bangga? Nah, biar makin bangga, harus cobain dong kopi-kopi Indonesia yang ada di cafe-cafe berikut ini!

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Djournal Coffee

Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee

Ombe Kofie

Foto Ombe Kofie
Foto Ombe Kofie
Foto Ombe Kofie

Koultoura Coffee

Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee

Turning Point Coffee

Foto Turning Point Coffee
Foto Turning Point Coffee
Foto Turning Point Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?